Home » Pelajaran » Sosiologi » Mengapa Manusia Perlu Peraturan? Ini Penjelasannya

Mengapa Manusia Perlu Peraturan? Ini Penjelasannya

Mengapa manusia perlu peraturan? Alasan manusia perlu memiliki aturan karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan. Untuk membangun hubungan yang harmonis, ada kebutuhan untuk batasan dalam berinteraksi.

Keterbatasan ini adalah aturan kehidupan manusia. Batas-batas ini dibuat oleh manusia dengan menyesuaikan kondisi di lingkungan mereka, sehingga dengan keterbatasan itu diharapkan menjadi lebih damai.

Contoh dan alasan mengapa manusia perlu peraturan

Dilarang membuang sampah sembarangan, mengapa? Sampah adalah barang yang tidak digunakan lagi, jika manusia membuat sampah, lingkungan akan menjadi kotor dan rentan terhadap munculnya berbagai masalah seperti penyakit.

Karena munculnya kesadaran tentang pembuangan sampah, manusia membuat aturan yang berlaku untuk semua manusia yang tinggal di lingkungan tersebut dengan mewajibkan untuk membuang sampah di tempatnya.

Contoh lain, yaitu dilarang menyakiti orang lain. Mengapa? Manusia diciptakan dengan banyak perbedaan satu sama lain. Misalnya, ada yang tinggi, beberapa pendek, beberapa memiliki fisik lemah dan ada yang kuat.

Agar tidak ada diskriminasi antara sesama manusia, dan interaksi terjalin lebih harmonis, maka manusia perlu menciptakan aturan untuk melarang manusia menyakiti manusia lain. Nah itulah alasan mengapa manusia perlu memiliki aturan. Semoga informasi dan pembahasan kali ini bermanfaat.