Mengidentifikasi Manfaat pada Produk Kerajinan Bahan Lunak

Mengidentifikasi manfaat pada produk kerajinan bahan lunak, bagaimana penjelasannya? Sebelum Membahas hal itu kita akan membahas apa itu kerajinan berbahan lunak. Kerajinan bahan lunak merupakan suatu jenis produk kerajinan yang dibuat menggunakan bahan yang memiliki karakteristik lunak, sebagai dasar pembuatannya.

Jenis bahan kerajinan berbahan lunak

Bahan kerajinan lunak menjadi dua jenis, yaitu bahan kerajinan lunak dengan bahan alami dan buatan.

Bahan lunak alami, misalnya adalah tanah liat, serat alami tumbuhan dan kulit binatang.

Bahan lunak untuk kerajinan yang termasuk buatan yaitu pulp, plester, fiberglass, lilin, sabun, spons, dan lainnya. Bahan lunak buatan yang juga telah mengalami proses contohnya adalah pulp, plester, fiberglass, lilin, sabun, spons, dan lain-lain.

Contoh kerajinan berbahan lunak

Produk kerajinan yang terbuat dari bahan lunak biasanya sangat beragam, mulai dari kerajinan yang digunakan untuk kebutuhan alat pendukung kehidupan rumah tangga dan juga kerajinan untuk dekorasi. Contoh:

Kerajinan tanah liat

Kerajinan yang terbuat dari tanah liat ini sering dikenal oleh banyak orang dengan istilah keramik, atau beberapa orang menyebutnya sebagai tembikar. Keramik merupakan kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat, melalui proses dengan cara seperti itu. Misalnya dipijat, butsir, pilin, kiln dan glasir. Yang kemudian menghasilkan barang / benda dan juga benda-benda dekoratif yang indah. Contoh tembikar, vas, guci, piring.

Indonesia memiliki berbagai jenis kerajinan keramik dari berbagai daerah. Dengan berbagai karakteristik yang memiliki beragam bentuk, teknik, dan dekoratif yang beraneka ragam. Kekayaan hayati di Indonesia telah mengilhami keindahan dan keunikan, dalam bentuk tembikar keramik dengan karakteristik sendiri. Hal itu juga yang menjadi ciri khas sendiri sekaligus pembeda dengan keramik dari Cina, Jepang, dan negara-negara lainnya.

Kerajinan serat alam

Bahan serat alami biasanya akan menghasilkan kerajinan beragam, misalnya, tas, dompet, topi, taplak meja, tempat lampu. Teknik pembuatan kerajinan yang terbuat dari serat alami sebagian besar dibuat oleh anyaman.

Kerajinan kulit

Kerajinan yang satu ini menggunakan bahan baku yang berasal dari kulit hewan yang telah diolah, baik itu kulit mentah atau sintetis. Contoh kerajinan ini adalah tas, sepatu, boneka, dompet dan jaket. Kulit yang dihias digunakan misalkan dari hewan sapi, kambing, kerbau dan buaya.

kerajinan gips

Gips adalah bahan mineral yang tidak larut dalam air dalam waktu yang lama, ketika berubah menjadi padat. Isi dari bahan ini terdiri dari kalsium sulfat hidrat jenis zat dan juga beberapa mineral misalnya karbonat, borat, nitrat dan sulfat.

Gips sendiri dilakukan proses pengerasan menggunakan proses pemanasan. Proses ini dilakukan dengan cara dicairkan kemudian membentuk kerajinan seperti yang diinginkan. Sehingga sebelumnya harus dibuat cetakannya terlebih dahulu.

Secara umum, semua produk membutuhkan cetakan gips. Bahan utama dalam pembuatan cetakan tersebut termasuk karet silikon, tapi yang paling mudah adalah plastisin atau tanah liat. Fungsi dari kerajinan ini biasanya sebagai hiasan dinding, mainan dan banyak lagi.

Kerajinan lilin

Persiapan untuk membuat kerajinan berbahan dasar lilin cukup sederhana dan cukup mudah. Bahkan, dapat dilakukan juga oleh semua orang. Kamu dapat merubah bentuknya menjadi kerajinan yang unik, akan mencair dengan memanaskannya di atas api atau kompor.

Kerajinan sabun

Kerajinan yang terbuat dari sabun ini sangat unik, dan bahan yang digunakan juga merupakan sabun. Sabun dapat diproses dengan dua cara, yaitu dengan ukiran sabun, sehingga membentuk seperti binatang, buah-buahan dan ukiran bunga.

Nah, itulah penjelasan mengenai mengidentifikasi manfaat pada produk kerajinan bahan lunak.