Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » 5 Manfaat Teh Daun Jati Cina untuk Obat dan Masalah Kesehatan

5 Manfaat Teh Daun Jati Cina untuk Obat dan Masalah Kesehatan

  • by
MANFAAT DAUN JATI CINA UNTUK KESEHATAN

Teh yang satu ini pastinya sudah dikenal dikalangan para perempuan yang ingin menurunkan berat badan. Manfaat teh daun jati cina terbilang banyak. Teh ini merupakan salah satu teh herbal yang dipercaya untuk membantu menurunkan berat badan. Teh ini juga merupakan pencahar dapat memperlancar buang air besar sehingga digunakan sebagai obat sembelit. Pelajari tentang manfaat teh daun jati cina dan efek buruk pada kesehatanmu dengan membaca artikel di bawah ini!

Apa Itu Teh Daun Jati Cina?

Teh ini adalah teh yang berasal dari cina atau pohon jati, juga dikenal sebagai tanaman senna. Tanaman ini tumbuh di banyak negara tropis dan ditemukan juga di indonesia.

Karakteristik rasa teh ini sedikit manis dan memiliki rasa pahit kuat. Selain itu, teh ini juga memiliki aroma yang tidak terlalu kuat jika dibandingkan dengan teh lainnya.

Banyak orang mencampur the daun jati cina dengan madu untuk mengurangi kepahitan. Teh ini dapat ditemukan di pasar, biasanya dijual sebagai obat sembelit atau pelangsing.

Manfaat Teh Daun Jati Cina

Ada beberapa penelitian tentang manfaat te daun jati cina, tetapi umumnya diuji dalam bentuk ekstrak serbuk dan kapsul. Sementara manfaat daun teh jati cina masih sangat jarang.

Manfaat teh jati cina antara lain seperti megaasi sembelit dan kadang-kadang digunakan untuk mengobati sindrom iritasi usus dan kembung.

Sementara itu daun teh jati cina lebih umum digunakan sebagai:

1. Obat pencahar

Daun jati cina dalam bentuk teh dapat digunakan sebagai pencahar untuk sembelit. Isi dari daun jati cina memang kerap digunakan untuk kelancaran buang air besar. Senyawa aktifnya dapat bekerja pada lapisan usus besar dan meningkatkan kontraksi usus yang memicu buang air besar.

2. Mengatasi wasir

Wasir adalah salah satu komplikasi dari sembelit. Manfaat daun ini juga dipercaya membantu meringankan wasir. Namun penggunaannya juga tentunya tergantung pada jenis dan tingkat keparahan wasir. Jika kamu mengalami wasir. Berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba mengatasinya dengan daun teh jati cina.

3. Menurunkan berat badan

Banyak orang yang menggunakan daun teh jati cina sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Mengingat efek daun jati cina yang berbeda pada setiap orang, tentu saja, penggunaan tingkat keberhasilan jati cina untuk menurunkan berat badan juga berbeda.

Sebagai pencahar, teh ini juga kerap digunakan untuk mengatasi masalah berat badan bagi sebagian orang. Namun perlu diingat bahwa penggunaan obat pencahar untuk menurunkan berat badan tidak begitu disarankan.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat ini sangat penting karena dapat mengurangi kolesterol. Kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh bisa menyebabkan menjadi penyakit yang sangat berbahaya.

5. Antihipertensi

Khasiat daun jati sangat efektif untuk mencegah hipertensi. Kandungan senyawa dalam daun teh ini sangat baik untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh.

6. Mencegah anemia

Manfaat teh daun jati ini untuk menjaga kesehatan tubuh juga dapat diperkuat dengan kegunaannya dalam mencegah anemia. Daun ini berfungsi untuk meningkatkan sel-sel darah merah dalam tubuh sehingga anemia dapat dicegah.

7. Mengatasi diabetes

Kegunaan daun jati untuk kesehatan lainya adalah untuk mengatasi diabetes. Hal ini teunya sangat berguna dalam mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Sehingga kamu akan lebih sehat dan terhindar dari diabetes.

8. Memperlancar peredaran darah

Daun teh jati cina ini akan membuat tubuh lebih sehat. Sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat aliran darah lebih lancar.

Dosis Terbaik Teh Daun Jati Cina

Pada dasarnya, tidak ada konsumsi dosis standar daun teh jati cina. Dosis yang biasa direkomendasikan untuk mengobati sembelit adalah 17,2 mg setiap hari. Studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi tidak melebihi 34,4 mg dua kali sehari.

Pada orang tua, dosis yang dianjurkan adalah 17 mg per hari. Sedangkan untuk sembelit setelah kehamilan, dosis yang digunakan adalah 28 mg dibagi dalam dua dosis per hari.

Cara Minum Teh Daun Jati Cina

Jika kmu ingin menggunakan produk teh daun jati cina di pasar, kamu dapat mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasan. Setiap produk mungkin memiliki aturan yang berbeda, dan banyak daun teh jati cina yang dikombinasikan dengan bahan-bahan herbal lainnya.

Daun teh jati cina dapat ditemukan dalam bentuk teh celup atau teh diseduh. Persiapan teh celup biasanya dikombinasikan dengan bahan-bahan herbal lainnya.

Penggunaan daun teh jati cina memakan waktu paling tidak dua kali per hari. Satu kantong teh digunakan untuk satu kali. Adapun teh diseduh biasanya menggunakan satu sendok makan untuk satu kali penggunaan.

Teh daun jati cina biasanya mulai bekerja di 6-12 jam setelah konsumsi. Reaksi pada setiap orang bisa berbeda-beda, kau dapat mengukur reaksi tubuh setelah digunakan.

Efek Samping Minum Teh Daun Jati Cina

Teh ini memiliki potensi untuk menyebabkan efek samping ringan sampai yang serius. Oleh karena itu penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati.

Berikut adalah efek samping dari teh ini:

  • Diare.
  • Mual dan muntah.
  • Haid.
  • Dehidrasi.
  • Sakit perut.
  • Gangguan elektrolit.
  • Merasa lemas.

Efek samping di atas adalah yang efek samping yang umum. Penggunaan jangka pendek biasanya menyebabkan efek samping ringan dan biasanya aka hilang ketika dihentikan penggnaannya.

Penggunaan jangka panjang jati cina dapat menyebabkan perasaan ingin buang air besar terus-menerus, perdarahan, dan kekurangan cairan. Kamu harus segera menemui dokter bila mengalami salah satu dari efek samping yang parah.

Hal untuk diperhatikan sebelum konsumsi teh daun jati cina
Tidak semua orang dapat menggunakan daun teh jati cina. Ada juga kasus di mana seseorang disarankan untuk menghindari teh ini.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum megkonsumsi teh jati cina:

  • Jangan mengkonsumsi teh daun jati cina jika memiliki kondisi seperti alergi senna, penyakit crohn, ulcerative colitis, apendisitis, diare, dehidrasi, sakit perut, atau kondisi lain yang menyebabkan penyumbatan usus. Berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan ramuan ini.
  • Hati-hati menggunakan daun teh jati cina bila menggunakan obat-obatan tertentu apakah resep, non-resep, atau herbal lain karena dapat menyebabkan interaksi obat.
  • Diskusikan dengan dokter anda sebelum menggunakan daun teh jati cina jika sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.