Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » 19 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

19 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • by
Manfaat buah pisang

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah panjang dan berwarna kuning saat matang ini sepertinya banyak penyukanya. Ya, pisang adalah buah favorit hampir semua orang di dunia.

Apalagi kalau bukan karena rasanya yang enak, di mana saja mudah ditemui, dan ternyata kandungan vitaminnya juga tinggi dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah ini sangat diburu tentunya karena nilai gizi buah ini cukup kaya, seperti vitamin A, B, C dan E dan   juga mineral lainnya seperti kalium, zat besi dan magnesium.

Selain manfaat yang melimpah, pisang juga populer karena buah ini kerap dimanfaatkan dalam menu makanan saat orang melakukan diet. Tak jarang buah pisang kerap digunakan sebagai bahan utama atau pendamping dalam menu diet.

Di Indonesia sendiri pisang biasanya disajikan sebagai makanan pencuci mulut atau makanan untuk sambil bersantai, biasanya diolah dengan cara digoreng dan dinikmati dengan kopi panas.

Setiap tempat di dunia ini, pisang memiliki nama yang berbeda, seperti di India, nama pisang adalah kelas (dalam bahasa hindi), dalam bahasa Inggris disebut banana.

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Khasiat pisang tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam ukuran sedang, nutrisi pisang (sekitar 126 gram). Di dalamnya, terkandung juga energi 110 kalori, dengan 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein.

1. Sumber energi

Pernahkah kamu memperhatikan seorang atlet olimpiade atau olahragawan suka mengkonsumsi pisang? Ya, seorang atlet harus mengkonsumsi asupan makanan yang seimbang dan   tidak sembarangan, serta nutrisi dan kalori mereka selalu dikontrol sehingga penampilan di lapangan selalu baik dan prima.

Pemilihan pisang sebagai makanan ringan adalah pilihan cerdas kaena pisang dapat mengubah gula alami menjadi energi instan. Karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh.

Makanlah setidaknya 2 buah pisang sehari untuk mendapatkan asupan energi tambahan untuk mengarungi hari dengan lebih bugar.

2. Menjaga tekanan darah

Pisang memiliki potasium yang baik untuk sirkulasi darah. Kalium membantu mengatur tekanan darah. Kondisi tekanan darah yang selalu terkontrol dengan baik akan membuat kita terhindar dari bahaya gejala stroke dan penyakit jantung.

3. Meningkatkan saraf fungsi dan kekuatan otak

Kandungan kalium dalam pisang memberikan stimulus ke otak. Pada bayi yang mulai makan makanan padat, pisang menjadi pilihan yang baik karena tekstur yang lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.

4. Menjaga tulang sehat

Makan pisang secara teratur, siapa sangka ternyata juga bermanfaat untuk menjaga tulang menjadi lebih sehat. Hal ini karena pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi.

5. Membantu pencernaan

Dalam pisang   terdapat serat yang baik untuk tubuh. Campur pisang dengan segelas susu misalnya akan membantu mengurangi risiko penyakit usus yang berbahaya seperti gejala kanker usus besar. Vitamin C pada pisang berguna untuk menjaga peradangan.

6. Mengobati sakit maag

Khasiat pisang yang lain adalah zat penangkal asam di lambung sehingga dapat meredakan rasa panas dalam perut. Zat yang dikenal sebagai protease inhibitor itu membantu menyingkirkan bakteri di dalam perut yang membuat rasa mulas.

7. Mengobati diare

Pisang adalah makanan yang sangat dianjurkan untuk pasien dengan diare. Elektrolit seperti kalium, hilang dalam jumlah besar bila diare dan efeknya membuat pasien merasa lemah.

Zat ini mampu mengobati diare. Zat ini digunakan untuk mengenyalkan dan memadatkan tinja sehingga tubuh tidak kehilangan banyak cairan.

8. Bantuan mengobati sembelit

Sembelit merupakan masalah yang cukup umum dialami. Namun, sembelit tentunya juga menjengkelkan. Sembelit terjadi karena pengerasan berlebihan pada tinja sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Untungnya kita bisa memanfaatkan pisang dan murah sebagai obat alami untuk mengobati sembelit. Buah ini akan membantu memperlancar buang air besar. Dengan makan pisang, maka kita dapat menghindari pengerasan tinja.

9. Bantuan melawan anemia

Ada juga manfaat pisang yang tak terduga yaitu dapat mencegah dan membantu mengobati anemia. Hal ini karena, pisang mengandung Fe (zat besi). Zat itu merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Konsumsi 2 buah pisang per hari dapat meningkatkan produksi darah merah yang akan menjauhkan kamu dari anemia.

10. Mencegah penyakit jantung

Membuat pisang sebagai menu sarapan setiap hari dijamin membuat kamu tak akan menyesal. Pisang mengandung nutrisi yang baik untuk fungsi jantung. Belum lagi, pisang mengandung vitamin C dan flavonoid yang merupakan antioksidan dan dapat mencegah oksidasi lemak.

Pada pisang, terdapat kalium yang baik untuk jantung. Ditambah kandungan serat dari pektin yang berguna dalam membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung pun akan berkurang.

11. Mengatasi diabetes

Ada salah satu pisang khas Gorontalo yang namanya goroho. Pisang ini cukup terkenal. Untuk penderita diabetes, pisang goroho adalah makanan tambahan yang tepat. Pisang ini mampu membantu mengontrol gula darah kamu. Pisang biasanya dikukus dan dicampur dengan parutan kelapa.

12. Mencegah insomnia

Bagi mereka pekerja kantoran, mereka dituntut untuk bangun pagi dalam kondisi prima agar lebih bugar saat melakukan tugas dan pekerjaannya dengan baik.

Tapi kadang-kadang tidak semua orang mendapatkan kualitas tidur nyenyak dan nyaman atau bahkan sulit untuk tidur sampai larut malam. Sehingga tubuh pun akan lemah pada hari berikutnya karena kurang istirahat yang cukup.

Khasiat pisang cocok untuk pasien dengan insomnia atau gangguan tidur. Hal ini karena pisang kaya akan asam amino yang dikenal sebagai triptofan. Zat ini memicu produksi melatonin (hormon tidur) yang menginduksi kamu agar mudah tertidur. Makan pisang beberapa jam sebelum tidur dapat mempermudah kamu tidur lebih nyenyak.

13. Memperbaiki mood yang buruk

Mood memang tak bisa dikontrol sesuka hati. Namun, menjaga mood tetap stabil akan mempermudah kamu dalam menjalankan hari-hari. Terkadang, pekerjaan yang menumpuk sepanjang, beban kerja, kerap mengganggu. Dan, kamu pun bisa memanfaatkan buah pisang untuk masalah ini. Kandungan vitamin B6, serotonin, triptofan, dopamin, dapat membantu mengatasi gejala PMS, perubahan suasana hati tak menentu, dan perasaan depresi.

14. Mengurangi nyeri saat haid

Wanita yang sedang menstruasi biasanya memiliki kesulitan dalam mengendalikan rasa sakit karena menstruasi dan perasaan emosional yang labil. Dengan mengkonsumsi pisang, maka dapat membantu mengurangi rasa sakit sehingga emosi bisa lebih terkontrol.

Manfaat Buah Pisang untuk Kecantikan

15. Makanan alami antipenuaan

Kehadiran berbagai vitamin yang terkandung dalam buah pisang dapat digunakan sebagai anti-penuaan (anti-aging) secara alami. Dalam hal ini dapat mengurangi dan melawan keriput sehingga kulit akan tampil lebih muda.

16. Menjaga kulit lebih halus

Tidak hanya untuk kesehatan, khasiat pisang dapat membantu juga masalah kecantikan. Bagi mereka yang memiliki masalah kulit kasar dan kulit kering, buah pisang adalah solusi yang tepat.

Kamu bisa menghancurkan buah pisang dan menambahkan satu sendok makan madu. Gunakan sebagai masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan dalam beberapa minggu wajah pun akan mulus.

17. Bantuan mengobati jerawat

Siapa yang tidak ingin tampil cantik dan tampan selalu? Siapa yang tidak ingin memiliki wajah mulus bebas jerawat? Bagi kamu yang bertanya-tanya bagaimana solusi untuk mengobati jerawat, tenang karena solusinya bisa dengan memanfaatkan buah.

Trik ini cukup mudah, kamu hanya perlu menghancurkan daging pisang matang, oleskan pada kulit yang berjerawat. Kemudian, diamkan selama beberapa menit dan cuci menggunakan air bersih. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat menghilang dan kulit menjadi bersih.

18. Membuat rambut menjadi lembut

Khasiat buah pisang lainnya yaitu untuk membuat rambut lebih lembut. Pisang yang kaya potasium, minyak alami, karbohidrat dan vitamin akan membantu melembutkan rambut dan melindungi elastisitas alami rambut dan mencegah ujung rambut rusak serta pecah-pecah.

Untuk mengatasi rambut rontok, campurkan buah daging pisang matang dengan yogurt. Oleskan pada kulit kepala dengan lembut dan bilas dengan air dingin setelah 15-20 menit.

19. Mengatasi rambut kering dan rusak

Campur tiga sendok makan madu dengan pisang matang dan beberapa tetes minyak almond dan kemudian oleskan pada rambut saat masih basah. Cuti selama 15-20 menit diikuti dengan mencuci rambut menggunakan air biasa.

Vitamin A, C, E ditemukan dalam pisang serta kombinasi dan manfaat minyak almond akan membuat rambut lebih halus, mengkilap dan lembut.

Nah, itulah beberapa manfaat pisang yang dapat kamu rasakan untuk kesehatan dan kecantikan kamu. Di lain itu, ada pula kok manfaat buah pisang untuk ibu hamil, kira-kira apa saja ya?

Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Menurut National Institutes of Health, agar bisa merasakan manfaat buah pisang untuk perempuan hamil secara maksimal, maka para calon ibu haruslah mengkonsumsi sekitar 3-4 porsi buah pisang setiap harinya.

Tentu saja hal ini sangat baik untuk para ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Dalam buah pisang sendiri, diyakini mengandung kurang lebih 105 kalori. Nilai klori tersebut mampu mencukupi kebutuhan ibu hamil sepenuhnya.

Selain manfaat tersebut, buah pisang memiliki manfaat lain yang amat baik untuk ibu hamil. Untuk itu, kita akan kupas satu-persatu.

1. Buah pisang kaya akan asam folat

Seperti yang sudah sering kita dengar sebelumnya, manfaat asam folat sangatlah baik bagi perempuan yang sedang hamil atau mengandung. Asam folat sendiri mampu memberikan peran penting untuk perkembangan saraf otak serta rusuk tulang belakang si cabang bayi yang sedang ibu kandung. Nah, manfaat pisang juga dapat mencegah defisiensi asam folat yang bisa menyebabkan bayi lahir prematur atau risiko cacat lahir.

2. Mencegah anemia karena kaya akan zat besi

Masalah anemia pada perempuan hamil, mungkin kerap terjadi dan menjadi masalah yang umum. Salah satu akibat dari masalah ini, yaitu si ibu bisa mengalami komplikasi pada akhir kehamilan dan persalinan.

Nah, untuk itulah manfaat zat besi pada pisang berguna dalam memenuhi kebutuhan tersebut, dan dapat meminimalisir permasalah itu. Dalam kandungan buah pisang, diperkirakan terdapat rata-rata 3 persen zat besi dalam setiap 225 gramnya.

Yang berarti, zat besi dalam pisang tersebut dapat menghasilkan hemoglobin untuk mengurangi permasalahan anemia pada ibu hamil.

3. Manfaat vitamin B6

Dalam kandungan buah pisang, ternyata terkandung vitamin B6, di mana vitamin ini termasuk jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin B6 sendiri bisa membantu meningkatkan perkembangan sel sistem saraf pusat pada janin yang sedang dikandung ibu.

Dengan jumlah vitamin B6 tersebut, maka dapat mengurangi morning sickness. Untuk jumlah konsumsi harian yang dibutuhkan oleh ibu hamil, yaitu sekitar 1,9 miligram vitamin B6. Dalam satu pisang, kurang lebih mengandung 4 miligram vitamin 6.

4. Meningkatkan pertumbuhan hemoglobin

Manfaat buah pisang lain untuk ibu hamil, yaitu mampu meningkatkan pertumbuhan hemoglobin atau yang dikenal juga dengan sel darah merah. Selain zat besi, pisang mengandung vitamin B6 yang berperan untuk meningkatkan pertumbuhan hemoglobin dalam tubuh si ibu.

5. Mengatasi gangguan sembelit

Buah ini juga bisa mengatasi gangguan sembelit. Pisang sendiri bisa mengurangi perut kembung dan dapat memperlancar gerakan usus. Masalah sembelit, memang kerap dialami oleh ibu hamil. Untuk itu, dengan mengkonsumsi buah maka ibu dapat mempermudah dalam mengatasi permasalahan buang air besar.

Hal ini tidak lain karena buah pisang mengandung 6 gram serat rata-rata setiap pisang. Sebagai pemenuh kebutuhan potasium alami untuk ibu dan bayi, biasanya ketika seorang perempuan kehilangan banyak cairan.

Dalam pengobatan konservatif atau umum, elektrolit yang hilang dapat diatasi dengan menggunakan garam. Namun, beda kondisinya jika kamu sedang hamil. Untuk mengatasi masalah ini, pisang dapat menjadi ORS yang baik untuk perempuan hamil.

Hal ini tidak lain karena buah pisang mengandung potasium, selain itu buah ini juga dapat memperkuat tinja jika ibu mengalami diare akut.

6. Sebagai sumber kalsium

Selain sumber nutrisi, manfaat buah pisang untuk ibu hamil lainnya yaitu sebagai pemenuhan kalsium. Kalsium sendiri dikenal untuk perkembangan tulang dan sistem skeletal. Nah, untuk hasilnya lebih maksimal, para ibu hamil bisa mengkonsumsi buah ini dengan perincian 200 gram pisang mengandung 10 mg kalsium alami.

7. Antioksidan dan pelindung radikal bebas

Buah memang memiliki khasiat untuk tubuh, tapi tidak semua buah memiliki manfaat sebagai antioksidan. Antioksidan berguna dalam menjaga radikal bebas pada tubuh. Dalam buah pisang, terdapat Vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sebesar 33 persen pada setiap buahnya.

Antioksidan ini pun diyakini mampu melawan proses penuaan untuk serta memaksimalkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin.

8. Kaya akan protein

Selain vitamin dan nutrisi yang banyak, buah pisang juga mengandung banyak protein. Dan tentu saja, kandungan ini sangat baik untuk ibu hamil. Protein sendiri berguna sebagai sumber kalori dalam pembentukan antibodi untuk janin dan ibu.

Sebagai campuran sehat dalam mengkonsumsi pisang, ibu dapat mengkombinasikan dengan Oatmeal. Makanan ini tentunya sangat baik untuk para ibu hamil. Protein dalam buah pisang diperkirakan terkandung 2,5 gram per 225 gram pisang.

Nah, itulah beberapa manfaat buah pisang untuk ibu hamil. Tentunya setelah ini, para ibu harus rutin mengkonsumsi buah ini. Agar tidak bosan, ibu bisa mengkombinasikan buah pisang dengan bahan-bahan sehat lainnya.