Siapa Yang Harus Bertanggung Jawab untuk Mencegah Terjadinya Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Siapa Yang Harus Bertanggung Jawab untuk Mencegah Terjadinya Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Jika ada pertanyaan mengenai siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah pelanggaran hak asasi manusia, maka jawabannya adalah pemerintah.

Di sini pemerintah bekerja melalui lembaga penegak hukum HAM seperti KOMNAS HAM dan kepolisian. Meski begitu, peran masyarakat sebagai kontrol sosial juga diperlukan. Dengan begitu, masyarakat akan lebih menyadari pentingnya hak asasi manusia.

Kewajiban dan tanggung jawab pemerintah dalam pemenuhan hak asasi manusia

Diskusi tentang Hak Asasi Manusia hari ini terus mengemuka seiring dengan HAM yang semakin dipahami oleh individu dan kelompok masyarakat, sedangkan entitas yang memainkan peran penting dalam hak asasi manusia itu sendiri masih mendapatkan komentar miring.

Bagaimana tugas sebenarnya dari pemerintah, sebagai pemangku kepentingan entitas utama penegakan kewajiban hak asasi manusia? Maka akan kita bahas kali ini.

Hak asasi manusia dalam konteks pemerintah

Dalam konteks Hak Asasi Manusia (selanjutnya disebut sebagai HAM), negara menjadi subjek utama hukum, karena negara adalah entitas utama yang bertanggung jawab untuk melindungi, menegakkan dan memajukan hak asasi manusia, setidaknya bagi warga negara masing-masing .

Ironisnya, catatan sejarah pelanggaran HAM biasanya dilakukan oleh negara, baik secara langsung melalui langkah-langkah tertentu terhadap warga negaranya atau warga negara lain, atau secara tidak langsung misalkan melalui kebijakan ekonomi, politik, baik di tingkat nasional dan internasional yang berdampak pada tidak terpenuhinya hak asasi manusia.

Negara dianggap melanggar hak asasi manusia jika:

1) Negara tidak berusaha untuk melindungi atau bahkan meniadakan hak-hak warga negara yang diklasifikasikan sebagai non-derogable rights, atau

2) Negara yang bersangkutan gagal untuk mencegah atau bahkan tidak mampu menangani masalah kejahatan internasional atau kejahatan serius (kejahatan serius), yaitu genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang.

Nah, itulah pembahasan mengenai jawaban dari siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran hak asasi manusia.