Home ยป Uncategorized

Salah Satu Contoh Karya Seni Rupa Sebagai Kebutuhan akan Benda Pakai Adalah?

Salah Satu Contoh Karya Seni Rupa Sebagai Kebutuhan akan Benda Pakai Adalah Kursi dan Meja – Karya seni rupa tentu memiliki jenis dan ragam yang berbeda. Salah satu fungsi seni rupa yaitu sebagai kebutuhan terhadap benda pakai. Lantas, apa saja contoh dari benda tersebut?

Salah satu contoh karya seni rupa sebagai kebutuhan akan benda pakai adalah kursi dan meja.

Penjelasan seni rupa sebagai kebutuhan akan benda pakai

Karya seni merupakan salah satu aspek yang melekat dengan kehidupan kita sebagai makhluk sosial dan bermasyarakat. Karena itu, seni bisa membuat hidup lebih termotivasi.

Banyak bidang seni yang cukup populer dan begitu diminati. Tak heran, bidang seni tersebut terus berkembang dan menjadi bidang studi khusus dalam dunia pendidikan. Contohnya seperti seni musik, lukisan, seni dansa dan sebagainya.

Seni memiliki banyak manfaat untuk mendukung kehidupan masyarakat. Seni dapat memberikan keindahan dan warna bagi seseorang yang menyukainya.

Karena kali ini kita membahas mengenai karya seni sebagai kebutuhan akan benda pakai oleh manusia, maka beberapa contoh yang bisa kita ambil adalah meja, kursi, lemari, botol dan barang-barang lainnya. Benda-benda ini tak hanya berfungsi untuk kehidupan sehari-hari. Namun, juga memiliki bentuk yang secara fisik memiliki nilai seni yang indah dan bisa dinikmati mata.

Pada dasarnya, seni rupa adalah salah satu cabang seni yang membentuk sebuah karya seni yang dapat dilihat dan dirasakan dengan cara dilihat dan diraba.

Jadi, karya rupa yang dihasilkan sebagai bentuk kebutuhan akan benda pakai, maka karya seni tersebut harus memiliki dua hal. Pertama, karya seni tersebut tidak hanya bernilai sebagai sebuah karya seni rupa saja. Kedua, benda tersebut juga harus bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Jenis karya seni rupa

Ada beberapa jenis karya seni rupa, namun secara fungsi karya seni rupa terbagi menjadi dua, yaitu:

Seni murni, yaitu karya seni yang dibuat secara bebas tanpa memikirkan penggunaannya. Dan lainnya adalah seni terapan, yaitu karya seni yang memiliki fungsi sehingga dapat digunakan.

Berdasarkan sifatnya, karya seni tersebut juga dibagi menjadi dua, yaitu seni 2 dimensi yang memiliki bidang panjang dan luas. Kemudian seni 3 dimensi, yaitu yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai salah satu contoh karya seni rupa sebagai kebutuhan akan benda pakai adalah kursi dan meja.