Makna dari Lambang Pancasila, Ini Penjelasannya

Makna dari lambang pancasila – Tidak hanya para pelajar, sebagai warga negara Indonesia, tentu kita harus tahu makna dari lambang pancasila. Hal itu berupakat bentuk nasionalisme
terhadap bangsa dan negara ini.

Dalam pendidikan kewarganegaraan, terutama Pancasila, tentu kita harus memahami dengan baik mengenai apa itu Pancasila dan makna dibaliknya. Apalagi, Pancasila adalah dasar negara sekaligus ideologi bangsa Indonesia.

Lalu apa makna lambang Pancasila? Sebelum membahas lebih lanjut, kita akan mengenal terlebih dahulu penjelasan mengenai Pancasila.

Makna dari lambang pancasila

Berdasarkan asal katanya, Pancasila terdiri dari dua suku kata, yaitu Panca dan Sila. Panca berarti lima dan sila berarti dasar. Jadi, Pancasila adalah lima dasar dari negara kesatuan Republik Indonesia. Pada perisai yang terdapat di dada burung garuda, terdapat beberapa simbol yang melambangkan sila Pancasila. Berikut adalah 5 makna dari lambang Pancasila:

1. Lambang bintang

Simbol bintang dengan latar belakang hitam melambangkan dasar ketuhanan yang maha Esa. Lambang ini menyiratkan bahwa bangsa Indonesia adalah negara religius yang percaya dan berasaskan pada Ketuhan Yang Maha Kuasa, sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Simbol gambar bintang digunakan sebagai simbol sila pertama di Pancasila yang bermakna Tuhan Yang Maha Kuasa.

2. Lambang rantai

Gambar rantai dengan latar belakang merah bermakna kemanusiaan yang adil dan beradab. Simbol gambar ini digunakan sebagai simbol sila kedua Pancasila. Rantai sebanyak 17 buah dan terhubung satu sama lain juga melambangkan generasi-generasi bangsa yang kuat dan bersatu.

3. Lambang pohon beringin

Simbol ini terletak di bagian atas gambar bintang yang bermakna sebagai dasar dari persatuan Indonesia. Simbol gambar pohon beringin digunakan sebagai simbol untuk sila ketiga. Pohon beringin melambangkan tempat teduh atau tempat berlindung.

4. Lambang kepala banteng

Simbol kepala banteng terletak di bagian atas gambar bintang. Gambar kepala banteng digunakan sebagai dasar orang yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan. Kepala banteng ditafsirkan sebagai kekuatan rakyat sebagai simbol dari sila keempat Pancasila.

5. Lambang padi dan kapas

Simbol padi dan kapas melambangkan kemakmuran. Simbol gambar keduanya digunakan sebagai dasar keadilan sosial untuk semua orang Indonesia. Simbol ini terletak di kanan bawah gambar bintang dan digunakan sebagai simbol kelima Pancasila.

Itulah penjelasan mengenai beberapa gambar dan makna dari lambang pancasila.