Home » Biologi » Manfaat Biologi di Bidang Kedokteran, Apa Saja Itu?

Manfaat Biologi di Bidang Kedokteran, Apa Saja Itu?

  • by

Manfaat biologi di bidang kedokteran, apa saja itu? Sebagai studi tentang seluk beluk kehidupan bagi manusia, manfaat Biologi tentu sangat penting. Berdasarkan ilmu murni Biologi, kini telah mengembangkan berbagai ilmu terapan (bioteknologi) yang berpengaruh pada kemajuan dunia melalui, farmasi, industri, pertanian, peternakan, dan perikanan.

Bagaimana pemanfaatan biologi untuk kedokteran? Apakah telah dilaksanakan dengan baik? Untuk itu mari kita belajar lebih lanjut mengetahui manfaat Biologi di bidang kedokteran. Di masa lalu banyak masalah penyakit yang tidak diketahui apa penyebab dan cara pengobatannya, sehingga cara yang ditempuh untuk mencegah atau mengobati itu dilakukan dengan tidak benar.

Tapi perkembangan ilmu biologi mulai berrkembang, terutama dalam cabang ilmu: anatomi dan fisiologi manusia, mikrobiologi, virologi dan patologi, telah membantu banyak dokter dalam memahami penyebab gangguan tersebut.

Dengan demikian para dokter berhasil mencegah berbagai penyakit dan menyembuhkan masalah kesehatan yang menakutkan bagi manusia. Berikut ini adalah contoh sumbangan dari cabang Biologi di bidang kesehatan dan atau kedokteran.

Para pasien yang mengalami kerusakan satu organ tubuhnya, telah mendapatkan jalan keluar melalui teknik transplantasi organ (grafting). Transplantasi organ tubuh telah berhasil dilakukan oleh para dokter diantaranya adalah transplantasi ginjal, jantung, sumsum tulang belakang dan hati.

Teknik fertilasi invitro telah diterapkan tidak hanya pada hewan, tetapi juga dilakukan pada manusia. Teknik ini dapat membantu istri pasangan yang sulit mendapatkan keturunan karena suatu kelainan. Cara ini memungkinkan para pasangan mendapatkan keturunan.

Mikrobiologi medis telah mengidentifikasi beberapa jenis mikroba yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Dengan demikian, antibiotik untuk mikroba ini dapat dibuat menggantikan gen sebelumnya dengan gen flu manusia. Hasil virus kombinasi buatan ini kemudian dipersiapkan sebagai basis untuk pembuatan vaksin.

Nah, itulah manfaat biologi di bidang kedokteran yang bermanfaat untuk kehidupan manusia.