Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » Zat yang Diperlukan oleh Tubuh dan Berasal Dari Makanan Disebut dengan?

Zat yang Diperlukan oleh Tubuh dan Berasal Dari Makanan Disebut dengan?

  • by
zat yang diperlukan oleh tubuh dan berasal dari makanan disebut dengan 4009 1

Zat yang Diperlukan oleh Tubuh dan Berasal Dari Makanan Disebut dengan? – Pada dasarnya, tubuh membutuhkan berbagai asupan penting agar tubuh bisa beraktifitas dan bekerja dengan baik. Dari beberapa asupan tersebut, salah satunya ada yang diolah menjadi energi. Nah, pertanyaan yang kerap muncul terkait pembahasan kali ini yaitu:

Zat yang diperlukan oleh tubuh dan berasal dari makanan disebut dengan?

Lantas apa jawaban dari pertanyaan tersebut? Nah, zat yang diperlukan oleh tubuh dan berasal dari makanan disebut dengan zat makanan atau zat gizi.

Lalu apa sih penjelasan mengenai zat makanan atau zat gizi dan apa saja jenisnya?

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi makhluk hidup seperti manusia dan hewan. Beberapa jenis karbohidrat umumnya berasal dari tanaman dan diproduksi melalui proses fotosintesis.

Contoh sumber karbohidrat diantaranya seperti sereal (terdiri dari beras, gandum, dan jagung), yang melalui proses pembuatan (roti, tepung, mie, vermicelli, dll.) dan produk olahan seperti gula, selai, dan sirup.

Menurut pedoman gizi umum, dalam setiap 50-60% dari total energi yang kita miliki berasal dari karbohidrat kompleks dan 5%nya berasal dari gula (sekitar 3-4 sendok makan setiap hari). WNPG (Widyakarya National Food and Nutrition) menyarankan mengkonsumsi karbohidrat setidaknya 19-30 gram setiap hari.

2. Protein

Protein adalah bagian terbesar yang ada di dalam tubuh setelah air. Protein berfungsi untuk membantu pertumbuhan tubuh dan pemeliharaan, antibodi, dan juga sumber energi.

Kualitas protein ditentukan berdasarkan jenis dan proporsi asam amino, yaitu protein lengkap (kualitas tinggi) dan protein tidak lengkap (tidak memiliki kandungan asam amino esensial lengkap).

Secara umum, protein lengkap dapat ditemukan dalam daging, ikan, dan produk turunannya, sementara protein yang tidak lengkap dapat ditemukan pada biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Menurut pedoman umum gizi seimbang, protein menyumbang 25% dari total energi setiap hari.

3. Lemak

Lemak juga berfungsi sebagai sumber energi, dan fungsi lainnya yaitu untuk menjaga suhu tubuh, dan memberikan rasa gurih pada makanan. Ada dua sumber lemak, yaitu lemak hewani (yang berasal dari hewan) dan lemak nabati (yang berasal dari tanaman).

Beberapa contoh lemak hewani antara lain gajih, mentega, krim, susu, keju, dan kuning telur, sementara contoh lemak nabati adalah minyak tanaman (kelapa, minyak sawit, kacang tanah, kedelai, jagung, wijen), dan margarin. Menurut WNPG, setidaknya 25% dari total energi yang dimiliki orang dewasa berasal dari lemak.