Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » 12 Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan Ternyata Banyak Sekali

12 Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan Ternyata Banyak Sekali

  • by
Manfaat buah pisang

Pisang adalah salah satu jenis buah yang paling mudah ditemukan. Hampir seluruh Indonesia dapat ditemukan pisang dengan mudah. Kondisi iklim tropis Indonesia sangat cocok untuk menanam pisang. Selain itu, pisang dapat berbuah di setiap musim, sehingga dapat ditemukan dengan mudah setiap saat.

Ada beragam jenis pisang yang dapat ditemukan. Agar tidak bosan dalam konsumsi pisang, pisang biasanya diolah menjadi berbagai macam makanan ringan. Jenis pisang yang sering diolah menjadi makanan ringan adalah pisang kepok

Kandungan Pisang Kepok

Pisang kepok bisa diolah menjadi berbagai makanan ringan atau dimakan langsung. Pisang ini mengandung banyak serat alami yang bermanfaat untuk pencernaan, seperti mencegah sembelit. Kandungan pektin dalam pisang kepok bermanfaat untuk mencegah sembelit.

Pisang juga mengandung potasium yang berguna untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dari tulang, sehingga tulang akan menjadi lebih kuat dan akan menghindari gangguan kesehatan tulang.

Kalium juga bermanfaat untuk pembentukan sel dan jaringan. Selain itu, pisang kepok juga mengandung probiotik yang membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dengan baik.

Bagi kamu yang memiliki tekanan darah tinggi, makan pisang kepok dapat membantu mengontrol tekanan darah tubuh. Kandungan natrium dan kalium dalam pisang kepok akan membantu mengontrol tekanan darah tubuh. Selain itu, mineral kompleks dalam pisang kepok juga dapat mencegah peningkatan tekanan darah. Salah satu olahan pisang kepok adalah pisang kepok rebus. Lantas apa saja manfaat pisang kepok?

Manfaat Pisang Kepok

Pisang kepok pada dasarnya memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, terutama untuk sistem pencernaan. Beberapa manfaat pisang kepok dikenal adalah sebagai berikut:

1. Memperlancar pencernaan

Kandungan serat yang ditemukan dalam pisang kepok sangat efektif untuk membantu sistem pencernaan. Karbohidrat juga membantu mempertahankan gerakan usus yang teratur dan menormalkan pembuangan tinja.

2. Mencegah sembelit dan diare

Pisang kepok diyakini bermanfaat untuk mencegah sembelit karena pisang ini mengandung zat yang disebut pektin. Pektin memiliki manfaat yang sangat baik untuk sistem pencernaan karena bisa melembutkan dan menyerap air dengan baik.

3. Mengatasi masalah maag akibat asam lambung

Seperti disebutkan di atas, pisang ini mengandung antasid yang sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah akibat asam lambung, termasuk penyakit maag.

4. Kaya kalium

Kalium sendiri memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia. Beberapa diantaranya yaitu untuk pembentukan sel, pembentukan jaringan, dan pembentukan organ lainnya. Kalium ditemukan dalam berbagai jenis pisang, termasuk pisang kepok.

5. Membantu mengatasi stres

Pisang kepok diyakini mampu mengatasi stres karena kandungan gizi seperti pektin dan kalium, yang juga memiliki kemampuan sebagai pereda stres.

6. Baik untuk ginjal

Selain untuk kesehatan, senyawa kalium juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal dan dapat mencegah masalah batu ginjal. Selain itu, pisang kepok juga memiliki senyawa lain yang dapat membantu mempertahankan fungsi ginjal, antioksidan yaitu fenol.

7. Menguatkan tulang

Tulang membutuhkan kalsium untuk tetap sehat dan kuat menopang tubuh kita. Namun, kalsium tentu tidak ditemukan dalam pisang.

Pisang dapat membantu memperkuat tulang bukan karena kalsiumnya saja tetapi karena mengandung prebiotik yang disebut fructooligosaccharide. Prebiotik membantu tulang untuk menyerap kalsium lebih baik.

8. Mengontrol tekanan darah

Dalam pisang kepok mengandung kalium yang tinggi tetapi kandungan sodium rendah. Kombinasi ini membuat pisang kepok yang sangat baik dalam menormalkan tekanan darah sehingga mampu menghindari risiko hipertensi.

9. Energi akan meningkat

Seperti kita ketahui, untuk menjalankan kegiatan sehari-hari tubuh memerlukan karbohidrat untuk energi. Karbohidrat cukup banyak juga dapat ditemukan dalam pisang, termasuk pisang kepok.

10. Baik untuk mata

Kandungan vitamin dalam buah pisang kepok memiliki kemampuan untuk membantu kesehatan mata. Diyakini bahwa kandungan nutrisi yang ditemukan dalam pisang kepok juga sangat baik untuk mencegah penglihatan mata yang menjadi kabur.

11. Mengatur kadar gula darah

Pisang kepok memiliki kandungan gula yang sangat rendah sehingga sangat baik untuk penderita diabetes. Selain itu pisang kepok juga memiliki karbohidrat yang dapat membuat perut kenyang, sehingga mengurangi konsumsi karbohidrat lain seperti beras yang memiliki kandungan gula yang lebih tinggi.

12. Meningkatkan suasana hati lebih tenang dan stabil

Salah satu yang unik dari manfaat pisang kepok yaitu membuat pikiran lebih tenang. Hal ini menunjukkan bahwa pisang memiliki amino senyawa asam yang membantu memicu produksi serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang membantu pikiran menjadi tenang dan membuat suasana hati lebih stabil.

Manfaat di atas adalah beberapa manfaat pisang kepok. Mungkin bertanya-tanya, jadi apa manfaat pisang kepok rebus?

Manfaat Pisang Kepok Rebus

Manfaat kepok pisang direbus tidak akan jauh berbeda dari pisang kepok yang tidak direbus. Itu karena kandungan gizi pisang rebus kepok belum tentu hilang selama proses perebusan. Perbedaannya terletak pada rasa dan tekstur.

Di Indonesia pisang ini sering diolah dengan cara direbus karena membuat rasa dan teksturnya makin manis dan lembut. Meskipun pisang manis tidak akan menaikkan gula darah dan juga dapat digunakan bagi mereka yang sedang menjalani diet sehat. Karena kandungan lemak dalam pisang juga sangat rendah.

Olahan Pisang Kepok

Pisang kepok adalah jenis pisang yang sering diolah menjadi makanan ringan. tekstur padat dan rasa manis, sehingga pisang ini mudah diolah menjadi berbagai makanan ringan. Berikut adalah beberapa resep olahan pisang kepok.

  • Kolak pisang kepok

Kolak adalah makanan yang sering ditemui. Pisang kepok biasanya juga diolah menjadi kolak. Bahan-bahan harus disiapkan untuk membuat kolak adalah pisang kepok, gula merah, gula pasir, sebagainya kolang yang telah dicuci dan dibelah dua, 2 lembar daun pandan, 750 ml air, dan santan ml 65.

  • Pisang goreng krispi

Pisang goreng adalah jenis olahan pisang yang paling cocok dimakan dengan kopi. Rasa gurih dan manis pada makanan ini membuatnya menjadi favorit banyak orang. Camilan ini sangat mudah untuk dibuat dan diolah. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah pisang kepok, 1 bungkus tepung goreng krispi siap saja dan air dingin.

  • Keripik pisang

Jenis pisang ini juga bisa diolah menjadi keripik. Bentuk dan tekstur buah ini sangat cocok untuk dibuat cemilan yang satu ini. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah pisang kepok, bawang putih, garam, gula, dan minyak goreng.

Nah, itulah beberapa manfaat pisang kepok bagi kesehatan dan cara pengolahannya.