Konsep Strategi Komunikasi Pemasaran Langsung bagi Bisnis

Beranda ยป Konsep Strategi Komunikasi Pemasaran Langsung bagi Bisnis

Konsep strategi komunikasi pemasaran bukan hanya melibatkan usaha atau bisnis skala besar saja.

Penerapan ini juga berlaku pada sektor skala usaha kecil dan bisnis menengah.

Jika ditelaah lebih lanjut, komunikasi pemasaran adalah dua aspek bidang ilmu berbeda yang menjadi kesatuan, yaitu komunikasi dan pemasaran.

Komunikasi sebagai aspek yang meninjau proses penyampaiannya, sedangkan pemasaran adalah aspek yang meninjau bagian sisi ekonominya.

Itulah kenapa keduanya memiliki korelasi yang erat.

Dengan strategi komunikasi yang efektif, value produk dapat diterima dengan baik oleh audiens.

Dengan strategi pemasaran yang tepat, sales penjualan dapat tercapai.

Sebelum membahas lebih jauh tentang strategi komunikasi pemasaran langsung, kita akan mendefinisikan terlebih dahulu pengertian komunikasi dan pemasaran secara terpisah.

Pengertian komunikasi

Dalam strategi komunikasi pemasaran, komunikasi bisa diartikan sebagai proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, bahkan masyarakat dalam menciptakan dan mendistribusikan informasi agar tetap saling terhubung.

Kesuksesan proses komunikasi tentu ditentukan oleh perencanaan komunikasi yang baik.

Perencanaan bukan hanya sebatas konsep dan ide saja, namun juga mengimplementasikannya di lapangan.

Pengertian strategi komunikasi

Pengertian strategi komunikasi adalah membangun perencanaan komunikasi (communication planning) dan manajemen komunikasi (communications management) demi tercapainya suatu tujuan.

Dalam mencapai tujuan tersebut, tentu kita juga harus mempertimbangkan persoalan taktis dan teknis.

Hubungan antara komunikasi dan pemasaran

Komunikasi sangat diperlukan dalam setiap lini kehidupan manusia.

Bukan hanya kehidupan sosial, namun juga membangun hubungan jual-beli.

Contohnya, keterampilan komunikasi akan dibutuhkan ketika memperkenalkan produk atau jasa kepada calon konsumen.

Dengan mempelajari komunikasi, maka penyampaian informasi tersebut dapat dilakukan lebih inten dan efektif.

Selain itu, komunikasi juga berperan sebagai sarana untuk mendapatkan feedback yang membangun.

Bagaimana dengan pemasaran?

Proses pemasaran lebih bertujuan untuk meningkatkan value produk.

Lalu hubungannya?

Tanpa diimbangi dengan komunikasi yang baik, tentu hasilnya nol.

Mengapa? Karena komunikasi adalah bagian dari proses pemasaran. Seperti dalam 4P, yaitu price, product, place dan promotion.

Komunikasi akan masuk ke dalam ranah promotion.

Begitu juga sebaliknya.

Komunikasi yang baik, namun salah dalam merancang perencanaan pemasaran, hasilnya juga tidak baik.

Misalnya, iklan menarik dengan bintang iklan terkenal, slogan dan script iklannya pun mampu memotivasi audiens untuk membeli. Namun sayangnya, produk tersebut tidak bagus dan sulit didapatkan. Apakah bisa terjadi penjualan?

Tujuan strategi komunikasi pemasaran

Secara umum, ada tiga tujuan strategi komunikasi pemasaran.

Merubah knowledge atau pengetahuan

Pada tahap ini, memberikan pengetahuan yang cukup tentang produk kepada audiens adalah hal penting.

Aspek knowledge bisa berorientasi pada produk, seperti bentuk produk, kegunaan produk, dan untuk siapa produk tersebut diciptakan.

Merubah sikap

Perubahan sikap tentu bertujuan untuk mengarahkan konsumen agar memiliki keinginan untuk mencobanya. Ada tiga komponen yang terdapat dalam aspek sikap.

Efek kognitif

Efek ini adalah kesadaran konsumen terhadap produk.

Efek afektif

Efek ini yang berperan untuk merubah aspek pengetahuan, kepercayaan atau keyakinan konsumen pada produk yang ditawarkan.

Efek behavior

Efek ini berupa pengaruh yang memotivasi calon konsumen melakukan sesuatu atau call to action. Misalnya, melakukan pembelian langsung atau mengajaknya menuju dept store atau toko penjualan terdekat.

Dengan kata lain, efek-fek ini membentuk pengaruh pada pola pikir konsumen agar menjadi perilaku selanjutnya. Yaitu, melakukan pembelian hingga melakukan pembelian berkelanjutan (repeat order).

Setelah itu, tugas kita adalah menjadikannya konsumen loyal dan tidak beralih pada produk kompetitor sejenis.

Bagaimana melakukan komunikasi pemasaran langsung

Penerapan strategi komunikasi pemasaran dalam konsep pemasaran langsung akan melibatkan hubungan yang lebih personal.

Jika ingin menjaga hubungan tersebut, maka buatlah jaringan konsumen.

Lakukan komunikasi secara intens dengan dengan konsumen.

Seberapa intens?

Intens bukan dalam artian sesering mungkin, namun sebagai brand kita harus tetap terkoneksi dengan konsumen.

Jika mempunyai produk terbaru ataupun promo menarik, lakukan follow up secara berkala.

Misalnya, kita dapat melakukannya dengan telemarketing.

Jika belum mengetahui telemarketing secara keseluruhan, pahami terlebih dahulu apa itu telemarketing dan bagaimana prosesnya.

Komunikasi pemasaran langsung mungkin terlihat sebagai proses sederhana.

Namun, cukup sulit diimplementasikan.

Wajar saja jika proses ini membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Jika target marketnya luas, maka akan banyak waktu dan biaya yang dikeluarkan.

Namun jika margin keuntungannya cukup besar, menerapkan strategi komunikasi pemasaran langsung sebagai strategi pemasaran tentu lebih berpotensi menghasilkan penjualan.

Scroll to Top