Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil dengan untung Besar

Beranda » Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil dengan untung Besar

Saat ini, banyak peluang usaha sampingan yang menguntungkan bagi ibu rumah tangga. Memulai bisnis dari rumah sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan dengan modal yang minim.

Tanpa perlu meninggalkan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga, kita dapat menghasilkan pendapatan tambahan untuk membantu keuangan keluarga tanpa perlu modal besar.

Ide usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar

Jika tertarik untuk memulai usaha, berikut ini beberapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga modal kecil dengan untung besar.

Affiliate TikTok Shop

Salah satu ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga adalah menjadi affiliator TikTok Shop.

Sebagai affiliator, kita berperan menghubungkan penjual dengan konsumen melalui konten video atau live. Terlebih, jual beli online saat ini sangat populer dan dapat dilakukan dengan mudah di mana saja.

Menjadi affiliator juga merupakan peluang usaha sampingan yang menghasilkan untung besar bagi ibu rumah tangga. Apalagi pembelian barang secara online kini semakin digemari.

Caranya cukup mudah, hanya perlu mencari produk yang sedang tren, lalu buat konten video atau melakukan live untuk mempromosikan produk tersebut. Jika pembeli checkout, maka penjual yang akan mengurus pengemasan dan pengiriman barang.

Usaha catering

Jika memiliki bakat memasak dan sering mendapat pujian atas masakan yang dibuat, membuka usaha catering bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membuka usaha catering di rumah. Cukup gunakan dapur pribadi dan tawarkan menu andalan kepada orang terdekat atau melalui media sosial.

Kita juga dapat menawarkan catering untuk acara pernikahan atau perayaan di sekitar lingkungan sebagai ajang promosi awal.

Bisnis kue

Selain menjadi affiliator, menjual kue dengan karakter lucu juga menjadi tren saat ini, terutama di kalangan anak muda untuk merayakan hari ulang tahun atau anniversary.

Tidak perlu menyewa tempat fisik untuk menjual kue-kue tersebut. Cukup sediakan kulkas di rumah untuk menyimpan kue-kue, dan promosikan melalui Instagram atau media sosial lainnya.

Menjadi freelancer di rumah

Jika tidak memiliki kemampuan memasak namun tetap ingin mencari peluang usaha sampingan, dapat pilihan lainnya adalah menjadi freelancer di rumah.

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak pekerjaan seperti penulisan, desain, dan editing yang dibutuhkan dan dapat dilakukan secara online.

Peluang usaha sampingan sebagai freelancer cukup tinggi, karena semua informasi dapat dicari melalui internet.

Membuka kursus menjahit

Jika memiliki kemampuan menjahit, maka dapat membuka kursus menjahit sebagai usaha sampingan. Kini, banyak orang yang ingin mempelajari keterampilan baru untuk mengisi waktu luang mereka. Hal itu merupakan peluang untuk memulai usaha. Kita bisa memulai membuka kursus secara online saja, sehingga tidak perlu menyewa tempat.

Membuat produk hampers

Membuat produk hampers juga merupakan peluang usaha sampingan yang bisa menghasilkan keuntungan tinggi meskipun modalnya kecil. Hampers sangat diminati terutama pada momen perayaan seperti pernikahan, lamaran, atau acara keagamaan.

Menjadi reseller frozen food

Membuka bisnis frozen food juga menjadi pilihan bisnis yang mudah dan menguntungkan bagi para ibu rumah tangga yang memiliki modal kecil.

Kita dapat menjual berbagai jenis makanan beku seperti nugget, sosis, risoles, ayam potong, dan dessert yang sudah jadi. Hal terpenting, yaitu memiliki kulkas untuk menyimpan makanan frozen tadi agar tetap segar.

Usaha salon dan rias

Jika memiliki keterampilan merias rambut atau wajah, maka dapat membuka usaha salon atau jasa rias dari rumah.

Sebagai awal, bisa menargetkan anak muda atau ibu rumah tangga yang membutuhkan jasa rias wajah dan hair stylist untuk acara-acara seperti wisuda, lamaran, dan perayaan lainnya.

Jualan online

Jika ingin membuka bisnis sendiri tanpa menjadi dropshipper, maka dapat mencoba berjualan secara online.

Mulailah dengan mencari produk yang sedang populer di internet seperti hijab, baju kekinian, atau barang unik lainnya. Jika ingin memulai dengan modal kecil, maka mulailah dengan mencari barang jadi di pasar atau toko terdekat dan menjualnya secara online.

Jasa jahit pakaian

Jika memiliki keterampilan menjahit, maka usaha yang tepat adalah menawarkan jasa menjahit atau membuat pakaian custom.

Banyak orang yang mencari jasa penjahit untuk memperbaiki pakaian atau membuat pakaian sesuai dengan ukuran mereka. Sebagai awal, manfaatkanlah jaringan sosial dan promosi online untuk menarik pelanggan.

Membuka jasa konsultasi dan pelatihan

Jika memiliki keahlian atau pengalaman di bidang tertentu, maka membuka bisnis konsultasi atau pelatihan online adalah pilihan yang tepat. Tawarkan layanan konsultasi atau pelatihan melalui video conference atau platform e-learning.

Misalnya, jika memiliki pengalaman dalam manajemen keuangan, maka bisa menjadi konsultan keuangan online atau mengadakan pelatihan mengenai manajemen keuangan pribadi.

Jasa membuat konten

Jika memiliki kemampuan menulis, mengedit video, atau membuat desain grafis, maka dapat menawarkan jasa penyedia konten.

Banyak perusahaan atau individu yang membutuhkan konten berkualitas untuk website, media sosial, atau pemasaran bisnis mereka. Tawarkan jasa untuk membuat artikel, blog post, video, atau desain grafis sesuai dengan permintaan klien.

Jasa fotografi

Jika memiliki minat dan bakat dalam fotografi, maka dapat membuka bisnis fotografi.

Mulailah dengan menawarkan jasa pemotretan untuk berbagai acara seperti pernikahan, keluarga, atau untuk foto acara formal. Selain itu, bisa juga menjual foto-foto melalui platform stock foto online.

Bisnis pembuatan produk kreatif

Jika memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan tangan atau produk kreatif, maka membuka bisnis pembuatan dan penjualan produk kreatif adalah pilihan yang tepat.

Kita dapat membuat aneka produk seperti perhiasan, aksesori, dekorasi rumah, atau hadiah unik lainnya. Mulailah dengan menjual produk tersebut melalui platform e-commerce atau melalui pameran dan bazaar lokal.

Jasa mengasuh anak

Jika memiliki pengalaman dan minat dalam mengasuh anak-anak, bisa juga memilih usaha jasa pengasuhan anak. Tawarkan layanan pengasuhan anak di rumah sendiri atau datang ke rumah pelanggan. Kita dapat menjaga anak-anak saat orang tua sibuk bekerja atau saat mereka membutuhkan waktu luang.

Itulah beberapa pilihan usaha sampingan yang menguntungkan. Ide usaha ibu rumah tangga dengan modal kecil namun untung besar di atas bisa disesuaikan dengan minat, bakat, dan waktu yang dimiliki. Selalu ingat untuk melakukan riset pasar, membuat rencana, dan mempromosikan usaha tersebut. Mulailah dari lingkungan dan kerabat terdekat.

Scroll to Top