Manfaat Praktek Kerja Lapangan untuk Siswa, Sekolah dan Perusahaan

Setiap siswa atau mahasiswa pastinya dituntut untuk menjalankan program kerja lapangan sebelum mengambil tugas akhir atau skripsi. PKL yang merupakan singkatan Pelatihan Kerja atau Praktek Kerja Lapangan adalah salah satu bentuk dari latihan siswa atau mahasiswa pada keterlibatan dalam lingkungan kerja secara langsung.

Tujuan dari PKL secara umum adalah untuk menerapkan ilmu dan praktek antara program pendidikan di instansi pendidikan dengan keahlian langsung melalui kegiatan kerja langsung di tempat kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Nah, pastinya akan menarik jika kamu yang akan menjalan program PKL mengetahui terlebih dahulu apa saja sih manfaat dilakukan PKL itu. Sebelum kalian menjalankan program PKL sebagainya kalian mengenai terlebih dahulu manfaat-manfaat tersebut untuk kalian dan bagaimana pentingnya untuk persiapan kalian di dunia kerja kelak.

Manfaat PKL tidak hanya akan dirasakan oleh sekolah-sekolah atau kampus yang mengirimkan siswa untuk PKL saja, tetapi juga akan dirasakan oleh siswa dan perusahaan terkait. Berikut beberapa manfaat.

1. Manfaat praktek kerja lapangan bagi siswa

Pada dasarnya, program pendidikan ini bermanfaat untuk mengenalkan siswa dunia kerja, baik di perusahaan dan industri. Mudah-mudahan, siswa tidak akan terkejut saat benar-benar memasuki dunia kerja. Selain ini, ada beberapa manfaat lain yang meliputi:

Menambah ilmu non-formal, khususnya ilmu yang tidak ditemukan di sekolah dan instansi pendidikan formal.
Membuat siswa untuk menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab sebelum benar-benar memasuki dunia kerja secara profesional.

2. Manfaat praktek kerja lapangan bagi sekolah dan universitas

Berkontribusi dalam menyuplai tenaga kerja untuk perusahaan atau instansi.
Dapat menyesuaikan program pendidikan sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja untuk evaluasi materi kurikulum pendidikan.

3. Manfaat praktek kerja lapangan perusahaan

Dapat mengukur kualitas siswa dan memberikan umpan balik dan evaluasi untuk sekolah.
Mendapatkan tenaga kerja sementara sebagai sumber daya perusahaan.

Nah, itulah manfaat praktek kerja lapangan. Bagaimana? Selain sebagai menerapkan ilmu, PKL juga tepat untuk kalian yang ingin menerapkan ilmu tersebut secara langsung dalam dunia kerja.