Home » Geografi » Manfaat Sungai Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Sungai Bagi Kehidupan Manusia

  • by

Sungai memiliki manfaat penting bagi kehidupan manusia. Aliran air sungai adalah sumber utama untuk setiap makhluk bertahan hidup.

Sungai sejak zaman dahulu telah memiliki berbagai manfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Meskipun kini aliran sungai mulai tercemar oleh tumpukan sampah dan limbah industri, tetapi di beberapa tempat masih ditemukan sungai yang memiliki air jernih.

Dikutip dari laman American River, sungai yang masih asri bisa memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat, seperti meningkatkan kualitas hidup untuk memperkuat ekonomi lokal. Jadi apa manfaat sungai bagi kehidupan manusia? Berikut manfaat sungai bagi kehidupan manusia

1. Sungai sebagai sumber kehidupan

Manusia sepanjang hidupnya akan selalu membutuhkan air, meskipun sungai terus berubah, tapi air akan selalu dibutuhkan oleh makhluk hidup. Salah satu mata air dapat memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup manusia adalah sungai.

Karena sungai sangat penting untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Derasnya arus sungai dapat digunakan untuk berbagai kebuthan, seperti untuk minum, mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya.

2. Pembangkit listrik

Manfaat Sungai berikutnya dapat digunakan untuk pembangkit listrik. Air sungai dapat digunakan untuk memutar kincir air yang berguna untuk mengaktifkan generator listrik. Sehingga dapat menghasilkan listrik untuk memasok kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Listrik kini telah menjadi salah satu kebutuhan penting dari manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, seperti pencahayaan, hingga sumber gerak dalam hal teknologi. Oleh karena itu, sungai memiliki peran penting bagi perkembangan dan kemajuan dunia.

3. Tempat meditasi

Selain dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sungai juga efektif untuk meditasi atau relaksasi. Karena suara air mengalir di sungai dapat memberikan efek relaksasi, sehingga bisa membuat orang tenang dan damai.

Dikutip dari laman American River, ketika pikiran stres karena kegiatan dan tuntutan kehidupan sehari-hari, sungai menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Kamu dapat melakukan relaksasi atau meditasi di tepi sungai. Karena efek ketenangan dapat mencegah depresi.

4. Sumber irigasi

Irigasi adalah sarana penyediaan air untuk memenuhi kebutuhan pertanian. Sungai menjadi salah satu sumber irigasi yang kerap digunakan oleh para petani dalam mengaliri air ke berbagai tanaman. Karena kekurangan aliran air dapat mempengaruhi kualitas tanaman pertanian.

5. Sumber penghidupan

Manfaat sungai untuk kehidupan manusia lainnya yaitu sebagai sumber mata pencaharian. Sungai ini adalah rumah bagi banyak spesies ikan, sehingga berbagai jenis ikan dapat memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Selain dikonsumsi, tak jarang ikan ini dijual ke pasar.

Jumlah ikan, belut sampai kerang yang hidup di sungai dapat digunakan sebagai sumber mata pencaharian. Pemancing dan nelayan ikan di sungai biasanya menjualnya di pasar. Sehingga sungai juga dapat memiliki nilai ekonomi bagi warga.

6. Air mengalir ke hilir

Air hujan turun dari gunung-gunung akan selalu mengalir ke dataran yang lebih rendah. Jika tidak ada sungai, air yang mengalir dapat menyebabkan berbagai kerusakan. Jadi sungai berperan penting dalam pelestarian alam.

7. Sarana transportasi

Sejak zaman kuno sungai telah dikenal sebagai salah satu sarana transportasi. Sungai memainkan peran penting untuk menghubungkan atau memindahkan barang dan orang dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu, sungai juga dilihat sebagai salah satu sarana transportasi yang murah dan tidak menimbulkan polusi udara.

Namun seiringnya waktu, sekarang tidak banyak sungai yang dapat digunakan untuk transportasi, hal itu karena kedalaman air semakin dangkal karena limbah di sepanjang sungai.

8. Sumber air minum

Semua orang yang hidup di dunia akan membutuhkan air untuk bertahan hidup. Begitu juga dengan makhluk hidup lainnya, semua akan selalu bergantung pada air. Sungai sebagai sumber air minum telah digunakan sejak manusia pertama. Karena sungai merupakan reservoir air alami yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pada zaman kuno, sungai menjadi sumber air minum bagi penduduk, tapi sekarang jumlah limbah pabrik dan tumpukan sampah telah mengakibatkan air sungai yang tercemar. Maka hanya sedikit air yang dapat dikonsumsi langsung oleh masyarakat. Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat sungai bagi kehidupan manusia.