Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » Lamanya Waktu Tidur yang Cukup Sebaiknya pada Malam Hari, Yaitu?

Lamanya Waktu Tidur yang Cukup Sebaiknya pada Malam Hari, Yaitu?

lamanya waktu tidur yang cukup sebaiknya pada malam hari yaitu 4350 3

Lamanya waktu tidur yang cukup sebaiknya pada malam hari yaitu? Setiap manusia pasti membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan tubuhnya. Tak heran, tidur berperan penting bagi kesehatan dan kehidupan manusia. Kurang tidur bisa menyebabkan tubuh kurang fit, kelelahan hingga menyebabkan jatuh sakit.

Nah, tak hanya sekedar beristirahat, tidur pun membutuhkan waktu yang cukup agar tubuh bisa beristirahat secara maksimal. Lantas, berapa sih lamanya lamanya waktu tidur yang cukup sebaiknya pada malam hari?

Lamanya waktu tidur yang cukup sebaiknya pada malam hari, yaitu 8 jam

Mengapa lama waktu tidur yang cukup sebaiknya 8 jam?

Berdasarkan data yang dimuat oleh Curejoy, pada dasarnya tubuh manusia mampu menyesuaikan siang dan malam untuk menentukan pola tidurnya. Meski begitu, namun tak semua orang memiliki waktu dan jam tidur yang sama. Waktu tidur ideal manusia dimulai pukul 10 malam, dan bangun di keesokan harinya pada jam 6 pagi.

Namun, beberapa ahli menyarankan untuk tidur selama 8 malam di karenakan lama waktu tersebut bisa meningkatkan kualitas dan kesegaran tubuh saat pagi harinya. Sehingga tubuh akan lebih fit saat menjalani aktifitas di kesekona harinya. Waktu tidur 8 jam juga dikatakan cukup ideal karena bisa membuat kamu tidak akan merasa ngantuk atau ingin tidur siang keesokan harinya.

Menurut para ahli, setiap orang memang memiliki waktu tidur dan waktu bangun yang berbeda, namun kamu bisa menyesuaikan waktu yang pas dengan rutinitas harian atau kesibukan yang sedang kamu kerjakan. Selama hal itu cukup, atau tidak kurang dari 8 jam, maka kualitas tidur akan lebih terjaga. Pada dasarnya jam waktu tidur orang dewasa berkisar antara 7-9 jam. Tidur selama 12 jam atau lebih pun tidak disarankan. Bahkan sebaiknya dihindari karena kebiasaan ini akan berdampak buruk pada kesehatan. Begitu juga dengan tidur di sore hari.

Fakta dan keuntungan tidur yang cukup selama 8 jam

Satu studi tentang pekerja di Jepang ditemukan, tidur yang terlambat atau terlalu larut memiliki hubungan signifikan dengan gejala depresi. Studi lain yang meneliti mengenai pola tidur siswa sekolah, menunjukan siswa yang teratur waktu dan jam tidurnya memiliki prestasi akademik yang lebih baik, daripada mereka yang tidur tidak teratur atau suka begadang.

Nah, dari pembahasan tersebut bisa disimpulkan jika lamanya waktu tidur yang cukup sebaiknya pada malam hari yaitu 8 jam.