Home » Pelajaran » Kesenian » Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah? Ini Penjelasan dan 4 Contohnya

Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah? Ini Penjelasan dan 4 Contohnya

wirausaha kerajinan bahan limbah adalah ini penjelasan dan 4 contohnya 4472 3

Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah – Berwirausaha bisa dilakukan dengan cara dan bahan apa saja. Asalkan orang tersebut memiliki ketekunan di bidang yang digelutinya, maka tak menutup kemungkinan usaha yang dijalaninya bisa sukses dan berhasil.

Salah satu jenis usaha yang terbilang unik dan tidak membutuhkan modal yang besar adalah usaha kerajinan bahan limbah. Meski begitu, para pelaku di bidang ini harus memiliki kreatifitas tinggi dalam mengolah bahan limbah tersebut. Lantas, apa sih yang dimaksud kerajinan bahan limbah itu?

Penjelasan mengenai wirausaha kerajinan bahan limbah

Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah kegiatan usaha yang dilakukan seseorang dengan cara membuat produk kerajinan tangan yang unik dan kreatif, di mana bahan baku yang digunakannya adalah produk-produk limbah yang sudah tidak terpakai lagi.

Contoh hasil kerajinan bahan limbah misalnya tempat duduk yang dibuat botol aqua, tas dari plastik-plastik kemasan produk makanan, lampion lampu dari plastik minuman bekas, hingga produk rumah tangga seperti kursi dan meja yang terbuat dari ban bekas.

Kegiatan wirausaha kerajinan bahan bekas limbah biasanya dilakukan oleh para ibu-ibu melalui aktivitas pemberdayaan keterampilan di daerah tersebut. Kegiatannya pun dilakukan hanya untuk menghabiskan waktu senggang saja.

Namun, karena peminatnya tinggi, akhirnya kegiatan tersebut dilakukan secara lebih serius sebagai lahan bisnis dan bisa membuka lowongan pekerjaan.

Limbah seperti apa saja yang biasa digunakan dalam kegiatan wirausahawan kerajinan limbah?

Pada dasarnya, limbah memiliki arti sebagai bentuk dari bahan atau produk buangan yang yang masa gunakan sudah habis sehingga fungsinya sudah tidak terpakai lagi. Kebanyakan, produk limbah tersebut merupakan produk limbah rumah tangga (domestik), seperti limbah botol minum kemasan, limbah perabotan rumah tangga yang terbuat dari plastik, hingga limbah plastik-plastik kemasan makanan.

Contoh kerajinan bahan limbah

1. Tas dari kain percah

Salah satu produk hasil kerajinan bahan limbah bekas adalah tas dari kain percah. Jenis kerajinan ini menggunakan bahan utama kain percah, benang, jarum, plastik kemasan dan mesin jahit. Meski terlihat sederhana, namun jika dibuat dengan kreatifitas dan corak yang unik dan lucu, maika tas sederhana tersebut akan terlihat berbeda dan memiliki nilai komersial yang tinggi.

2. Bunga dari plastik

Tak hanya tempat pensil, barang bekas seperti bekas botol mineral juga bisa dibuat menjadi tempat bunga yang cantik. Bahan baku yang digunakan juga cukup sederhana kok, yaitu botol mineral bekas, pola bunga yang akan dibuat, kantong plastik, dan selotip.

3. Tas dari bungkus kopi

Selain kain, bahan lain yang bisa digunakan untuk membuat tas dari bahan limbah adalah plastik bekas. Beberapa bungkus plastik yang bisa digunakan adalah bungkus kopi ataupun mie instan. Sedangkan alat pendukung lainnya antara lain gunting, penggaris, kain furing, jarum, benang hingga resleting.

4. Tempat pensil dari botol bekas

Produk kerajinan limbah lainnya yaitu botol plastik bekas. Hasil kerajinan ini termasuk yang paling mudah dibuat lho. Kamu hanya perlu menyediakan botol plastik bekas, lalu potong dan ambil bagian bawahnya. Kemudian hias hingga tampilannya cantik dan unik.

Nah, itulah penjelasan mengenai wirausaha kerajinan bahan limbah. Dengan kreatifitas dan tekad yang kuat, kamu juga bisa kok sukses menjalani usaha ini. Bagaimana, tertarik mencoba peruntungan kamu di bisnis ini.