Manfaat Pemasaran Online untuk Pemasaran Bisnis

Manfaat pemasaran online apa saja, ya? Pemasaran online atau yang biasa disebut internet marketing adalah bentuk segala usaha dan aktifitas pemasaran yang dilakukan melalui jaringan internet.

Cara pemasaran produk secara online, biasanya juga akan berhubungan dengan dunia kampanye digital, pencarian prospek konsumen serta kemampuan dalam penulisan teks iklan (copywriting).

Hal-hal tersebut jika dilakukan dengan baik, ternyata dapat memberikan manfaat yang besar bagi bisnis. Berikut ulasan tentang manfaat pemasaran online:

1. Pemasaran online dapat menjangkau demografis tertentu

Manfaat pemasaran online yang pertama yaitu dapat membantu mempermudah dalam menargetkan konsumen dengan demografis tertentu, seperti: jenis kelamin, usia, minat atau lokasi. Bahkan, kamu dapat menargetkan berdasarkan tingkat ekonomi, tingkat pendidikan dan pekerjaannya tertentu saja.

Contohnya, ketika menggunakan Google Adwords atau Facebook Ads, dapat dengan mudah melakukan filter konsumen potensial dengan tertarget dan spesifik mungkin.

2. Membantu awareness produk

Banyak sekali pilihan jenis media online saat ini. Ketika memutuskan untuk menggunakan pemasaran online, kamu dapat memilih berbagai variasi media online populer, seperti audio streaming, video streaming, atau media sosial.

Jika segmentasi kamu berusia muda, membangun awareness dengan sosial media seperti facebook atau twitter adalah pilihan terbaik.

Lain halnya dengan branding, ketika ingin melakukan branding, Youtube dapat kamu gunakan. Lalu bagaimana jika ingin mendapatkan banyak trafik? kamu dapat menggunakan Google AdWords.

Initulah beberapa manfaat pemasaran online jika ditinjau dari sisi variasi kontennya.

3. Konsumen yang mendatangi (InBound)

Kondisi pola pemasaran saat ini tentu berbeda dengan beberapa dekade sebelumnya. Konsumen sudah tidak dapat diposisikan sebagai objek lagi.

Saat ini, konsumen sudah berlaku aktif. Mereka dapat dengan mudah memperoleh dan mencari informasi sebuah produk secara langsung. Hanya dengan mengetikkan keyword pada kolom search engine, meraka sudah dapat menemukan informasi produk, cara membelinya, siapa produsennya, dimana tokonya, bahkan perbandingan harganya.

4. Melakukan riset pasar lebih mudah

Manfaat pemasaran online yang tidak kalah penting, yaitu dapat membantu melakukan riset pasar dengan lebih mudah.

Kmau akan tahu produk mana saja yang banyak diminati konsumen saat ini, berapa usia pembeli dominan dan kapan biasanya mereka membeli di website Anda. Contohnya dengan memanfaatkan Google Analytic.

5. Biaya pemasaran yang murah

Biaya pemasaran online terhitung cukup murah. kamu dapat memajang produk di website pribadi atau menggunakan periklanan berbayar. Bahkan, kamu dapat memanfaatkan forum, blog, sosial media atau market place dengan biaya gratis.

6. Waktu dan jarak bukan lagi halangan

Internet dapat diakses setiap saat dan dimana saja. Pelanggan dapat berkunjung ke situs tempat berjualan tanpa harus bertemu secara langsung. Dalam hitungan beberapa menit saja, transaksi jual beli dapat dilakukan.

Seiring perkembangan informasi dan teknologi, rasanya sayang jika tidak ikut serta merasakan manfaat pemasaran online untuk bisnis kamu.

Banyak sekali penjual atau pengusaha kecil dan menengah yang telah sukses memanfaatkan pemasaran online. Maicih contohnya, lihat bagaimana sebuah keripik pedas dapat terkenal secara luas? Mungkin produk kamulah the next-nya.

Tinggalkan komentar