Pinjaman Uang Tanpa Jaminan dan Syarat Apapun? Apa Iya Ada?

Pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun? Apa ada yang mau memberikan? Saat sedang membutuhkan uang disaat mendesak, salah satu opsi tercepat adalah meminjamnya.

Memang, meminjam uang tidaklah semudah mengucapkannya. Apalagi, jika pinjaman yang kamu cari adalah pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun! Tentu hal tersebut akan sangat sulit.

Namun, sulit bukan berarti tidak ada. Jika kamu bertanya apakah ada tempat yang bisa memberikan kamu pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun? Ya, ada! Jawabannya adalah keluarga atau sanak saudara terdekat kamu.

1. Pinjam uang ke keluarga dan sanak saudara

Memang, meminjam uang kepada keluarga atau kerabat dekat memang menjadi pilihan utama sebelum mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan, seperti bank atau pegadaian.

Selain lebih mudah, terutama jika kita sudah mengenal dekat orang tersebut, meminjam uang kepada keluarga atau saudara juga lebih aman secara finansial. Biasanya kita tidak akan dibebankan bunga. Jika pun ada, biasanya hanya uang terima kasih saja.

Bisa dikatakan, meminjam uang kepada keluarga dan teman merupakan jenis pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun yang sebenarnya. Terlebih, biasanya keluarga dan sanak saudara lebih memahami dan mau mengerti kondisi kamu.

Hal yang harus kamu garis bawahi, meminjam uang sebaiknya dilakukan hanya dalam kondisi yang mendesak saja, seperti biaya pengobatan, pembayaran kredit yang sudah jatuh tempo, atau hal mendesak lainnya.

Tidak hanya berbicara kondisi, sebelum meminjam uang pun kamu juga harus tahu kapan dan dengan apa kamu bisa membayar hutang tersebut.

Jika kamu sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri tentu bukan masalah. Namun, jika kamu masih dalam tanggungan orang tua, dalam arti belum memiliki penghasilan atau menganggur, lebih baik pertimbangkan kembali hal tersebut.

Kembali ke pembahasan awal. Jika memang kamu merasa canggung atau tidak enak, tentu kamu bisa mencari solusi pinjaman dari lembaga keuangan lainnya.

Apakah pinjaman yang diberikan lembaga keuangan tanpa jaminan dan syarat apapun? Tentu tidak. Namun, beberapa diantaranya memiliki jaminan dan syarat yang terhitung mudah. Apa saja itu?

2. Pinjam uang ke Bank

Berbicara mengenai pinjaman ke bank, tentu sudah tidak asing lagi bukan? Mengajukan pinjaman ke bank bisa menjadi salah satu solusi. Selain resmi dan diawasi, meminjam di bank juga lebih transparan. Berbeda jika kamu meminjam ke bank keliling (lintah darat).

Sebelum mengajukan pinjaman kepada bank, ada baiknya kamu mencari informasi sebanyak-banyak dan selengkap-lengkapnya, terutama dalam hal krusial, seperti besarnya bunga, tenor pinjaman, besarnya penalti dan lain-lainnya. Yang pasti, kamu juga akan dibebankan persyaratan dan jaminan tertentu, sesuai dengan pinjaman yang kamu ajukan tentunya.

Walaupun melakukan pinjaman di bank tetap memiliki persyaratan dan jaminan, namun kamu juga harus memikirkan resiko jaminan yang kamu ajukan. Terutama dalam hal nilai (fungsi dan nilai berharganya) serta bagaimana cara membayarnya.

Jangan sampai kamu kehilangan jaminan tersebut karena tidak mampu mengembalikan uang yang kamu pinjam. Terlebih uang yang kamu pinjam hanya untuk kebutuhan sekunder dan tidak terlalu mendesak.

Mungkin kamu pernah mendengar, seseorang yang rumahnya disita bank, karena ia tidak mampu mengembalikan uang yang dipinjam. Parahnya lagi, uang yang dipinjam tersebut hanya untuk membeli sepedah motor sport. Motor dapat, tapi rumah hilang! Pilih mana?

3. Pegadaian

Alternatif lain yang bisa kamu pilih adalah penggadaian. Memang, pegadaian bukanlah lembaga yang memberikan pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun kepada kamu. Namun, pegadaian bisa menjadi pilihan yang cukup bijak. Jika kamu membutuhkan uang tidak terlalu banyak, penggadaian bisa kamu pilih.

Misalkan, anak kamu terkena demam tinggi, atau harus menjalani operasi kecil, namun kamu belum punya uang yang cukup karena belum waktunya gajian. Tentu kamu bisa menggadaikan motor, bahkan sebuah laptop saja.

Nilai uang yang kamu dapat, tentu akan disesuaikan dengan barang yang kamu gadaikan. Jika sudah ada uang, kamu bisa membayarnya kembali.

4. Pinjaman online

Mungkin cara ini masih tergolong baru. Namun, banyak pula orang yang sudah mencobanya. Memang, pinjaman online bukanlah bentuk pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun. Namun, pinjaman ini bisa dijadikan alternatif terakhir.

Sebelum kamu mengajukan pinjaman online, Ada baiknya kamu membaca review atau pengalaman orang lain terlebih dahulu. Salah satu problem dari pinjaman ini adalah bunga yang terhitung besar serta syarat yang sedikit sulit (biasanya harus peminjam diwajibkan memiliki kartu kredit, slip gaji, surat keterangan karyawan tetap, dll).

Akan tetapi, mengajukan pinjaman online lebih mudah dan cepat. Tentu pilihan Ada ditangan kamu sepenuhnya.

Tinggalkan komentar