Home » Olahraga » Perbedaan antara Jalan dengan Lari Terletak pada Cara Kaki Menapak

Perbedaan antara Jalan dengan Lari Terletak pada Cara Kaki Menapak

  • by

Perbedaan antara jalan dengan lari terletak pada cara kaki menapak. Kata “jalan” dan “berlari” adalah bentuk kata kerja yang tentu tidak asing dengan semua orang. Terutama bagi mereka yang suka atau secara teratur melakukan aktivitas kebugaran, seperti olahraga. Berjalan dan berlari juga tentu merupakan kegiatan yang hampir semua orang bisa melakukannya.

Berjalan dan berlari pada dasarnya merupakan kegiatan yang memiliki gerakan yang sama yaitu gerakan kaki secara bergantian untuk berpindah dari satu titik ke titik yang lain. Selain itu, jalan dan berlari sama baiknya ke dalam olahraga atletik. Meskipun memiliki kesamaan, ada beberapa perbedaan di antara mereka.

Dilihat dari aktivitas fisiknya, perbedaan antara jalan dengan lari terletak pada cara kaki menapak

Ada beberapa hal penting untuk mengetahui tentang perbedaan antara berjalan dan berlari. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara berjalan dan berlari.

Mengidentifikasi perbedaan dalam cara dan berlari yang pertama adalah posisi dimana kaki melakukan kontak dengan tanah ata menapak. Banyak yang tidak menyadari perbedaan ini. Namun, sadar atau tidak, pasti ini adalah kasus ketika sedang melakukan berjalan atau berlari.

Ketika berjalan, kaki akan selalu kontak dengan tanah, harus ada momen di mana satu kaki beristirahat di tanah dan yang lainnya tidak bergantung, atau saat dimana kedua kaki menyentuh dan datar di tanah secara bersamaan.

Sementara itu, ketika berlari, ada saat di mana satu kaki datar di tanah dan ada saat di mana kedua kaki tidak bersentuhan dengan tanah, tidak menyentuh tanah sama sekali-melayang. Selain itu, saat berlari sangat jarang bersamaan kedua kaki rata dengan tanah.

Ketika berjalan dan berlari ada beberapa anggota tubuh yang membantu gerakan sehingga membuat aktivitas kedua menjadi lebih maksimal. Pada saat berjalan, gerakan tangan dan gerakan anggota tubuh lainnya juga membantu memaksimalkan proses tersebut. Berbeda dengan berjalan kaki, berjalan memiliki beberapa titik tumpu, yaitu gerakan tangan yang membantu mendorong tubuh dan menekuk lutut melalui paha depan otot yang memberikan daya ketika menjalankan ketika kaki berada dalam kontak dengan tanah. Jadi, fokus utama pada waktu itu berlari tidak hanya dari kaki, tetapi juga dari bagian lain dari tubuh.

Nah, itulah perbedaan antara jalan dengan lari terletak pada cara kaki menapak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.