Lulusan Ilmu Komunikasi Jadi Apa? Ini 10 Tren Pilihan Karirnya

Jurusan ilmu komunikasi ternyata cukup populer dan banyak dipilih oleh para calon mahasiswa. Apalagi, jurusan ini bisa ditemui hampir di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta.

Dengan fokus studi terhadap aspek komunikasi secara luas, diharapkan para mahasiswa kedepannya bisa memahami dengan baik mengenai proses komunikasi, pembuatan pesan yang efektif, serta pemanfaatan media dan perkembangannya.

Karena luasnya cakupan bidang ilmu ini, biasanya jurusan ilmu komunikasi membagi fokus studi kedalam beberapa pilihan, seperti jurnalistik, hubungan manusia, periklanan, dan komunikasi pemasaran.

Mengingat luasnya aspek komunikasi sebagai bidang keilmuan, tentunya semakin banyak juga industri dan peluang karir yang bisa mereka pilih.

Artikel kali ini akan menjelaskan potensi karir yang dapat dipilih oleh para lulusan ilmu komunikasi. Khususnya bagi para calon lulusan ilmu komunikasi yang masih meraba-raba dan belum menentukan pilihan profesi dan karir mereka kedepan. Untuk kamu lulusan ilmu komunikasi dan belum tahu ingin jadi apa? Berikut 10 tren profesi bagi lulusan ilmu komunikasi.

1. Spesialis Public Relation dan Korporat Komunikasi

Setelah menyelesaikan studi ilmu komunikasi, banyak lulusan jurusan ilmu komunikasi yang memilih profesi sebagai public relations (PR) dan korporat komunikasi.

Jobdesk profesional di bidang ini yaitu merencanakan kampanye PR, menangani masalah isu dan pemberitaan terkait perusahaan, serta bagaimana membangun citra brand perusahaan di mata stockholder dan masyarakat secara luas.

2. Jurnalis dan Penulis

Ilmu komunikasi juga membuka pintu bagi mereka yang berbakat dalam bidang menulis. Banyak lulusan yang berkarir sebagai jurnalis, penulis berita, atau penulis di berbagai platform media konvensional maupun digital.

3. Sosial Media Spesialis

Era digital yang terus berkembang telah merubah kebiasaan masyarakat dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Begitu juga cara mereka mengkonsumsi informasi. Salah satu contohnya seperti penggunaan media sosial.

Banyak masyarakat yang kini memanfaatkan media sosial tidak hanya untuk bersosialisasi saja, namun juga untuk mencari informasi, berita ataupun hiburan.

Latar belakang dan ilmu yang didapat dari perkuliahan, diharapkan bisa membantu mereka lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan media saat ini.

Tidak heran, banyak lulusan ilmu komunikasi yang berkarir sebagai sosial media spesialis. Jobdesk yang biasa dilakukan antara lain mengelola konten, merancang strategi, dan berinteraksi dengan audiens.

4. Market Research

Memahami bagaimana tren, isu yang berkembang, dan kebiasaan konsumen adalah hal terpenting bagi perusahaan. Lulusan dari jurusan ilmu komunikasi ternyata bisa berkarir sebagai seorang market research dan analyst.

Profesi ini dapat membantu perusahaan memahami tren dan preferensi konsumen yang sedang terjadi saat ini. Sehingga, perusahaan dapat menentukan langkah terhadap produk, jasa ataupun hal yang berkaitan dengan bisnis mereka kedepannya.

5. Berkarir di Dunia Politik

Pemahaman mereka dalam bidang komunikasi bisa menjadi modal berharga dalam dunia politik. Lulusan ilmu komunikasi dapat menjadi konsultan politik, juru bicara, atau terjun langsung ke dalam politik praktis.

Kemampuan mereka dalam berkomunikasi, berdiskusi dan berdialog, tentu bisa membantunya lebih mudah dalam menyampaikan aspirasi.

6. Digital Marketing

Dalam dunia bisnis yang semakin terdigitalisasi, lulusan ilmu komunikasi dapat menjadi ahli digital marketing. Kemampuan untuk merumuskan pesan yang efektif sangat penting bagi perusahaan agar bisa menjangkau target audiens yang lebih luas, termasuk membuat strategi pemasaran digital yang lebih efektif.

7. Pengembangan Organisasi dan Komunitas

Lulusan ilmu komunikasi juga memiliki keahlian dalam mengelola hubungan antarindividu dan kelompok. Hal ini membuat mereka lebih kompeten dalam pengembangan organisasi, manajemen komunikasi internal, membangun komunitas pelanggan, sekaligus di bidang pelatihan karyawan.

8. Fotografi dan Videografi

Visualisasi merupakan aspek penting dalam komunikasi. Lulusan ilmu komunikasi dengan minat fotografi dan videografi dapat bekerja dalam industri kreatif, seperti produksi video, dokumentasi, atau fotografi jurnalistik.

9. Konsultan Komunikasi Independen

Beberapa lulusan jurusan ilmu komunikasi juga memilih bekerja sebagai konsultan komunikasi independen bagi perusahaan atau individu yang memerlukan masukan dan bimbingan dengan lingkup bidang komunikasi.

Beberapa contohnya seperti konsultan periklanan, membuat pidato politik, serta membantu membuatkan presentasi yang baik bagi perusahaan yang ingin melakukan pitching.

10. Pendidikan dan Pelatihan

Mengajarkan keterampilan komunikasi yang efektif kepada orang lain juga merupakan opsi karier yang menarik. Lulusan ini dapat menjadi pengajar, pelatih, atau instruktur dalam lembaga pendidikan, pusat pelatihan, atau perusahaan swasta. Contohnya mengajar public speaking ataupun melatih skill komukiasi bagi para sales di sebuah perusahaan.

Lulusan ilmu komunikasi memiliki beragam peluang karir yang menarik. Dari beberapa pilihan karir, PR, digital marketing, sosial media spesialis, jurnalis dan konsultan komunikasi merupakan pilihan yang cukup diminati.

Kunci sukses meniti karir di bidang ilmu komunikasi adalah peka terhadap isu dan tren yang sedang terjadi saat ini. Asah terus skill dan keterampilan dalam memanfaatkan tools dan perangkat pendukung.

Sesuaikan juga hal itu dengan minat dan bakat pribadi yang kamu miliki. Dengan ketiga tersebut, diharapkan kamu bisa menemukan jalur karir yang sesuai dengan impian dan cita-cita kamu kedepan.