Home » Ekonomi » Manfaat Perdagangan antar Pulau? Ini Keuntungan yang di Dapat

Manfaat Perdagangan antar Pulau? Ini Keuntungan yang di Dapat

  • by

Apakah kamu akrab dengan istilah dan manfaat perdagangan antar pulau? Apa yang dimaksud dengan pengertian ini adalah kegiatan ekonomi atau transaksi dari satu kepulau pulau lain -dilakukan konsensual (penjual dan pembeli). Transaksi ini juga melibatkan pemberian uang sebagai alat tukar sebagai kompensasi atas barang atau jasa.

Manfaat perdagangan antar pulau?

Setiap kegiatan, terutama kegiatan ekonomi tentu memiliki tujuan sendiri. Kemudian, apa manfaat perdagangan antar pulau itu? Seperti sebelumnya kita tahu bahwa tujuan dari perdagangan itu sendiri adalah untuk melakukan pembelian dan penjualan. Perdagangan satu ini dapat dilakukan secara tradisional atau dengan cara kontemporer / modern.

Perdagangan dilakukan secara tradisional misalnya ketika sebuah kapal dagang atau alat pelayaran untuk memberikan berbagai barang dagangan untuk pembeli. Adapun perdagangan dengan menggunakan kontemporer atau modern, transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang lebih modern, seperti penggunaan internet dan alat komunikasi lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan jasa pengiriman barang. Berikut ini adalah tujuan terkait perdagangan antar pulau:

1. Pedagang dan pembeli mendapatkan keuntungan

Tujuan utama atau manfaat perdagangan antar pulau bagi kedua belah pihak adalah jika barang yang akan diperoleh oleh pembeli tidak ada di tempat tinggal, tapi ternyata barang yang diinginkan berada di luar pulau, pembeli akan mendapatkan barang melalui transaksi dengan pedagang di luar pulau. Secara tidak langsung, hal ini memberikan mereka keuntungan.

2. Memperluas jangkauan pasar produk

Tujuan lain dari memegang perdagangan antar-pulau memberi pedagang kesempatan untuk mendistribusikan produk mereka hingga ke luar pulau. Ini tentu akan membuat penjualan atau tingkat permintaan meningkat. Selain itu, faktor jarak juga akan mempengaruhi harga produk. Oleh karena itu, pedagang harus menentukan harga yang lebih tinggi tergantung pada jarak yang akan mencapai pembeli.

3. Menyediakan produk untuk penduduk di pulau tersebut

Adanya perdagangan antar pulau secara tidak langsung akan meningkatkan permintaan produksi di pulau tersebut. Hal ini tentu akan membuat tingkat produktivitas pekerja. Perusahaan juga dapat membuat jumlah produksi lebih karena mereka harus memenuhi permintaan pembeli atau konsumen di pulau tersebut.

4. Menciptakan lapangan kerja

Kenaikan jumlah permintaan dari transaksi antar pulau dapat menyebabkan peluang lowongan kerja bagi masyarakat lokal secara tidak langsung. Hal ini terjadi karena jika tingkat produksi meningkat, maka setiap perusahaan atau pabrik membutuhkan lebih banyak pekerja untuk dapat mempercepat peningkatan kuantitas produksi.

Nah, itulah beberapa manfaat perdagangan antar pulau. Tidak hanya menguntungkan bagi penjual dan pembeli, di satu sisi masyarakat pun akan mendapatkan keuntungan berupa lowongan pekerjaan dari perusahaan.