Home » Fisika » Zat Kimia yang Berfungsi untuk Menghantarkan Rangsang Listrik Adalah

Zat Kimia yang Berfungsi untuk Menghantarkan Rangsang Listrik Adalah

  • by

Zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah neurotransmitter, karena ada gaya tarik antara listrik

Istilah “neurotransmitter” mungkin asing bagi sebagian orang. Namun, jika kamu mendengar beberapa contoh terkenal seperti oksitosin dan serotonin, kamu mungkin sudah tidak asing.

Sebenarnya, apa neurotransmiter? Apa peran kondisi medis dan psikologis?

Apa neurotransmitter?

Neurotransmiter adalah senyawa kimia dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk menyampaikan pesan antara sel-sel saraf (neuron) ke sel target saraf. Sel target mungkin pada otot, kelenjar, dan bagian lain dari tubuh.

Neurotransmiter memainkan peran yang sangat penting bagi otak dalam mengatur kinerja berbagai sistem tubuh. Sistem tubuh termasuk:

Denyut jantung
pernafasan
siklus tidur
Pencernaan
Suasana hati
Konsentrasi
Nafsu makan
Gerakan otot

Berikut jenis neurotransmitter oleh cara kerjanya:

1. Neurotransmitter rangsang (rangsang)

Neurotransmitter rangsang bekerja dengan mendorong neuron target untuk melakukan suatu tindakan. Beberapa contoh yang terkenal eksitasi neurotransmitter adalah epinefrin dan norepinefrin.

2. Neurotransmitter inhibisi (penghambatan)

Neurotransmitter ini mampu menghambat aktivitas neuron, sehingga bertentangan dengan cara kerja neurotransmitter rangsang. Salah satu contoh adalah neurotransmitter serotonin penghambatan.

Beberapa neurotransmiter dapat bekerja sebagai eksitasi dan inhibisi. Contoh neurotransmiter ini, yaitu dopamin dan asetilkolin.

3. Neurotransmitter modulator

Neurotransmitter modulasi, atau sering disebut sebagai neuromodulators, sebuah neurotransmitter yang dapat mempengaruhi neuron dalam jumlah besar pada satu waktu. Selain itu, modulator neurotransmitter juga dapat berkomunikasi dengan neurotransmitter lainnya.

Beberapa neurotransmitter terkenal

Kebanyakan neurotransmitter sudah akrab bagi kita. Di antara yang diketahui, termasuk:

1. Asetilkolin

Asetilkolin adalah neurotransmitter yang terlibat dalam kontraksi otot, merangsang aktivitas beberapa hormon, serta mengontrol denyut jantung. Selain itu, neurotransmitter ini memberikan kontribusi untuk fungsi otak dan memori. Asetilkolin adalah salah satu contoh dari neurotransmitter rangsang.

Rendahnya tingkat asetilkolin yang telah dikaitkan dengan berbagai gangguan kesehatan, seperti Alzheimer. Namun, tingkat asetilkolin yang terlalu tinggi juga menimbulkan masalah kontraksi otot yang berlebihan.

2. Dopamin

Dikenal sebagai neurotransmitter kesenangan, dopamin memainkan peran penting untuk memori, perilaku, pembelajaran sesuatu, untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh. Selain itu, neurotransmiter ini juga berfungsi dalam gerakan otot.

Ketika tubuh kekurangan dopamin, risiko penyakit Parkinson dapat terjadi. kamu dapat mempertahankan tingkat dopamin dengan berolahraga secara teratur.

3. Endorfin

Endorfin bekerja dengan memblokir sinyal rasa sakit dan menciptakan suasana diri energi dan perasaan euforia. Selain itu, neurotransmitter ini juga dikenal sebagai pereda nyeri alami tubuh.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga endorfin adalah untuk menemukan kegiatan yang memprovokasi tawa, dan melakukan latihan aerobik, seperti bersepeda dan berjalan santai. Hal ini penting karena rendahnya tingkat endorfin berhubungan dengan beberapa jenis sakit kepala dan fibromyalgia (nyeri pada tulang dan otot).

4. Epinefrin

Neurotransmitter ini mungkin lebih dikenal sebagai adrenalin. Epinefrin memainkan secara bersamaan berfungsi sebagai hormon neurotransmitter. Epinefrin dilepaskan ketika kamu sedang stres dan takut, sehingga mempengaruhi denyut jantung dan laju pernapasan. Tidak hanya itu, epinefrin mempengaruhi otak untuk membuat keputusan segera.

5. Serotonin

Serotonin memainkan peran dalam mengatur suasana hati. Selain itu, serotonin juga mengatur pembekuan darah, nafsu makan, aktivitas tidur, serta ritme sirkadian.

Serotonin terkait erat dengan antidepresan untuk pengobatan depresi. Satu kelas antidepresan, selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), dapat meringankan gejala depresi dengan meningkatkan kadar serotonin di otak.

Bisa meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin secara alami? Menurut penelitian ilmiah, jawabannya bisa. Kegiatan ini dapat meningkatkan kadar neurotransmitter ini, yaitu:

Paparan cahaya, terutama cahaya matahari. kamu bisa mendapatkan paparan matahari dengan matahari selama 20-30 menit di pagi hari.

6. Oksitosin

Oksitosin diproduksi di hipotalamus otak dan melakukan fungsi neurotransmitter dan hormon juga. Oksitosin memainkan beberapa peran penting, seperti dalam mengenali lingkungan sosial, membangun ikatan, serta reproduksi seksual.

Oksitosin juga telah dipromosikan dalam pengobatan berbagai kondisi psikologis, seperti depresi postpartum, fobia sosial dan autisme.

Neurotransmiter adalah senyawa kimia otak keberadaan penting dan fungsi. Dalam beberapa kasus, gaya hidup sehat dapat lakukan untuk menurunkan risiko ketidakseimbangan neurotransmiter.

Nah, jadi jawaban dari pertanyaan zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.