Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » 15 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Ini Khasiatnya!

15 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Ini Khasiatnya!

  • by
MANFAAT KUNYIT UNUTK KESEHATAN

Apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan? Kali ini kita akan membahas 15 manfaat kunyit, apa saja ya? Dalam dunia memasak, manfaat kunyit sebagai bumbu dapur sangat populer. Tidak hanya terkenal di arena kuliner, manfaat kunyit juga bisa untuk dunia medis . Kerabat dekat jahe ini memang memiliki banyak manfaat positif untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Jadi, mulai sekarang kamu harus mencoba khasiat dan manfaat kunyit ini untuk kesehatan kamu. yuk kenalan dengan rimpang nan lucu dengan warna kuning ini. Mari kita cari tahu 15 manfaat kunyit bagi kesehatan.

1. Meringankan arthritis (radang sendi)

Salah satu manfaat kunyit adalah untuk meringankan arthritis. Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 lalu, menemukan bahwa kunyit memiliki efek yang lebih kuat daripada obat diklofenak yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri sendi.

Jika orang tua atau masalah kamu sendiri penderita arthritis, tidak ada salahnya untuk mencoba meredakan gejala tersebut dengan kunyit.

2. Obat luka

Siapa sangka manfaat kunyit bagi manusia untuk mengobati luka. Tidak hanya sebagai obat dalam tubuh, sepotong kunyit juga dapat digunakan sebagai obat luka karena mengandung antiseptik dan antibakteri. Manfaat kunyit dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah luka biasa atau luka bakar.

3. Diabetes tipe 2

Semakin hari, diabetes menjadi salah satu penyakit mengerikan. Sebelumnya hanya identik dengan penyakit usia lanjut. Tapi hari ini, orang-orang muda juga bisa terkena. Faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat, terutama karena pola makan yang buruk dan konsumsi gula dalam jumlah tinggi bisa mempercepat timbulnya diabetes.

Ternyata salah satu manfaat kunyit adalah memerangi diabetes, terutama diabetes tipe 2. Hal ini ditemukan dalam studi penelitian medis yang dilakukan oleh Auburn University, kemudian diterbitkan Biokimia dan Biofisik Penelitian Komunikasi pada tahun 2009.

4. Sebagai natural anti-inflamasi

Jangan meremehkan jika kamu memiliki peradangan. Ternyata dari peradangan biasa bisa terus menjadi momok yang menakutkan bagi kesehatan. Mulai dari yang ringan sampai penyakit berat dapat terjadi akibat dari peradangan.

Beberapa penyakit yang akan membuat takut adalah penyakit jantung, kanker, Alzheimer, penyakit degeneratif lainnya. Manfaat Kunyit adalah sifat anti-inflamasi yang dapat diandalkan untuk menyembuhkan, bahkan konon lebih ampuh daripada obat-obatan kimia.

5. Pencernaan jadi  lancar dan sehat

Gaya hidup kadang-kadang tidak sehat, terutama makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Hal itu harus diperhatikan agar kondisi kesehatan pencernaan lancar dan terjaga. Minum air kunyit seduh secara teratur ternyata dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan. Manfaat Kunyit juga diyakini membantu merangsang pelepasan racun di empedu dalam tubuh.

6. Meringankan asam lambung

Semakin sering mengkonsumsi kunyit dalam setiap hidangan, besar kemungkinan kamu memiliki pencernaan yang sehat. Sebuah penelitian yang ditulis dalam Systematic Reviews mengatakan bahwa orang-orang yang suka mengkonsumsi makanan yang mengandung kunyit akan memiliki perut dan usus besar yang sehat.

Sebagai catatan, tidak semua masakan sehat untuk kamu. Beberapa dari mereka mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan perut pada saat yang sama mengikis dinding usus. Nah, manfaat kunyit adalah menjaga lambung. Senyawa ini meningkatkan produksi lendir dan melindungi dinding lambung.

7. Usir rasa begah

Sistem pencernaan dapat bermasalah dengan tanda-tanda seperti merasa perut kembung dan begah berlebihan. Nah, suatu senyawa dalam kunyit memiliki fungsi mengurangi kelebihan asam yang juga bisa membuat perut membengkak. Untuk mengobatinya, gunakan satu sendok makan bubuk kunyit dan larut dalam segelas air hangat. Minum secara teratur selama dua minggu.

8. Menjaga kesehatan hati

Salah satu manfaat kunyit lainnya adalah untuk menjaga kondisi hati agar tetap sehat. Konsumsi kunyit secara teratur membantu sel-sel beregenerasi, sekaligus melindungi dari kerusakan yang bisa berbuntut panjang pada kesehatan. Kunyit juga digunakan untuk merangsang empedu agar memaksimalkan kinerjanya.

9. Meredakan diare

Diare dapat disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan, efek alergi, atau sebagai akibat dari penggunaan obat-obatan. Segera hadapi diare dengan menggunakan manfaat kunyit. Minum cukup air dan ramuan kunyit untuk meredakan sakit perut akan menerus. Kalium dan magnesium dalam akar tanaman ini siap untuk membantu cairan tubuh kamu menjadi lebih seimbang akibat dari diare, serta mencegah kamu dari dehidrasi.

10. Menjaga Kesehatan Otak

Nah, salah satu manfaat kunyit adalah menjaga kesehatan otak. Hal ini didukung oleh berbagai penelitian menyebutkan adanya hubungan yang kuat antara penurunan kognitif, seperti demensia dan Alzheimer oleh penurunan dalam beberapa jenis hormon pertumbuhan.

Gangguan ini disebut Brain-Derived Neurotrophic Factor. Kondisi ini dapat ditekan dengan zat yang dapat ditemukan pada kurkumin dalam kunyit. Menurut para peneliti, kurkumin memiliki dampak positif untuk kesehatan otak.

11. Sebagai antialergi

Jika serangan alergi kulit terjadi, manfaat kunyit putih dengan senyawa kurkuminoid bisa menjadi solusinya. Kunyit akan bereaksi dengan menghambat aktivitas protein yang menyebabkan peradangan, serta menahan pelepasan vitamin yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh.

12. Bantuan pertama gigitan ular

Buat seorang petualang yang sering menjelajahi alam liar, ada banyak risiko yang bisa terjadi dalam perjalanan. Salah satunya diserang oleh gigitan ular berbisa yang bisa berbahaya dan fatal. Oleh karena itu, selalu siapkan ekstrak kunyit yang dapat bekerja sebagai pertolongan pertama untuk tawaran racun gigitan ular. Ekstraknya mampu menghambat reaksi bisa ular sambil menunggu bantuan datang. Jadi, bawa terus ekstrak kunyit dalam tas saat berpetualang!

13. Membuat sehat jantung

Tidak hanya diabetes yang mulai menginfeksi generasi muda. Banyak dari usia muda yang berurusan dan bermasalah dengan hal ini. Agar tetap mampu mengejar mimpi sampai usia tuanya, kamu harus menjaga kesehatan organ vital ini dari sekarang. Kamu dapat mengkonsumsi secara teratur. Kurkumin dimiliki kunyit akan membantu pembuluh darah untuk tetap bersih, bebas dari pembekuan dan plak yang menempel di dinding area jantung.

14. Menekan terjadinya kanker

Selain penyakit jantung, kanker bisa menjadi momok yang menakutkan bagi kesehatan manusia. Terlebih banyak pasien dengan berbagai jenis kanker dan penyebabnya terserang virus ini.

Sebelum kabar buruk bahwa kanker menggerogoti bagian dalam tubuh kamu, mending konsumsi kunyit dari sekarang dengan rajin. Manfaat kunyit tak lain karena kandungan alkalinya yang tinggi dan bisa memberikan efek yang baik pada tubuh, salah satunya adalah untuk mencegah perkembangan kanker.

15. Menekan penuaan dan membuat panjang umur

Manfaat kunyit lainnya yaitu mengandung kurkuminnya yang bisa mencegah dan menghambat peradangan dan radikal bebas. Karena memiliki dampak besar pada proses penuaan, ketika keduanya dihambat oleh kunyit. maka dapat membuat wajah terlihat segar dan bercahaya selalu.

Nah, itulah penjelasan  mengenai 15 manfaat kunyit untuk kesehatan.