Sejarah Sebagai Ilmu Karena Memiliki Ciri-Ciri Berikut, Kecuali?

Sejarah sebagai ilmu karena memiliki ciri-Ciri berikut, kecuali? – Sejarah memiliki peranan penting dalam setiap perkembangan zaman dan bidang ilmu tertentu. Sejarah dapat dikatakan sebagai sebuah ilmu karena sejarah bisa menjadi sumber pengetahuan tentang apa yang terjadi di masa lalu.

Peristiwa tersebut digunakan sebagai pembanding, dan dikomparasi secara sistematis menggunakan metode studi ilmiah. Sehingga, hal-hal yang terjadi dimasa lalu bisa dijadikan sebagai pembelajaran dan berpengaruh pada bidang atau kehidupan di masa depan. Sejarah juga berperan sebagai studi yang membahas proses dalam mencari dan mendapatkan kebenaran.

Sebagai sebuah ilmu, tentu sejarah memiliki ciri-ciri tersendiri. Beberapa ciri-ciri tersebut adalah, memiliki tujuan, metode, sistematis dan rasional. Jadi, diluar dari ciri-ciri tersebut adalah ciri-ciri yang salah. Pertanyaan yang muncul terkait pembahasan kali ini, yaitu:

Sejarah Sebagai Ilmu Karena Memiliki Ciri-Ciri Berikut, Kecuali?

  • a. Tujuan
  • b. Metode
  • c. Subjektif
  • d. Sistematis
  • e Rasional

Jika kalian menemukan pertanyaan di atas, maka jawabannya adalah yang bukan tujuan, metode, sistematis, dan rasional. Kalian tinggal mencari mana jawaban diluar ciri-ciri tersebut. Maka jawaban yang benar adalah C. Subjektif.

Sejarah sebagai ilmu karena memiliki ciri-ciri berikut, diantaranya adalah:

Mempunyai tujuan

Hal ini berarti sejarah bisa memberikan tujuan penelitian mengenai peristiwa atau suatu hal di masa lalu. Tujuan ini tergantung pada apa judul penelitian yang akan dibuat oleh sejarawan atau seseorang yang melakukan penelitian tersebut.

Mempunyai metode

Sejarah memiliki metode, karena sejarah memiliki cara sendiri untuk melakukan penelitian tersebut. Semuanya dimulai dari pemilihan topik, heuristik, kritik, interpretasi, hingga historiografi. Sejarah sebagai ilmu harus memiliki metode khusus untuk menjelaskan suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Sistematis

Sistematis memiliki arti bahwa sejarah berarti harus diteliti secara sistematis atau sesuai kaidah dan aturan ilmiah. Sejarah harus memiliki aturan tersebut agar kemudian dapat dilacak keberadaannya berdasarkan fakta dan data.

Rasional

Sejarah harus memiliki sifat-sifat rasional. Rasionalitas dalam sejarah adalah fakta dan logis sehingga peristiwa historis di masa lampau memang benar adanya.

Nah, itulah pembahasan mengenai pertanyaan: sejarah sebagai ilmu karena memiliki ciri-ciri berikut, kecuali?