5 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Kesehatan

Jika dilakukan dengan benar dan teratur, manfaat latihan kebugaran jasmani dapat menjadi solusi untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Selain itu, latihan ini juga meningkatkan kondisi tubuh dan mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan.

Olahraga teratur dan tepat dapat membakar kalori dan kelebihan lemak dalam tubuh, mencegah penyakit tertentu, untuk memperlambat proses penuaan.

Manfaat latihan kebugaran jasmani juga bisa membuat tubuh rileks, terutama karena lelah setelah jam kerja yang panjang di kantor. Perlu dicatat, lelah olahraga berbeda dari kelelahan akibat stres. Lelah setelah olahraga tidak hanya bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks, namun pikiran juga lebih tenang.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat latihan kebugaran jasmani.

5 Manfaat latihan kebugaran jasmani

1. Menjaga berat badan

Olahraga tidak hanya sebatas menjaga tubuh sehat saja, namun juga menjaga terjadinya kenaikan berat badan yang berlebihan yang dapat merugikan kesehatan. Namun, nafsu makan akan meningkat karena metabolisme meningkat saat berolahraga.

Jika kamu tidak menemukan waktu khusus untuk latihan atau berolahraga, kamu bisa menjalankanya sambil beraktifitas di kantor misalnya, simplenya kamu bisa menggunakan tangga daripada lift. Pastikan tetap konsisten melakukan aktivitas fisik yang telah kamu pilih sebagai olahraga pengganti.

2. Mengurangi stres dan memelihara kualitas

Beban kerja sehari-hari pasti berdampak pada keadaan emosional, sehingga tidak jarang juga menuai stres dan merasa lelah. Aktivitas fisik, seperti olahraga, kebugaran fisik, dapat merangsang berbagai bahan kimia otak yang membuat tubuh merasa lebih tenang, santai, peningkatan rasa percaya diri dan perasaan senang.

Tidak aneh, berjalan santai selama 30 menit sudah cukup untuk memperoleh manfaat dari latihan kebugaran fisik, apalagi bisa membuat tidur nyenyak. Tetapi untuk menjaga kualitas tidur, pilih olahraga dengan jadwal yang tidak berdekatan dengan jam tidur malam.

3. Meningkatkan energi, brain power dan produktivitas

Latihan kebugaran bisa meningkatkan jumlah energi, selain itu peningkatan juga terjadi pada endorfin dan serotonin di otak, tentunya saja hal ini akan berpengaruh pada berbuah mental. Dampaknya, pekerjaan harian akan lebih produktif baik di kantor maupun dirumah.

Melakukan latihan kebugaran fisik di pagi hari bisa menambah dan menjaga kebugaran fisik sepanjang hari. Mengkonsumsi air dan sinar matahari pagi baik untuk kesehatan. Kamu juga akan lebih kuat dalam melakukan semua kegiatan fisik, seperti naik tangga atau berjalan.

Di sisi lain, hal itu bisa membuat pikiran lebih fresh sehingga tugas kantor yang mungkin tampak membosankan bisa dikerjakan dengan lebih semangat.

4. Hindari tubuh dan proses penuaan

Olahraga teratur dapat melindungi kamu dari penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, osteoporosis, sakit punggung, depresi, kecemasan, kehilangan massa otot, dan arthritis. Latihan kebugaran fisik dapat mengurangi hal-hal yang bisa menjadi penyebab proses penuaan, mulai dari rasa sakit sederhana untuk nyeri di daerah tubuh tertentu.

5. Meningkatkan hubungan sosial dan hubungan seksual

Mungkin ini adalah manfaat latihan kebugaran jasmani yang paling dicari oleh para pria dewasa yang sudah menikah. Tapi percayalah, latihan kebugaran jasmani atau fisik secara teratur tidak hanya membuat kamu lebih terhubung secara sosial. Latihan ini juga dapat mengurangi kecemasan, terutama laki-laki dan disfungsi ereksi.

Kamu dapat bergabung dengan tim sepak bola atau kelas kebugaran lain yang menyenangkan, dengan teman dan keluarga. Melakukan aktivitas fisik seperti menari juga mampu meningkatkan hasrat seksual wanita.

Selain fisik yang sehat, bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan orang lain ketika olahraga juga bisa menjadi cara yang baik untuk bersantai dan menenangkan diri.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat latihan kebugaran jasmani. Menurut kamu mana manfaat yang paling penting untuk diri kamu?