Pengertian Gambar Ilustrasi Beserta Fungsi Tujuan dan Jenis Jenisnya

Pengertian Gambar Ilustrasi Beserta Fungsi, Tujuan dan Jenis-Jenisnya

Pengertian gambar ilustrasi bisa diartikan sebagai tiruan gambar atau bentuk yang dituangkan melalui kertas. Ilustrasi juga bisa diartikan sebagai sebuah lukisan gambar atau foto yang memiliki tujuan untuk membantu memperkuat atau memperjelas maksud dari sebuah objek gambar dalam sebuah buku, majalah, surat kabar, novel dan media lainnya.

Pengertian gambar ilustrasi

Berdasarkan dua pengertian tersebut, pengertian gambar ilustrasi dapat disimpulkan sebagai gambar yang dapat mewakili atau menjelaskan situasi, cerita atau deskripsi. Ilustrasi adalah seni yang menggunakan bentuk sebagai suatu cara untuk menjelaskan maksud gambar kepada pembaca terhadap suatu naskah atau teks. Hal ini dimaksudkan agar pembaca dapat melihat bentuk visual dari naska atau teks tersebut.

Jika ingin ingin ditarik kesimpulan, maka ilustrasi bisa kita deskripsikan sebagai sebuah karya seni visual yang bertujuan untuk mempermudah penjelasan dari sebuah teks atau bacaan.

Fungsi dan tujuan dari gambar Ilustrasi

1. Mempermudah pembaca memahami

Ilustrasi memiliki tujuan untuk memudahkan dalam menjelaskan teks tertentu. Misalnya, ada novel atau cerita pendek dan kemudian seseorang diminta untuk menggambarkan novel atau cerita tersebut.

Setelah membaca dan memahami jalan cerita maka cerita tersebut dapat digambarkan untuk mempermudah memahaminya. Ilustrasi memang bisa memudahkan pembaca dalam memahami garis besar sebuah cerita.

2. Memperjelas sebuah cerita

Fungsi dari ilustrasi salah satunya adalah untuk menggambarkan sesuatu. Sebagai contoh, menggambarkan kisah, keadaan, atau peristiwa sehingga pembaca dapat mengetahui esensi dari cerita. Sehingga bisa menjelaskan hal tersebut dengan lebih singkat tapi tetap mudah dimengerti.

3. Bentuk ekspresi

Ilustrasi juga merupakan bentuk ekspresi seseorang untuk menjelaskan atau menggambarkan sesuatu yang terjadi. Biasanya seseorang yang suka menggambar ilustrasi atau memiliki bakat sebagai seorang seniman akan lebih mudah menyalurkan ekspresi adalah melalui gambar.

4. Sebagai media pembelajaran

Belajar bisa membuat seseorang merasa jenuh sehingga mudah bosan dan tidak memahami materi. Salah satu cara untuk membuatnya lebih mudah memahami pelajaran adalah menggunakan ilustrasi sebagai media pembelajaran.

Dengan adanya gambar atau visual tersebut, maka orang tersebut akan lebih mudah memahami karena gambar dan warna yang menarik membuat situasi belajar lebih menyenangkan. Menggunakan media gambar dan ilustrasi untuk belajar juga membuat siswa lebih antusias, termotivasi, dan tidak bosan belajar.

5. Lebih menarik bagi pembaca

Biasanya teks atau naskah yang hanya diisi dengan kata-kata saja bisa membuat pembaca merasa lelah dan malas. Salah satu cara agar pembaca lebih tertarik dengan naskah atau bacaan tersebut adalah dengan memasukan ilustrasi atau gambar. Terutama untuk bacaan yang diperuntukan untuk anak-anak seperti dongeng. Biasanya, anak-anak cenderung menyukai gambar karena lebih mudah untuk dipahami.

6. Membantu daya ingat

Gambar memang merupakan media visual yang lebih mudah diingat seseorang. Dengan menggunakan media gambar atau ilustrasi visual, seseorang akan lebih mudah mengingat sesuatu. Gambar sendiri memang merupakan media yang paling mudah terekam oleh mata dan ingatan.

Biasanya hal ini dilakukan kepada anak-anak yang masih berusia di bawah 7 tahun. Ibu guru biasanya membantu mengenalkan nama-nama buah, binatang melalui gambar dan warnanya sehingga mereka lebih mudah diingat.

7. Menghidupkan cerita

Tujuan atau fungsi lainnya dari gambar ilustrasi yaitu bisa menghidupkan cerita sehingga cerita-cerita yang disajikan lebih menarik dan hidup.

8. Cara berkomunikasi

Gambar dan ilustrasi juga dapat dibuat sebagai media komunikasi antara penulis dan pembaca cerita. Biasanya, kata-kata saja kurang mudah dicerna tapi setelah melihat bentuk visual atau gambar ilustrasi maka tingkat pemahaman pembaca meningkat.

Tujuan atau fungsi gambar ilustrasi biasanya sangat penting ketika diterapkan pada anak-anak yang tidak bisa membaca. Anak-anak yang tidak bisa membaca dapat terbantu dengan ilustrasi karena mereka masih menggunakan dan mengandalkan penglihatan.

9. Memberikan selingan atau hiburan

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, teks atau tulisan dalam sebuah cerita yang hanya berisi kata-kata saja terkadang tampak membosankan dan membuat malas untuk membacanya. Tetapi, dengan menggunakan media ilustrasi maka pembaca semakin bersemangat untuk membaca. Selain itu, ilustrasi juga dapat menjadi hiburan dalam membaca.

10. Sebagai karya seni

Ilustrasi memang merupakan salah satu bentuk atau jenis karya seni yang sangat banyak jenisnya. Ilustrasi juga dapat membantu mengembangkan dan melestarikan perkembangan seni visual.

Jenis-jenis gambar ilustrasi

1. Gambar ilustrasi khayalan atau fantasi

Jenis pertama adalah ilustrasi khayalan atau fantasi. Gambar ilustrasi ini berasal dari imajinasi seseorang. ilustrasi gambar jenis ini sepenuhnya dibuat berdasarkan imajinasi penggambarnya.

2. Gambar Ilustrasi Karikatur

Ilustrasi karikatur adalah ilustrasi yang menggambarkan suatu peristiwa dengan cara menyindir atau mengkritik suatu hal tertentu.

3. Gambar Ilustrasi karya sastra

Karya sastra yang dimaksud di sini adalah prosa, puisi, dan drama. Ilustrasi dari karya sastra adalah gambar untuk menggambarkan cerita dalam novel, drama, atau cerita sehingga sehingga visual tersebut bisa mendukung materi atau sebagai deskripsi singkat pada isi cerita. Biasanya karya sastra ini seperti cerita dongeng, fabel dan cerita legenda. Apabila karya tersebut memiliki gambar ilustrasi, pastinya pembaca lebih tertarik untuk membaca.

4. Gambar Ilustrasi mata pelajaran

Selain bisa digunakan untuk menggambarkan sebuah karya sastra fiksi. Ilustrasi juga dapat digunakan untuk menggambarkan pelajaran. Contoh yang bisa diambil adalah pada buku pelajaran olahraga. Di mana di sana terdapat ilustrasi yang menggambarkan kegiatan olahraga di kelas olahraga. ilustrasi gambar ini dimaksudkan untuk memperjelas pelajaran.

5. Gambar Ilustrasi Alam

Ilustrasi berikutnya adalah ilustrasi yang dimaksudkan untuk menggambarkan kondisi atau objek alam, seperti laut, pegunungan ataupun gambar pemandangan alam.

6. Gambar Ilustrasi peristiwa

Pada dasarnya, ilustrasi adalah gambar untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi. Biasanya gambar ini dapat digunakan di koran, majalah atau artikel ketika menggambarkan peristiwa perampokan, gempa bumi dan banyak lagi.

7. Gambar ilustrasi kartun

Jenis berikutnya adalah gambar untuk menggambarkan kartun. Biasanya gambar jenis ini dapat ditemukan di beberapa komik, buka cerita anak-anak atau buku gambar.

8. Cerita bergambar

Jenis berikutnya adalah cerita bergambar. Cerita bergambar pasti membutuhkan gambar atau ilustrasi sebagai sumber ceritanya.

Itulah penjelasan tentang pengertian gambar ilustrasi dan fungsinya, tujuan, dan jenis ilustrasi.