Home » Pelajaran » Management Trainee Adalah? Ini 6 Penjelasannya

Management Trainee Adalah? Ini 6 Penjelasannya

  • by
Management Trainee Adalah Ini 6 Penjelasannya

Management trainee adalah proses pelatihan karyawan baru yang dipekerjakan oleh perusahaan dengan memberikan wawasan dan pelatihan pada unit dan bisnis profil perusahaan, dan hasil yang diharapkan dari pelatihan dan pengembangan ini adalah karakter dan calon karyawan baru yang memiliki kualitas untuk dipilih dan dipromosikan ke tingkat level manajemen di perusahaan.

Sebuah program management trainee atau (MT) secara umum memungkinkan karyawan untuk mengikuti berbagai jenis kegiatan dan keterampilan mengenai bakat masing-masing peserta.

Lama pelatihan ini tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan, ada yang melaksanakannya dalam waktu 6 bulan, bahkan hingga 1 tahun.

Mereka diberi pelatihan dan pengetahuan yang berkaitan dengan prosedur operasional perusahaan, keterampilan perencanaan, manajemen bisnis, manajemen risiko, dan rencana pengelolaan.

Selain penguasaan materi, peserta juga langsung menjalankan praktek kerja langsung dengan kegiatan sehari-hari perusahaan.

Pengertian management trainee dan Manfaatnya

Program management trainee sendiri memiliki standarisasi yang cukup tinggi pada calon pesertanya

Termasuk memberikan indek kumulatif (IPK) minimal 3 pada lulusan perguruan tinggi baru, dan memiliki kemampuan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, keterampilan organisasi dan komunikasi, dan memiliki keahlian khusus di luar akademik .

MT dibuat dan dirancang untuk mempersiapkan calon untuk perusahaan manajemen di masa depan.

Untuk melakukan tugas-tugas dalam pelatihan magang, biasanya perusahaan meminta bantuan ahli konsultasi yang berpengalaman dengan manajemen SDM.

Hal ini karena mereka menganggap sumber daya manusia merupakan aset berharga bagi kemajuan perusahaan.

Manfaat utama manajemen trainee

Manfaat langsung dan positif dari perusahaan yang menerapkan prosedur management trainee antara lain:

  1. Dapat menilai, mengevaluasi dan memilih kandidat manajemen yang berkualitas
  2. Menjamin ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas dan keterampilan yang akan diangkat ke tingkat eksekutif perusahaan.
  3. Memberikan informasi dan mengembangkan karakter calon manajemen.
  4. Memberikan pelatihan tentang prosedur operasi standar perusahaan.
  5. Sebagai pelatihan dan manajemen sumber daya manusia dalam bisnis perusahaan
  6. Cara untuk meningkatkan keterampilan manajemen
    dan produktivitas bisnis

Proses manajemen trainee memiliki peran penting untuk pengembangan visi dan misi perusahaan di masa depan. Khususnya agar dapat bersaing dalam dunia bisnis sesama kompetitor perusahan.

6 Hal penting tentang management trainee

1. Tidak hanya belajar dan praktek

Berbeda dengan praktek atau belajar saja, peserta management trainee ini adalah pegawai tetap. Oleh karena itu dalam gaji dan tunjangan akan berbeda dari karyawan pada umumnya.

Oleh karena itu, banyak lulusan lebih memilih untuk menjadi management trainee dibandingkan mencari posisi magang terlebih dahulu.

Management trainee akan menerima gaji bulanan sebagai karyawan tetap. Hak untuk kesehatan dan transportasi yang biasanya akan diberikan.

2. Karir fast track

Tentunya tidak ada karyawan yang menginginkan posisi yang tidak aman, kan? Diterima dan bekerja di perusahaan pastinya akan menjadi kebanggaan bagi lulusan baru.

Berbeda dengan management trainee, yang dari awal dirancang untuk menjadi pemimpin di tingkat manajemen. Karir di posisi ini lebih mudah untuk dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi.

3. Dibayar untuk belajar

Alasan lain, jika kamu biasanya harus membayar untuk belajar sesuatu, sebaliknya dengan menjadi management trainee, secara tidak langsung kamu akan dibayar untuk belajar banyak hal tentang perusahaan dan diri sendiri.

Belajar secara penuh mengenai sistem operasi perusahaan, bagaimana bisnis dijalankan di sana, bagaimana menemukan klien, dan belajar mengenai posisi yang dibutuhkan di sana.

Bahkan ada pekerjaan dan tanggung jawab yang harus diselesaikan, tetapi lebih ditujukan pada proses belajar agar bisa memahami bagaimana posisi dan jobdesknya nanti.

4. Bekerja sesuai dengan minat dan bakat

Seperti yang saya sebutkan di awal, sistem manajemen train berbeda dengan menjadi karyawan magang.

Sebagian besar perusahaan menggunakan sistem ini untuk proses generalisasi. Misalnya, apakah akan memulainya dari divisi keuangan, pemasaran, komunikasi, ataupun rantai pasokan dan bisnis.

Dalam melakukan hal ini, pengawas dapat melihat dan mengetahui mana yang terbaik dan sesuai dengan kemampuan kamu.

Namun, ada juga perusahaan yang telah menentukan spesifikasi tertentu bagi para karyawan management trainee. Jika demikian, kamu harus memahami terlebih dahulu peran dan job desk kamu kelak. Paling tidak kamu memiliki ketertarikan dan merasa nyaman bekerja di divisi tersebut.

5. Mengembangkan kemampuan untuk bekerja sama

Menjadi management trainee juga berarti mengembangkan kemampuan untuk bekerja dalam tim. Pertama, karena akan menjadi tim dengan management trainee lain. Biasanya, jumlahnya tidak banyak, hanya belasan atau dua puluh dari yang diterima untuk setiap periodenya.

Tidak hanya itu, kamu juga diharuskan untuk mencoba divisi yang berbeda pada periode tertentu. Tentu saja, hal ini juga membuat kamu bekerja dengan karakter orang yang berbeda dari berbagai divisi.

6. Mengajarkan banyak hal terkait dengan kepemimpinan

Management trainee akan diajarkan mengenai banyak hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Jelas, karena program ini dirancang untuk posisi manajemen, wajar jika kamu akan mendapatkan banyak pembelajaran yang berkaitan dengan kepemimpinan.

Misalnya, kemampuan untuk berpikir kreatif, bekerja di bawah tekanan, memimpin orang lain dan kemampuan untuk kerja sama dalam tim.

Beberapa pembelajaran juga dapat diperoleh dari supervisor langsung. Biasanya, supervisor yang membimbing kamu adalah manajer yang saat ini menjabat sesuai dengan posisi dan divisinya masing-masing.

Itulah beberapa penjelasan mengenai management trainee. Wajar saja jika posisi management trainee adalah posisi yang sangat diminati, khususnya oleh para lulusan baru atau fresh graduate.