Home » Biologi » Manfaat Energi Matahari bagi Alam, Manusia, Tumbuhan dan Hewan

Manfaat Energi Matahari bagi Alam, Manusia, Tumbuhan dan Hewan

  • by

Manfaat energi matahari bagi alam

  1. Menerangi bumi
  2. Sebagai pusat tata surya
  3. Sebagai sumber energi tak terbatas bagi alam dan isinya
  4. Mengeringkan tanah yang basah setelah diguyur hujan
  5. Membantu terjadinya siklus air

Manfaat energi matahari bagi manusia

  1. Membantu manusia untuk mengeringkan Pakaian
  2. Sebagai sumber energi terbesar
  3. Sebagai pembangkit listrik tenaga surya
  4. Membantu petani garam untuk menguapkan air laut yang ada di ladang garamnya
  5. Membantu petani untuk mengeringkan gabah
  6. Memberikan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh

Manfaat energi matahari bagi hewan

  1. Untuk menghangatkan tubuh
  2. Membantu penyerapan kalsium
  3. Untuk pertumbuhan

Manfaat energi matahari bagi tumbuhan

  1. Membantu proses fotosintesis
  2. Mengaktifkan klorofil
  3. Menjaga temperatur tumbuhan

Penjelasan manfaat energi matahari untuk alam

Seperti kita ketahui, matahari telah menjadi sumber terbesar dari pencahayaan energi di dunia selain bintang, api, lilin, petir dan sebagainya. Energi matahari juga kadang-kadang disebut sumber tenaga surya atau solar.

Radiasi matahari memancarkan sebagian besar disebut elektromagnetik. Adapun manusia itu sendiri hanya bisa melihat sedikit energi matahari yang disebut cahaya. Energi cahaya juga dapat didefinisikan sebagai bentuk energi gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang sekitar 380-750 nanometer oleh mata telanjang.

Matahari sebagai sumber energi tentu karena panas cahaya tersebut memiliki banyak kegunaan penting bagi manusia, tumbuhan dan binatang. Beberapa manfaat dari energi matahari akan kita jelaskan di bawah.

Menyediakan penerangan

Jika tidak ada matahari, maka seluruh dunia akan benar-benar gelap sehingga baik manusia atau hewan tidak akan dapat melihat apa-apa di sekitarnya. Dengan munculnya energi matahari, seluruh area dapat dilihat dengan jelas, khususnya tidak hanya untuk manusia tetapi juga untuk hewan. Untuk alasan ini, fungsi utama dari energi matahari adalah untuk penerangan siang hari dan akan digantikan dengan cahaya dan bulan di malam hari.

Memberikan perbedaan antara pagi dan malam (penunjuk waktu)
Gerakan rotasi bumi tidak membuat semua bumi menerima energi matahari sementara yang lain menerimanya. Hal inilah yang akhirnya menciptakan siang dan malam untuk bumi. Sementara pergerakan bumi mengelilingi matahari membuat musim berubah.

Sebagai sumber energi

Energi matahari juga merupakan sumber energi di dunia. diperkirakan telah menghasilkan 383 miliar triliun kilowatt energi. Meskipun tidak semua energi matahari diserap oleh bumi. Namun sejauh cukup untuk memenuhi energi panas yang dibutuhkan setiap makhluk hidup di bumi.

Mendukung kelangsungan hidup organisme

Manfaat sinar matahari dapat memberikan suhu yang tepat untuk kelangsungan hidup organisme di alam. Bumi memperoleh energi matahari dalam jumlah yang cukup sehingga cukup untuk kehidupan. Selain itu, energi surya juga berkontribusi terhadap siklus hujan, angin, iklim dan cuaca.

Memproduksi perantara oksigen

Energi matahari akan digunakan langsung oleh tanaman klorofil untuk melakukan fotosintesis. Dengan ini, tanaman dapat terus hidup yang kemudian akan menghasilkan oksigen dan berperan penting sebagai sumber makanan bagi manusia dan hewan. Adapun makhluk yang telah meninggal akan dikonversi menjadi fosil untuk batubara dalam memproduksi minyak bumi sebagai sumber energi, semuanya tidak lepas dari peran energi matahari secara tidak langsung.

Pengeringan tanah

Energi matahari juga sangat penting untuk beberapa spesies tanaman dalam proses tumbuh dan berkembang biak. Energi matahari diperlukan untuk proses pengeringan sehingga tanah biji bunga yang jatuh ke tanah kering dan kemudian akan berkembang. Misalnya, biji bunga matahari tidak dapat tumbuh di tanah lembab dapat menyebabkan layu dan mati seketika itulah manfaat sinar matahari pagi.

Menjaga suhu

Energi matahari dapat menjaga suhu tanaman agar tetap seimbang dan stabil. Jika suhu tanaman rendah, maka akan mengganggu proses penguapan yang berjalan. Hal ini akan membuat tanaman lebih mudah mati. Sebaliknya, jika suhu terlalu tinggi, maka proses penguapan terjadi cepat sehingga bisa membuat tanaman ini terlalu kering.

Sumber nutrisi

Energi matahari berikutnya bermanfaat sebagai sumber nutrisi terbaik bagi alam selain. Dalam percobaan yang telah dilakukan, tanaman disimpan di ruangan tertutup dan hanya hidup dengan penambahan cahaya buatan. Dari percobaan ini membuktikan jika nutrisi tanaman yang diperoleh cukup rendah dan tidak sebagus tanaman mendapatkan energi langsung dari energi matahari.

Energi memproduksi listrik

Sebagai sumber cahaya terbesar, energi surya dapat menghasilkan energi listrik yang juga akan digunakan untuk penerangan sebagai pengganti cahaya di malam di hari. Sedangkan energi listrik yang dihasilkan matahari, nantinya bisa digunakan untuk elektronik dan barang-barang rumah tangga. Manfaat energi listrik yang berasal dari energi matahari atau solar cell tentu lebih ramah lingkungan dan matahari juga merupakan sumber energi tanpa batas.

Meskipun sinar matahari sangat menyengat dan sedikit mengganggu, terutama jika kami berdiri di bawah sinar matahari langsung, tetapi sebenarnya ada begitu banyak manfaat dari energi ini untuk alam semesta yang jika tidak ada bisa menyebabkan seluruh alam semesta mati ketika matahari tidak lagi memancarkan cahaya dan panasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.