Perhatikan 7 Hal ini Saat Mencari Supplier Bisnis yang Tepat

Beranda ยป Perhatikan 7 Hal ini Saat Mencari Supplier Bisnis yang Tepat

Memilih supplier yang tepat merupakan salah satu hal penting saat memulai bisnis online. Daripada membuat produk atau bahan baku sendiri, mencari supplier yang tepat akan lebih efisiensi dibanding membuat produk dari awal.

Sayangnya, menemukan supplier yang tepat tidaklah mudah. Dalam memilih supplier, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan, seperti ketersediaan pasokan, biaya dan proses pengiriman.

Lantas, bagaimana menemukan supplier yang tepat bagi bisnis? Berikut 7 hal yang perlu diperhatikan saat memilih supplier yang dapat merugikan bisnis.

Tentukan jenis supplier

Ada beberapa kategori umum supplier yang dapat ditemui. Setiap jenis memiliki konsekuensi terhadap harga yang dapat didapatkan nanti. Berikut ini beberapa jenis supplier:

Produsen

Produsen adalah supplier yang memproduksi produk yang dijual. Harga produk dari produsen biasanya lebih rendah, kecuali jika lokasinya jauh dan memerlukan biaya pengiriman tambahan. Untuk mendapatkan produk dari produsen, biasanya pengecer harus membelinya melalui sales produsen tersebut. Alternatif lain adalah melalui kantor perwakilan atau agen yang menangani barang dari perusahaan tersebut.

Distributor

Distributor membeli produk dalam jumlah besar dari beberapa produsen dan menjualnya kembali kepada pengecer. Harga produk yang ditawarkan oleh distributor biasanya lebih tinggi daripada harga produsen, tetapi distributor umumnya bersedia memasok pengecer dalam partai kecil. Jika bisnis masih berskala kecil, hal ini dapat menguntungkan karena banyak produsen yang menolak pesanan partai kecil.

Importir

Jika ingin menjual produk impor tanpa harus membeli langsung dari luar negeri, maka dapat mencari supplier yang sudah menjalankan bisnis impor. Supplier jenis ini beroperasi seperti pedagang grosir.

Tempat menemukan supplier yang tepat

Ada beberapa cara untuk bertemu dengan supplier yang tepat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

Mendatangi langsung lokasi produksi

Bertemu langsung dengan supplier memberikan keuntungan, seperti melihat proses produksi dan memilih kualitas produk yang diinginkan.

Selain itu, pertemuan langsung dengan produsen dapat membangun kepercayaan dan membantu mengurangi risiko kecurangan. Dengan kepercayaan tersebut, tentu kita mungkin bisa mendapatkan harga khusus yang lebih murah dibandingkan di pasaran.

Menghadiri bazar bisnis

Di acara seperti ini, banyak produsen dan pemasar berkumpul. Acara ini merupakan kesempatan emas untuk membangun jaringan, relasi, kerjasama, dan wawasan dalam berbisnis. Dengan banyaknya peserta, tentu akan memiliki lebih banyak pilihan dalam mendapatkan supplier yang tepat yang dapat memberikan prospek baik bagi bisnis kedepannya.

Mencari di website atau toko online

Mencari supplier secara online merupakan cara yang praktis. Jadi tidak perlu repot-repot pergi ke lokasi supplier. Jika belum memiliki daftar nama supplier yang diinginkan, maka bisa manfaatkan situs pencarian di internet atau media sosial. Jika fokus utamanya adalah mendapatkan harga murah, maka perlu mendapatkan list harga dari masing-masing supplier terlebih dahulu,. Barulah kita dapat mencari harga yang paling kompetitif.

Marketplace B2B

Marketplace B2B tidak hanya tempat untuk berbelanja, tetapi juga merupakan tempat berkumpulnya pedagang, reseller, dropship, grosir, distributor, dan importir. Di sana, kita dapat mengecek para penyedia produk yang ada untuk dijadikan supplier bagi bisnis kita.

Forum bisnis atau komunitas online

Di forum online seperti Kaskus, seringkali ada member yang berbagi informasi seputar produk, supplier, atau info bisnis lainnya. Sehingga, kita dapat mencari informasi lebih lanjut dengan mengajukan pertanyaan atau mengikuti thread mereka.

Harga yang kompetitif

Harga sering menjadi fokus utama saat memilih supplier, tetapi harga tidak boleh menjadi satu-satunya faktor yang dipertimbangkan. Kita juga perlu memastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas produk atau layanan yang diterima. Jika harga terlalu murah, bisa jadi kualitas produk atau pelayanan tidak memadai.
Selain itu, penting juga untuk membandingkan harga dari beberapa supplier. Jangan ragu untuk melakukan nego agar bisa mendapatkan harga yang lebih menguntungkan. Namun, selalu perhatikan kualitas produk dan layanan yang ditawarkan dari masing-masing supplier tersebut.

Kualitas produk dan layanan

Kualitas produk atau layanan dari supplier sangat penting sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan apakah mereka adalah pilihan yang tepat sebagai mitra bisnis.

Pastikan jika produk yang disuplai oleh supplier memenuhi standar kualitas yang inginkan. Jika memungkinkan, mintalah sampel produk sebelum membuat keputusan akhir.

Selain itu, perhatikan juga kualitas layanan yang diberikan oleh supplier. Apakah mereka responsif terhadap pertanyaan atau permintaan? Apakah mereka dapat mengirimkan pesanan tepat waktu? Apakah pelayanannya baik dan responsif ketika terjadi keluhan pada produk.

Ketersediaan stok

Pastikan bahwa supplier dapat menyediakan pasokan yang konsisten bagi bisnis kita. Tentunya kita tidak ingin pelanggan pergi karena stok habis di saat permintaan tinggi. Komunikasikan dengan supplier mengenai kapasitas mereka dalam memenuhi pesanan yang diajukan dan pastikan bahwa mereka dapat memenuhi kebutuhan dalam jangka panjang.

Reputasi supplier

Periksa reputasi supplier sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan mereka. Cari tahu informasi tentang supplier, seperti lama mereka beroperasi, testimonial pelanggan, atau review di situs online. Supplier yang memiliki reputasi baik dan dapat diandalkan cenderung memberikan pelayanan yang baik dan mampu menjaga kualitas dan stok produk secara memadai.

Syarat dan ketentuan kontrak

Sebelum menjalin kerjasama dengan supplier, pastikan memahami dengan jelas syarat dan ketentuan yang tercantum dalam kontrak. Perhatikan hal-hal seperti harga, pembayaran, jangka waktu kontrak, kebijakan pengembalian, dan perjanjian eksklusivitas jika ada. Jika perlu, mintalah bantuan dari ahli hukum atau profesional untuk membantu dalam meninjau kontrak tersebut.

Memilih supplier yang tepat membutuhkan waktu dan ketelatenan. Penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor, seperti jenis supplier, harga, kualitas produk, stok, dan reputasi, serta syarat dan ketentuan kontrak yang diberikan. Dengan memilih supplier yang tepat, kita dapat memastikan kelancaran operasional bisnis dan memberikan pengalaman yang baik juga bagi para pelanggan.

Scroll to Top