Home ┬╗ Mengenal Strategi Komunikasi Pemasaran Langsung untuk Bisnis

Mengenal Strategi Komunikasi Pemasaran Langsung untuk Bisnis

  • by

Strategi komunikasi pemasaran langsung itu apa? Konsep strategi komunikasi pemasaran bukan hanya melibatkan usaha atau bisnis sekala besar saja.

Penerapan ini juga berlaku pada sektor skala usaha kecil dan bisnis menengah. Jika ditelaah lebih lanjut, komunikasi pemasaran adalah dua aspek bidang ilmu yang berbeda, yaitu bidang ilmu komunikasi dan ilmu pemasaran.

Komunikasi sebagai aspek yang meninjau proses penyampaiannya, sedangkan pemasaran adalah aspek yang meninjau sisi ekonominya. Itulah kenapa keduanya memiliki korelasi yang erat.

Dengan strategi komunikasi yang efektif, value dan core produk tentu dapat diterima target pasar secara efektif, dan dengan strategi pemasaran yang tepat, sales penjualan produk dapat meningkat cepat.

Sebelum membahas lebih jauh tentang strategi komunikasi pemasaran langsung, kita akan mendefinisikan terlebih dahulu pengertian komunikasi dan pemasaran secara terpisah.

Pengertian komunikasi

Dalam strategi komunikasi pemasaran, komunikasi bisa diartika sebagai proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, bahkan masyarakat tertentu menciptakan dan menyampaikan informasi agar tetep saling terhubung.

Kesuksesan proses komunikasi tentu juga ditentukan oleh perencanaan komunikasi yang baik. Perencaanaan bukan hanya sebatas konsep strategi itu sendiri, namun juga bagaimana mengimplementasikannya dilapangan.

Pengertian strategi komunikasi

Pengertian strategi komunikasi adalah membangun perencanaan komunikasi (communication planning) dan manajemen komunikasi (communications management) demi tercapainya suatu tujuan.

Dalam mencapai tujuan tersebut, kamu harus mempertimbangkan juga proses operasionalnya, baik taktis dan teknis.

Hubungan antara komunikasi dan pemasaran

Komunikasi akan sangat diperlukan dalam setiap lini kehidupan manusia. Bukan hanya kehidupan sosial, komunikasi juga berperan dalam membangun hubungan jual-beli.

Contohnya, keterampilan komunikasi akan dibutuhkan ketika memperkenalkan produk atau jasa kepada calon konsumen.

Dengan mempelajari komunikasi, kamu dapat melakukan pendekatkan secara personal dengan lebih baik. Komunikasi juga berperan sebagai sarana untuk mendapatkan feedback yang membangun bagi produk.

Pada dasarnya, pemasaran bertujuan untuk meningkatkan value penjualan produk kamu. Tanpa diimbangi dengan komunikasi yang baik, tentu hasilnya adalah nol. Mengapa? Karena komunikasi (promosi) adalah bagian dari proses pemasaran itu sendiri.

Hal ini juga berlaku sebaliknya. Komunikasi yang baik, namun tanpa adanya perencanaan pemasaran, tentu hasilnya akan sama.

Contohnya, jika kamu mempunyai iklan yang sangat menarik dan memotivasi minat beli konsumen, namun pendistribusian produk tidak merata. Padahal, lokasi yang tidak cakup diantaranya adalah lokasi market potensial.

Tujuan strategi komunikasi pemasaran

Secara umum, ada tiga tujuan strategi komunikasi pemasaran itu dilakukan.

Merubah knowledge atau pengetahuan

Pada tahap ini, kamu harus dapat memberikan pengetahuan yang cukup kepada konsumen. Aspek knowledge, biasanya berorientasi seputar keberadaan produk? Bagaimana bentuk produk? untuk apa produk itu diciptakan? Dan ditujukan untuk Siapa produk itu?

Merubah sikap

Perubahan sikap tentu bertujuan untuk mengarahkan konsumen agar memiliki keinginan untuk mencoba produk. Ada tiga komponen yang terdapat dalam aspek sikap.

Efek kognitif yaitu adanya kesadaran konsumen terhadap produk. Efek ini yang akan berperan untuk merubah aspek pengetahuan, kepercayaan atau keyakinan konsumen pada produk yang ditawarkan.

Efek afeksi yaitu adanya pengaruh yang memotivasi calom konsumen kamu melakukan sesuatu. Melakukan sesuatu yang seperti apa? Definisi melakuakan sesuatu yang dimaksud adalah realisasi si konsumen untuk melakukan pembelian pada produk.

Efek konatif yaitu adanya pengaruh yang membentuk pola pikir konsumen agar menjadi perilaku selanjutnya. Perilaku yang seperti apa? Yaitu perilaku dari si konsumen agar melakukan pembelian ulang atau berkelanjutan.

Perubahan perilaku akan berpengaruh pada nilai kepercayaan konsumen. Hal inilah mengapa konsumen loyal dan tidak beralih pada produk lain atau kompetitor sejenis.

Komunikasi pemasaran langsung

Penerapan strategi komunikasi pemasaran dalam konsep pemasaran langsung, tentu akan melibatkan hubungan yang lebih personal antara kamu dengan konsumen.

Jika kamu ingin tetap menjaga hubungan tersebut, maka buatlah jaringan konsumen. Lakukan komunikasi secara intens dengan dengan konsumen Anda. Seberapa intents kah?

Intens bukan dalam artian sesering mungkin. Kamu hanya perlu tetap terkoneksi dengan mereka. Jika kamu mempunyai produk terbaru ataupun promo harga menarik, Anda dapat melakukan follow up secara berkala.

Misalnya, kamu dapat melakukan follow up dengan telemarketing. Jika belum mengetahui telemarketing secara keseluruhan, kamu dapat fahami terlebih dahulu pengertian telemarketing itu

Komunikasi pemasaran langsung mungkin terlihat sebagai proses yang sederhana. Kamu dan konsumen akan bertemu, memperkenalkan produk, menawarkannya dan menegoisasi harga hingga terjadi kesepakatan.

Jenis komunikasi ini memang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Jika kamu menawarkan ke banyak konsumen, tentu akan banyak waktu yang kamu keluarkan serta biaya transportnya. Namun, jika margin keuntungan kamu cukup besar, menerapkan strategi komunikasi pemasaran langsung sebagai salah satu cara pemasaran produk, tentu lebih berpotensi menghasilkan penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *