Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » Start yang Digunakan dalam Perlombaan Jalan Cepat Adalah?

Start yang Digunakan dalam Perlombaan Jalan Cepat Adalah?

start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah 4515 2

Start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah? – Olahraga atletik seperti jalan cepat mungkin tak begitu banyak peminatnya. Meski olahraga ini kurang populer, bukan berarti semua orang bisa melakukannya.

Pada dasarnya, jalan cepat merupakan bagian dari olahraga atletik, di mana olahraga ini menuntut kamu untuk melangkahkan kaki secepat mungkin ke arah depan dengan satu posisi kaki harus selalu menapak tanah secara terus menerus dan tidak pernah terputus.

Menurut situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), salah satu hal yang harus diperhatikan dalam olahraga atletik ini adalah beberapa gerakan dan teknik dasarnya, khususnya teknik start sebagai awalannya. Lalu bagaimana teknik tersebut? Teknik start dalam olahraga jalan cepat dilakukan dengan start berdiri.

Jadi bisa disimpulkan jika start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah?

Jawabannya: Start berdiri.

Teknik dan gerakan dasar dalam jalan cepat

Jalan cepat merupakan bagian dan salah satu jenis olahraga di cabang atletik. Jalan cepat adalah gerakan bergerak maju yang dilakukan tanpa menghentikan kontak gerak antara telapak kaki dan tanah.

Jalan cepat biasanya berkompetisi di Kejuaraan Dunia dengan jarak 20 km dan 50 km. Dalam olahraga cepat, ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap peserta. Beberapa teknik dasar tersebut adalah.

Baca juga: Perbedaan antara jalan dengan lari terletak pada?

1. Teknik awal

Teknik awal yang digunakan dalam olahraga atletik ini adalah posisi berdiri. Posisi awal ini dilakukan dengan cara berdiri dibelakang garis start dengan satu kaki di depan dan posisi kaki lainnya di belakang.

Posisi kaki belakang dan kaki depan sedikit bengkok. Posisi tubuh juga sedikit condong ke depan dengan kedua tangan berada di samping tubuh.

2. Teknik berjalan

Di jalan cepat, gerakan berjalan tidak boleh menghentikan kontak antara telapak kaki dengan tanah. Ketika kaki kanan melangkah maju, kaki kiri masih menginjak di tanah, ketika kaki kanan menyentuh tanah, sesegera mungkin mengangkat kaki kiri.

Posisi tubuh saat berjalan cepat juga garis tegak dengan mengikuti irama ayunan tangan dan kaki.

3. Teknik memasuki garis finish

Dalam olahraga cepat, pemenang adalah orang yang memasuki garis finish pertama. Untuk itu, peserta harus terus berjalan melewati garis finish.

Nah, posisi terpenting dalam memenangkan lomba atletik jalan cepat adalah menguasai teknik awal start. Jadi, start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah?