Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » 19 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu hamil dan Janin

19 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu hamil dan Janin

  • by
Manfaat Buah Manggis

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil ternyata cukup banyak. Pasalnya, pada masa kehamilan, Ibu perlu makan makanan sehat sebagai asupan nutrisi ke janin. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Dari sekian banyak buah-buahan yang menyegarkan, salah satu buah yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah buah manggis. Ada banyak manfaat manggis untuk ibu hamil.

Manggis (Garcinia mangostana) sering dijuluki “ratu buah”. Buah ini adalah jenis buah eksotis yang berasal dari Asia Tenggara dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Cari tahu lebih lanjut tentang manfaat manggis untuk ibu hamil berikut.

Buah-buahan umumnya dianjurkan untuk wanita hamil, tidak terkecuali manggis. Pada dasarnya, manggis diyakini mengandung antioksidan, antibiotik, dan antivirus yang tinggi. Dari kandungannya, berikut beberapa manfaat buah manggis untuk ibu hamil.

[tabby title=”Manfaat manggis untuk kesehatan ibu hamil”]

1. Memperlancar pencernaan

Masalah pencernaan sering dikeluhkan banyak wanita saat hamil. Namun, makan manggis dapat mengurangi kemungkinan resiko terjadinya masalah ini karena buah manggis mengandung serat alami yang dapat menyehatkan sistem pencernaan. Buah manggis dapat memicu aktivitas bakteri baik dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh wanita hamil yang menderita infeksi diare dan saluran kemih. Namun, untuk mendukung hal ini masih dibutuhkan penelitian lanjutan.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat

Manfaat manggis untuk ibu hamil diperoleh dari serat dan vitamin C di dalamnya. Serat adalah salah satu komponen yang diperlukan dalam sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin C dapat mengoptimalkan kinerja sel-sel yang mendukung sistem kekebalan dalam tubuh.

Selain itu, sifat antibakteri yang dimiliki buah manggis juga bisa melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh sehingga tidak sampai ke janin. Namun, khasiat ini masih harus diteliti lebih lanjut.

3. Menstabilkan tingkat gula darah

Beberapa wanita hamil, mengalami diabetes gestasional yang tidak jarang terjadi hanya selama kehamilan. Mengkonsumsi buah manggis diyakini mengurangi risiko ini karena adanya kandungan antioksidan yang disebut xanthones.

Kandungan serat juga berpengaruh pada manfaat manggis untuk ibu hamil kali ini.
Karena serat tersebut mampu mengontrol kadar gula dalam darah dan mengurangi kemungkinan resistensi insulin, tetapi klaim ini juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Janin jadi lebih sehat

Manfaat buah manggis tidak hanya dirasakan oleh wanita hamil, tetapi juga bagi bayi. Salah satu kandungan folat dari buah manggis bermanfaat untuk mencegah kelainan bawaan, seperti gangguan pada otak dan sumsum tulang belakang.

Selain kandungan asam folat, buah manggis juga mengandung mangan, zat gizi yang dibutuhkan dalam pembentukan sistem kerangka janin. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah manggis juga bertindak untuk mencegah kerusakan sel pada janin.

[tabby title=”15 manfaat manggis untuk ibu hamil”]

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh wanita akan menurun dan dengan demikian lebih rentan terhadap penyakit. Penurunan sistem kekebalan tubuh ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi saat memasuki kehamilan.

Dalam rangka meningkatkan sistem kekebalan tubuh tersebut, salah satunya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah manggis. Manfaat buah manggis bagi wanita hamil salah satunya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini tidak lain karena buah ini mengandung vitamin C dan kaya akan antioksidan sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dalam menangkal penyakit.

6. Meringankan masalah sembelit

Salah satu masalah yang sering dialami oleh wanita hamil adalah gangguan pencernaan seperti sembelit. Sembelit adalah suatu kondisi di mana tubuh sulit untuk buang air besar (BAB). Buah manggis kaya akan serat (3,7 gram / 50 gram), sehingga efektif untuk mencegah atau mengobati sembelit yang sering terjadi saat hamil.

7. Meningkatkan metabolisme

Metabolisme menurun juga menjadi masalah lain yang sering dialami ibu hamil. Dalam rangka meningkatkan metabolisme, mengkonsumsi manggis adalah salah satu dari beberapa solusi yang bisa dipilih. Kandungan vitamin B kompleks pada buah manggis dikenal baik bagi wanita hamil.

8. Mengatasi kelelahan

Tidak sedikit wanita yang mengeluh kelelahan selama periode kehamilan. Salah satu cara mengatasi kelelahan pada wanita hamil adalah dengan mengkonsumsi buah manggis. Manfaat buah manggis untuk wanita hamil ini tidak lain karena kandungan zat anti-inflamasi ini diyakini mampu mengatasi kelelahan yang biasanya menyerang daerah panggul dan kaki.

9. Pembentukan jaringan kartilago

Manggis adalah buah yang mengandung 0,3 gram mangan untuk setiap 50 gramnya. Kehadiran mangan sangat baik untuk wanita hamil. Mangan adalah zat yang berperan dalam pembentukan jaringan tulang rawan pada janin.

Tidak cukup asupan mangan saja, untuk meningkatkan potensi bayi lahir secara sehat asupan mangan haruslah mencukupi. Karena, janin dengan asupan mangan cukup memiliki risiko lebih rendah terkena kanker dibanding yang tidak.

Bagi kamu yang baru saja memasuki usia trimester pertama kehamilan atau sudah di kedua dan ketiga trimester, maka tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi buah ini kedalam daftar menu sehari-hari.

10. Mencegah bayi lahir cacat

Orang tua pasti tidak menginginkan anak-anak mereka lahir dengan cacat, bukan? Untuk mencegah bayi lahir dengan kondisi tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi manggis. Manfaat manggis untuk ibu hamil tidak lain karena kandungan folat di dalamnya, yaitu sekitar 65 mikrogram per 50 gram buah manggis.Mengkonsumsi buah manggis selama kehamilan sangat efektif dalam membantu pertumbuhan janin, terutama di otak dan sumsum tulang belakang, sehingga risiko cacat di bagian tubuh dapat diminimalkan.

11. Menurunkan kolesterol

Bagi wanita hamil yang memiliki tingkat kolesterol jahat (LDL) tinggi, mengkonsumsi manggis adalah salah satu cara menurunkan kolesterol tersebut.

12. Mencegah Preeklamsia

Preeklamsia adalah masalah kesehatan umum dialami ibu hamil. Preeklamsia terjadi karena pembuluh darah mengalami tekanan selama kehamilan, bisa disebabkan pola makan yang salah dengan riwayat hipertensi yang dimiliki.

Mengingat preeklampsia dapat menyebabkan komplikasi serius seperti keguguran, bayi lahir dengan cacat, bahkan kematian bagi ibu dan janin, maka mencegah kondisi ini terjadi adalah suatu keharusan, dan salah satu manfaat dari buah manggis untuk wanita hamil adalah menghindari terjadinya preeklampsia.

13. Mencegah stretch mark pada perut

Munculnya stretch mark sering menjadi momok bagi wanita hamil. Bagaimana bisa? Stretch mark dapat mengurangi keindahan kulit perut. Nah, salah satu mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi buah manggis.

Tak hanya buah jeruk, kandungan vitamin C dalam buah manggis diyakini baik tuk menjaga elastisitas kulit. Kulit yang elastis tentu dapat beradaptasi dengan perkembangan janin yang terus tumbuh sehingga tidak akan meninggalkan bekas yang sering disebut stretch mark.

14. Meningkatkan sel kulit mati

Kehamilan menyebabkan banyak sel kulit mati dan rusak. Untuk memperbaikinya, kamu dapat mengkonsumsi manggis. Kandungan xanthone dalam senyawa buah manggis menghasilkan sifat yang mampu memperbaiki sel-sel kulit mati.

15. Mengatasi munculnya jerawat

Selama kehamilan, hormon androgen kerap menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Untuk menghilangkan masalah ini, wanita hamil disarankan untuk mengkonsumsi bahan-bahan alami, termasuk buah manggis karena buah ini bisa memberikan antioksidan yang efektif mengusir jerawat.

16. Menjaga kesehatan jantung

Merawat manfaat kesehatan jantung dari buah manggis adalah untuk wanita hamil muda dan hamil berikutnya sama pentingnya.

Manggis diperkaya dengan potasium, zat memiliki peran penting dalam mengendalikan irama jantung agar ideal. Selain itu, potasium manggis juga efektif mengontrol tekanan darah.

17. Minimalkan risiko diabetes

Diabetes gestasional adalah penyakit yang sering mempengaruhi wanita hamil, terutama selama trimester ketiga kehamilan. Selain diwajibkan untuk melakukan kegiatan sehat seperti berolahraga secara teratur, para ibu hamil ini juga diwajibkan untuk menjaga berat badan mereka dan mengkonsumsi buah manggis secara teratur.

Cara ini diyakini mampu meminimalisir terjadinya diabetes gestasional yang dapat menyebabkan komplikasi serius seperti keguguran dan preeklampsia ini. Khasiat buah manggis untuk ibu hamil yang satu ini tidak lain karena kandungan OPC dan senyawa asam tanat yang disebut dapat menurunkan kadar gula darah.

18. Meningkatkan nafsu makan

Kehamilan sering membuat nafsu makan menurun. Bahkan, hal ini tidak baik untuk ibu dan janin. Apalagi, calon bayi membutuhkan asupan nutrisi sehat yang cukup, di mana nutrisi tersebut diperoleh dari makanan.

Dalam rangka mengatasi masalah hilangnya nafsu makan pada ibu hamil, ternyata bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah manggis. Kandungan vitamin B1 dalam manggis diyakini efektif dalam meningkatkan nafsu makan, bahkan menghilangkan rasa mual yang melanda wanita hamil, terutama perempuan hamil muda.

19. Memperbaiki mood

Makan buah secara teratur juga diklaim mampu meningkatkan mood ibu hamil. Karena memang ibu hamil wajib untuk selalu berada dalam suasana hati dan pikiran yang baik. Tentu saja hal ini demi dirinya dan janin tetap sehat sehingga tumbuh kembang si bayi tetap terjaga.

[tabbyending]

Untuk bisa merasakan manfaat buah manggis untuk ibu hamil tentu tidaklah sulit, Ibu cukup mengkonsumsi dalam bentuk segar saja. Seperti buah lainnya, tetap ada kemungkinan ibu mengalami reaksi alergi setelah makan buah manggis. Umumnya, reaksi alergi ditandai dengan rasa gatal di lidah atau di sekitar mulut. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah manggis juga dapat bereaksi bagi seseorang yang menjalani terapi radiasi atau kemoterapi.

Meski begitu, bukan serta merta ibu menjadikan buah ini sebagai referensi pengganti vitamin atau suplemen yang diresepkan oleh dokter kandungan. Ketika ibu ingin mengkonsumsi buah manggis saat masa hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait .