Home » Ekonomi » Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional, Ini Penjelasan dan Tujuannya

Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional, Ini Penjelasan dan Tujuannya

wapt image 398

Untuk kamu yang mengambil jurusan IPS, mungkin akan menemukan beberapa pertanyaan terkait pendapatan Nasional. Nah, salah satu diantaranya bisa saja mengenai pertanyaan mengenai manfaat perhitungan pendapatan nasional.

Apabila kamu menghadapi pertanyaan tersebut, tenang! Berikut ini beberapa penjelasan mengenai manfaat perhitungan pendapatan nasional dan tujuannya.

Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari menghitung perhitungan pendapatan nasional, ataupun suatu negara adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui struktur ekonomi suatu negara, apakah diklasifikasikan
    sebagai negara agraris, industri atau jasa. Hal ini bisa diketahui untuk memperdalam pemerintahan dalam mengkaji bidang mana yang potensial bagi pendapatan negara tersebut. Di lain sisi, pemerintah juga dapat memahami bidang usaha apa yang memberikan kontribusi terbesar bagi pendapatan nasional saat ini.
  2. Menjadi acuan atau dasar dalam pembuatan kebijakan ekonomi pemerintah.
  3. Sebagai pembanding keadaan ekonomi dan dari waktu ke waktu.
  4. Dapat membandingkan situasi ekonomi antar daerah di suatu dengan daerah lainnya di suatu negara.
  5. Dapat membandingkan keadaan ekonomi antara negara-negara.

Tujuan menghitung pendapatan nasional

Beberapa tujuan yang ingin dicapai dengan menghitung pendapatan nasional suatu negara
adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengetahui dan menilai kemajuan dan pertumbuhan atau perkembangan perekonomian suatu negara. Dengan menghitung pendapatan nasional, dapat diketahui seberapa besar peningkatan perekonomian pada negara tersebut.

Tingginya nilai pendapatan nasional menunjukkan semakin tingginya kemajuan perekonomian pada suatu negara.

2. Untuk menganalisis faktor-faktor mana yang bisa mempengaruhi peningkatan kemajuan ekonomi suatu negara. Dengan menghitung pendapatan nasional, maka dapat diketahui dan dianalisis faktor-faktor yang berpengaruh dalam peningkatan atau kemajuan ekonomi suatu negara.

Ketika pendapatan nasional suatu negara menurun, maka faktor-faktor yang menyebabkan penurunan tersebut dapat diketahui dan dianalisis untuk acuan dalam evolusi dan perbaikan di waktu selanjutnya.

3. Untuk mengetahui taksiran atau estimasi nilai barang dan jasa secara
akurat. Yaitu dengan melakukan perhitungan pendapatan nasional (GNP dan GDP) sehingga dapat diketahui taksiran atau estimasi nilai barang dan jasa secara akurat.

4. Sebagai alat bantu dalam membuat rencana dan rancangan pembangunan nasional. Dengan menghitung pendapatan nasional maka dapat diketahui berbagai lapangan usaha atau faktor-faktor ekonomi yang berpengaruh terhadap perolehan pendapatan nasional Dengan demikian, jika ingin meningkatkan pendapatan nasiona maka Pemerintah harus merencanakan pembangunan pada lapangan usaha dibidang atau bisnis tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat perhitungan pendapatan nasional dan apa saja tujuannya untuk sebuah negara.