Home » Biologi » Tuliskan Manfaat Perkembangbiakan Hewan secara Ovipar dan Vivipar

Tuliskan Manfaat Perkembangbiakan Hewan secara Ovipar dan Vivipar

wapt image 342

Tuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar, apa saja itu? Setiap hewan memiliki proses berkembang biak yang berbeda. Ada yang melahirkan seperti vivipar, ada pula yang bertelur seperti ovipar dan ada yang keduanya atau ovovivipar. Untuk hewan yang berkembang biak dengan proses atau cara vivipar adalah hewan mamalia atau hewan yang menyusui. Sedangkan ovipar adalah hewan unggas, reptil dan ikan. Sedangkan ovovivipar adalah ular contohnya.

Nah, berikut ini penjelasan mengenai pertanyaan dari jelaskan manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar

Manfaat perkembangan ovipar

1. Embrio hewan akan terlindungi karena ada cangkang pembungkus, misalnya dari suhu lingkungan yang terlalu dingin atau panas.

2. Pada kulit telur terdapat amnion yang berfungsi sebagai sumber protein, air yang berperan sebagai pelindung embrio dari goncangan dan benturan yang bisa terjadi.

3. Di dalam kuning kulit telur dilengkapi dengan cadangan makanan bagi embrio.

4. Telur dapat ditempatkan di sarang yang telah dibangun oleh induk yang diharapkan bisa berperan untuk menyembunyikan dan melindungi dari predator, seperti telur penyu diletakkan di lubang pasir yang kemudian ditutup.

Manfaat perkembangan vivipar

1. Induk dapat membawa embrio berkembang di dalam tubuh sehingga serangan dari predator bisa dihindari

2. Kebutuhan makanan dalam embrio dapat dijamin oleh orang tua.

Nah, itulah penjelasan dari pertanyaan tuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar. Sekarang kalian jadi tahukan apa saja kelebihan dari proses berkembang baik antara keduanya.