Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » 9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh, Yuk Terapkan Mulai Dari Sekarang

9 Manfaat Mandi Sebelum Subuh, Yuk Terapkan Mulai Dari Sekarang

  • by
Manfaat Mandi Sebelum Subuh

Tidak diragukan lagi, kebanyakan orang terkadang malas mandi di pagi hari, apalagi di hari masih subuh. Beberapa alasan seperti masih ingin tidur atau dingin menjadi alasannya. Tapi, tahukah kamu jika banyak manfaat mandi sebelum subuh?

Profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine, Mona Gohara, MD, menyatakan jika mandi di pagi hari, terutama subuh baik untuk kesehatan, katanya. Pastinya kamu penasaran kan, kira-kira apa saja sih manfaat mandi sebelum subuh?

Berikut ini 9 manfaat rutin mandi pagi sebelum subuh yang bisa kamu dapatkan.

1. Meningkatkan sel darah putih

Biasanya, jumlah sel darah putih dalam tubuh akan berada di bawah tingkat normal ketika kita sakit. Kemudian dokter akan memberi resep obat-obatan agar sel-sel darah putih berada di kisaran normal. Namun, ternyata ada cara lain yang mudah untuk meningkatkan sel darah putih tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mandi sebelum matahari terbit, atau subuh.

Hal ini selaras dengan hasil penelitian di Inggris beberapa tahun yang lalu. Hasil tersebut memperlihatkan salah satu manfaat mandi sebelum subuh adalah untuk meningkatkan jumlah sel darah putih.

2. Mencegah hipertensi

Ketika kamu khawatir karena memiliki hipertensi, kamu dapat mulai menerapkan kebiasaan mandi sebelum subuh. Hal ini diungkapkan oleh seorang ahli hypnotheraphy, Frederic Premji, mandi air dingin sebelum subuh bisa mengurangi risiko hipertensi. Hal ini disebabkan efek dari rasa dingin dapat menekan gejala varises dan pengerasan arteri. Hal ini akan mempermudah organ menerima suplai oksigen dan nutrisi yang diperlukan.

3. Baik untuk orang-orang dengan kadar gula darah

Dengan meningkatnya kadar gula darah, mungkin bisa menjadi penyebab obesitas dan diabetes. Nah, untuk mengurangi risiko ini, dianjurkan untuk mengurangi asupan manis serta mandi sebelum subuh.

Sebuah studi mengatakan, mandi sebelum subuh bisa menurunkan kadar gula darah yang berlebihan. Hal ini karena proses detoksifikasi bisa membantu menjaga gula darah lebih seimbang.

4. Menghilangkan stres dan depresi

Stres biasanya terjadi karena kita khawatir. Nah, salah satu cara untuk menghapusnya adalah dengan mandi sebelum subuh. Karena menurut sebuah penelitian, mandi sebelum subuh bisa merangsang titik biru di otak. Titik-titik biru merupakan sumber utama noradrenalin yang dapat membantu dalam mengurangi efek depresi.

Selain itu, mandi di pagi hari juga dapat merangsang pelepasan endorfin untuk melawan hormon stres. Dan dapat menghasilkan serotonin, yang dapat meringankan depresi.

5. Menjaga berat badan

Ada dua jenis lemak tubuh, lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah hasil dari akumulasi lemak yang berlebihan makan kalori, sedangkan lemak coklat adalah lemak yang berguna untuk memanaskan tubuh saat dingin.

Air dingin saat kamu mandi sebelum subuh dapat menyebabkan pembakaran lemak coklat dan menjadikannya sebagai energi, yang akan mendorong lemak putih. Hal ini berarti bahwa lemak putih yang menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh dapat hilang karena terbakar.

6. Mengoptimalkan organ tubuh

Para ahli medis mengatakan jika mandi sebelum subuh bisa meningkatkan suhu tubuh hingga lebih stabil, bahkan membantu kerja jantung, adrenalin juga meningkat, dan aliran darah akan lancar. Tak hanya itu, sistem peredaran darah dan saraf juga menjadi lebih efektif.

7. Baik untuk sistem reproduksi

Air dingin saat kamu mandi subuh diyakini bisa meningkatkan testosteron, hormon reproduksi pada pria dan estrogen pada wanita. Jelas ini adalah hal yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan reproduksi manusia.

8. Rambut menjadi lebih sehat

Mandi sebelum subuh juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut. Air dingin dapat memperkuat akar rambut dan membuat rambut kusut menjadi lebih teratur.

Tidak hanya itu, air dingin juga mampu menutup kutikula rambut. Sehingga bisa membantu menghindari masalah rambut rontok.

9. Membuat awet muda

Jika kamu rutin mandi sebelum subuh, dan bukan air hangat, maka bisa mendinginkan suhu tubuh, sehingga kulit juga terlihat lebih cerah, halus dan sehat. Bahkan bisa menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Hal ini tidak lain karena air dingin yang digunakan untuk mandi bisa memberikan kesegaran dan rasa sejuk. Tentunya ini dapat meningkatkan kelembaban dan fleksibilitas kulit.

Nah, itulah 9 manfaat mandi sebelum subuh, yuk terapkan mulai dari sekarang.