Home » Uncategorized » Pernyataan yang Benar Mengenai Oogenesis Adalah?

Pernyataan yang Benar Mengenai Oogenesis Adalah?

  • by
pernyataan yang benar mengenai oogenesis adalah 4230 3

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pelajaran biologi, tempatnya pembahasan mengenai alat reproduksi. Nah, salah satu pertanyaan mengenai topik kali ini yaitu, pernyataan yang benar mengenai oogenesis adalah?

Beberapa pernyataan tersebut adalah?

  1. Oogenesis dimulai sejak bayi dilahirkan
  2. Ketika bayi perempuan lahir proses pembentukan sel telur sampai pada fase pembentukan oosit primer
  3. Badan polar merupakan hasil pembelahan oosit sekunder secara meiosis
  4. Hasil akhir oogenesis adalah satu ovum dan tiga badan polar

Lalu, mana pernyataan yang benar mengenai oogenesis?

Jawabanya adalah pernyataan ke-3, yaitu oogenesis merupakan sebuah ovum dan tiga badan polar.

Pada pertanyaan jawaban antara 1 dan 2 sudah dipastikan keliru. Karena pengertian oogenesis sendiri adalah proses dari pembentukan ovum yang prosesnya berlangsung di dalam ovarium.

Proses ini dimulai saat bayi berusia di umur sekitar 5 bulan saat di masa kandungan. Setelah usia bayi telah menginjak 6 bulan, barulah oosit primer akan membelah, proses ini disebut dengan meiosis.

Nah, maka hasil akhir dari oogenesis sendiri yaitu satu ovum dan 3 badan kutub. Di mana, ovum merupakan perkembangan lanjutan dari ootid, dan ootid sendiri dihasilkan dari oosit sekunder yang melakukan pembelahan diri diri.

Apa itu oogenesis?

Oogenesis merupakan proses pembentukan sel telur (ovum) pada wanita, yang terjadi di dalam ovarium (indung telur). Ovarium yang ada di embrio memiliki sekitar 600 ribu sel oogonium atau sel induk telur. Sembilan minggu setelah proses pembuahan terjadi, ternyata janin juga sudah mulai memproduksi sel telur.

Saat janin bayi perempuan berusia 5 bulan, oogonium memperbanyak diri dengan cara mitosis hingga jumlahnya mencapai lebih dari 7 juta oosit primer. Sayangnya, jumlah oosit primer yang banyak ini akan terus berkurang sampai janin lahir.

Ternyata, dari keseluruhannya yang berjumlah 7 juta lebih oosit primer akan terus berkurang semenjak dilahirkan oosit primer hanya tersisa sekitar 1 sampai 2 juta saja. Sel-sel telur tersebut akan berhenti berkembang hingga kamu memasuki masa usia pubertas. Setelah masa pubertas berlangsung, maka oogonium akan aktif bekerja lagi sesuai dengan siklus menstruasi.

Dari 2 juta oosit primer yang ada hanya sekitar 400 saja yang bisa bertahan hingga menjadi folikel matang, yaitu kantong kecil yang memiliki dinding sel. Di dalam folikel yang matang terdapat satu sel telur. Sel telur ini yang kemudian akan dilepaskan selama masa reproduksi. Seiring bertambahnya usia wanita, maka akan terjadi penurunan kualitas serta kuantitas ovum yang tersisa. Siklus ini adalah hal normal kok.

Nah, itulah penjelasannya. Jadi bisa disimpulkan jika pernyataan yang benar mengenai oogenesis adalah badan polar merupakan hasil pembelahan oosit sekunder secara meiosis