Home » Sosiologi » Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam

wapt image 75

Mengapa budaya Indonesia sangat beraneka ragam? Berbicara indonesia memang menarik, karena indonesia memiliki keanekaragaman budaya, bahasa dan tradisi yang berbeda-beda. Tak jatnag, dari budaya ujung samang sampai ujung merauke memiliki hal yang tak sama. Sehingga, pasti akan menarik jika kita membahas mengapa budaya indonesia sangat beraneka ragam. Nah, langsung saja berikut ini jawabannya.

Jawaban dari mengapa budaya indonesia sangat beraneka ragam

Jawaban singkat:

budaya Indonesia sangat beragam karena “Indonesia terdiri dari berbagai latar belakang etnis dan agama, serta lokasi yang strategis di Indonesia membuat banyak budaya asing untuk datang dan mempengaruhi budaya Indonesia. ”

Jawaban panjang:

Indonesia adalah negara yang majemuk atau berbeda etnis kelompok, bangsa dan agama.

Keragaman ras, bangsa dan agama mempengaruhi banyak variasi budaya.

Masing-masing suku di Indonesia memiliki adat budaya sendiri. Misalnya, suku-suku asli memiliki rumah Minang Tower, Toraja memiliki rumah adat dan adat Tongkonan Jawa Joglo rumah.

Keragaman budaya karena banyak suku juga bisa dilihat pada pakaian tradisional, bahasa, masakan tradisional dan bentuk seni yang berbeda masing-masing suku.

Selain etnis, perbedaan agama juga mempengaruhi perbedaan budaya. Misalnya, perbedaan antara ritual dan pakaian yang dikenakan oleh kelompok etnis Jawa yang Muslim Kristen Jawa dan Hindu.

Selain keragaman etnis, keragaman agama dan budaya juga mungkin karena masuknya budaya asing. Sebagai contoh, Cina dan budaya India yang pedagang kedua negara sejak kerajaan Hindu Budha, karena posisi strategis Indonesia di jalan perdagangan dunia.

Bagaimana sekatang kalian sudah tahukan apa saja sih alasan mengapa budaya indonesia sangat beraneka ragam.