Home » Pelajaran » Geografi » Mengapa Bagian Pedalaman Benua Lebih Rendah Kepadatan Penduduknya Dibandingkan Bagian Pesisir Benua?

Mengapa Bagian Pedalaman Benua Lebih Rendah Kepadatan Penduduknya Dibandingkan Bagian Pesisir Benua?

  • by
Masyarakat Penduduk Suatu Kota dan Negara

Kembali dengan pembahasan mengenai soal geografi kali ini. Mungkin kamu pernah mendapat soal pertanyaan mengenai bagian pedalaman benua yang lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua. Nah, kira-kira apa jawabannya?

Jawaban mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua?

Jawaban dari soal diatas adalah karena lokasi pedalaman biasanya lebih susah terjangkau baik dalam hal transportasi maupun distribusi makanan dan kebutuhan lainnya. Karena hal itu pula yang membuat mobilisasi orang di pedalaman lebih sulit dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Akibatnya, perkembangan ekonomi masyarakat di sana seperti perdagangan sulit berkembang. Lain lagi dengan masyarakat pesisir yang bisa memanfaatkan lokasinya yang berdekatan dengan laut. Mereka bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk membantu transportasi dan perdagangan antar daerah maupun negara.

Contoh lainnya bisa kita ambil dari beberapa kota-kota besar di dunia yang terletak di bagian pesisir benua atau pulau. Salah satu contohnya adalah kota Jakarta, Semarang dan Surabaya, dimana kawasan tersebut terletak pesisir utara Pulau Jawa. Sedangkan contoh lainnya adalah kota Hanoi, yang berada di pesisir Vietnam, di tepi Laut China Selatan.

Banyaknya pertumbuhan dan kepadatan penduduk di daerah tersebut karena perdagangan dan pelayaran, dapat dengan mudah mengakses transportasi laut yang memungkinkan terjadinya pergerakan orang dan barang (mobilisasi) dalam jumlah besar.

Sebaliknya, wilayah pedalaman tidak. Sehingga kepadatan di daerah tersebut juga terbatas. Nah, karena di daerah pesisir tersebut lebih memiliki banyak aktiftas, tak jarang juga membuat masyaralat pedalamanan bermigrasi ke daerah peisisr.

Hal lain yang membuat jumlah penduduk di daerah pedalaman kurang mendapat perhatian, tentu karena pegunungan yang berbukit-bukit membuat pemerataan kawasan sulit dilakukan. Pembentukan wilayah pemukiman di daerah tersebut juga terbatas.

Nah, itulah jawaban dari mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua?