Manfaat Buah Naga Merah

12 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Buah naga merah terkenal dengan rasanya yang manis dan memiliki banyak kandungan air. Hal ini membuat buah ini begitu lezat ketika dimakan langsung atau dicampur ke dalam minuman dingin.

Bentuk buah naga merah memang terbilang sangat unik. Kulit merahnya menyerupai bentuk api yang berkobar. Sementara bagian kulit luarnya memiliki bentuk layaknya seperti sisik.

Ada banyak manfaat dari buah naga merah ini. Apalagi, kandungan nutrisi didalamnya terbukti dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mampu memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh orang yang mengkonsumsinya.

Sayangnya, banyak orang tidak tahu bahwa banyak sekali manfaat buah naga merah ini untuk kesehatan tubuh. Nah, untuk kamu yang belum tahu, yuk kenalan dengan buah bersisik ini dan apa saja manfaat buah naga merah untuk kesehatan jika kamu mengkonsumsinya setiap hari.

12 Manfaat buah naga merah untuk kesehatan

Manfaat yang bisa didapatkan dari buah naga merah ini sangat beragam. Ada manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh tubuh secara langsung, ada pula yang membantu menghalau munculnya berbagai permasalahan kesehatan.

Setiap kandungan dari buah naga merah memiliki manfaat yang berbeda. Secara keseluruhan, berikut ini mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan buah naga merah, yaitu:

1. Menjaga kesehatan dan stamina

Salah satu manfaat adalah buah naga merah yaitu mengandung antioksidan dan berbagai vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan dan stamina.

Antioksidan adalah kandungan yang penting karena dapat meminimalkan efek radikal bebas sehingga tubuh lebih tahan terhadap penyakit.

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi, cobalah makan buah naga merah. Karena kandungan vitamin B3 dalam buah naga merah ini sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Karena jika dibiarkan terus, kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke.

3. Membantu meringankan batuk

Meskipun mengandung banyak air, makan buah naga merah tidak akan membuat batuk. Sebaliknya, kandungan vitamin B3 di dalamnya diyakini bisa membantu meringankan batuk.

4. Menyembuhkan kanker

Buah naga merah memiliki banyak kandungan dan vitamin kompleks nan menyehatkan. Para ahli percaya bahwa manfaat buah naga merah ini bisa untuk mendukung proses terapi kanker. Memang, hal itu dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Meredakan asma

Salah satu manfaat dari buah naga merah dan sangat baik dikonsumsi oleh penderita asma yaitu kandungan vitamin B3 di dalamnya diyakini mampu meredakan gejala asma yang mengganggu.

6. Menstabilkan tekanan darah tinggi

Sekali lagi, berkat kandungan vitamin B3 di dalamnya, manfaat buah naga merah ini sangat baik jika dikonsumsi oleh orang-orang dengan tekanan darah tinggi. Dengan demikian, sebelum mencoba meminum obat hipertensi, kamu harus mencoba menstabilkan tekanan darah kamu dengan makan buah naga merah yang satu ini terlebih dahulu.

7. Mencegah osteoporosis

Makan buah naga merah juga dapat membantu mencegah kerusakan tulang, atau yang biasa disebut dengan osteoporosis. Hal ini karena dalam buah-buahan berwarna cerah ini mengandung kalsium organik yang sangat baik untuk tulang.

8. Menyembuhkan diabetes

Meskipun manis, buah naga merah tidak mengandung glukosa sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa manfaat buah naga merah ini juga dapat membantu meringankan gejala diabetes.

9. Mempercantik dan menyehatkan kulit

Tidak hanya jeruk, khasiat buah naga merah yang mengandung vitamin C cukup tinggi juga dapat menjadi asupan vitamin C yang baik bagi tubuh. Apalagi, kandungan tersebut diyakini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Tidak heran, buah naga juga banyak diolah menjadi scrub cream yang dapat membantu mempercantik kulit.

10. Bantuan merawat kesehatan mata

Jika ingin mata kamu tetap sehat sampai tua nanti, makan buah naga merah bisa menjadi salah satu solusi. Karena buah yang satu ini mengandung beta-karoten yang dapat menjaga kesehatan mata sampai usia kamu tua nanti.

11. Membantu mengurangi berat badan

Bagi yang sedang diet, cobalah untuk memperbanyak makan buah naga merah. Jenis buah ini mengandung kaya serat dan rendah kalori, sehingga cocok untuk mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

12. Membantu melancarkan pencernaan

Sama seperti kebanyakan buah pada umumnya, buah naga merah mengandung air dan serat yang cukup tinggi. Jadi jangan heran jika kamu yang mengalami gangguan pencernaan bisa mengkonsumsi buah ini untuk membantu memperlancar gangguan pencernaan. Setelah makan buah naga ini, permasalahan tersebut dapat diminimalisir karena kandungan serat di dalamnya cukup tinggi.

Selain itu, ada pula banyak manfaat buah naga merah lainnya, antara lain:

  1. Membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi
  2. Menjaga kesehatan usus
  3. Membantu mencegah peradangan dalam tubuh
  4. Memenuhi kebutuhan ion dalam tubuh
  5. Membantu mencegah kram pada sendi
  6. Membantu menjaga kesehatan saraf
  7. Sebagai pewarna makanan alami
  8. Membantu menghilangkan jerawat di wajah
  9. Membantu sirkulasi darah
  10. Baik untuk ibu menyusui
  11. Membantu meringankan masalah pencernaan

Buah naga merah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh kamu. Mengingat banyak sekali manfaat buah naga merah yang bisa kamu dapatkan. Tidak heran buah ini kerap direkomendasikan untuk dikonsumsi secara teratur.