Komet Halley Melintas Bumi Tiap Berapa Tahun Sekali? Ini Jawabannya

Komet halley melintas bumi tiap berapa tahun sekali? – Komet Halley melintasi bumi tiap 75 atau 76 tahun sekali. Komet ini adalah salah satu komet paling populer di dunia.

Nama resmi komet ini adalah 1p / Halley, tetapi masyarakat umum lebih mengenalnya dengan nama komet Halley.

Beberapa informasi dan fakta mengenai komet Halley

Halley diambil dari nama Edmund Halley, seorang ilmuwan dari Inggris yang sebelumnya memperkirakan kedatangan komet ini setiap 76 tahun sekali. Karena estimasi itu benar, komet itu bernama Halley.

Komet ini adalah satu-satunya komet dengan periode pendek yang dapat dilihat dengan menggunakan mata telanjang. Terakhir, komet Halley dilihat pada tahun 1986 dan diperkirakan akan muncul kembali pada pertengahan 2061. Berikut beberapa fakta mengenai komet ini.

1. Komet Halley pertama kali ditemukan oleh seorang astronom Inggris bernama Edmund Halley

Edmund Halley mengungkapkan komet yang telah diamati beberapa kali pada tahun 1531, 1607, dan 1682. Dia memperkirakan bahwa komet Halley akan kembali dapat diamati dari bumi pada tahun 1758. Namun sayangnya, Edmund Halley tidak bisa lagi bersaksi karena dia meninggal pada 1742.

2. Komet Halley terakhir diamati dari bumi sejak tahun 1986

Di era modern, komet Halley masih diamati dan ditunggu kehadirannya di langit. Pada tahun 1986, terakhir kali komet Halley dapat dilihat di langit.

Dengan waktu perjalanan orbit matahari selama 75-76 tahun, komet Halley baru dapat diamati lagi dari bumi sekitar tahun 2061.

3. Orbit komet Halley dipengaruhi oleh gravitasi dari benda ruang angkasa lain di tata surya

Meskipun komet Halley diharapkan bisa terlihat dari bumi pada tahun 2061 nanti, sebenarnya perhitungannya masih bisa berubah karena orbit komet Halley dipengaruhi oleh gravitasi benda-benda lain di tata surya.

Periode rata-rata orbit komet Halley memang 76 tahun, tetapi tidak mudah untuk menentukan kapan tepatnya komet ini muncul.

Selama berabad-abad, periode orbit komet Halley bervariasi antara 76 tahun menjadi 79,3 tahun.

4. Komet Halley akan bersinar sangat terang pada 2061 nanti

Menurut informasi dari Kementerian Astronomi dan Fisika di Universitas Michigan, komet Halley diprediksi akan kembali ke tata surya dan melintasi Bumi pada tahun 2061. Sinarnya cerah hingga menyentuh Magnitudo -0.3.

Sementara pada jarak terdekatnya dengan bumi diperkirakan berkisar antara 0,477 AU (1 AU = 150 juta kilometer). Hal inilah yang membuatnya terlihat lebih terang meskipun tidak seterang bintang Sirius.

5. Komet Halley tidak dapat dijadikan tempat tinggal bagi kehidupan manusia

Tentu saja komet Halley tidak dapat dihuni oleh manusia dan makhluk hidup lainnya, karena komet ini terdiri dari debu, es, karbon dioksida, amonia, dan metana. Elisitasi orbit komet Halley juga sangat besar, bisa sedekat jarak Venus hingga Neptunus di tata surya. Selain itu, suhu di komet Halley mencapai 77 derajat Celcius.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai komet ini. Prediksinya, komet halley melintas bumi tiap 76 tahun sekali.