Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » Setiap Gerak Senam Irama Diawali dan Diakhiri Dengan? Ini Jawabannya

Setiap Gerak Senam Irama Diawali dan Diakhiri Dengan? Ini Jawabannya

Setiap Gerak Senam Irama Diawali dan Diakhiri Dengan

Salah satu pelajaran yang membahas tentang olahraga dan tubuh adalah penjaskes, atau pendidikan jasmani dan kesehatan. Nah, apabila kalian menemukan pertanyaan, “setiap gerak senam irama selalu diawali dan diakhiri dengan?” maka jawabannya adalah sikap sempurna.

Karena saat melakukan gerak senam irama, peserta dituntut untuk memiliki sikap dan gerak yang kompak antara satu dengan peserta lainnya agar bisa membentuk gerak senam yang indah.

Pengertian senam irama

Senam irama atau yang juga dikenal dengan senam ritmik merupakan sebuah gerakan senam yang dilakukan menggunakan iringan irama musik, atau bisa juga dikatakan sebagai latihan bebas berirama. Senam ritmik bisa dilakukan alat bantu ataupun tidak. Alat yang kerap digunakan saat melakukan gerakan senam irama antara lain ganda, simpai, tongkat, bola, pita dan topi.

Adapun beberapa Unsur-unsur yang diperlukan ketika melakukan senam irama, yaitu:

  1. Kelentukan
  2. Keseimbangan
  3. Keluwesan
  4. Fleksibilitas
  5. Kontinuitas
  6. Ketepatan dengan irama musik

Untuk itu, peserta diharuskan untuk memiliki dan telah menguasai teknik gerakan pada senam irama tersebut. Agar gerakan yang dihasilkan serasi, sehingga bisa bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani. Tujuan dari senam ini tentu tidak hanya membentuk keindahan tubuh, kebugaran dan kekuatan, namun juga relaksasi pikiran.

Kurang lebih seperti itulah penjelasan mengenai senam irama dan jawaban dari pertanyaan setiap gerak senam irama diawali dan diakhiri dengan?