Kerjasama Regional adalah Kerjasama Antara?

Kerjasama regional adalah kerjasama antara? – Setiap negara di dunia harus membangun kerja sama dalam skala internasional sebagai upaya untuk mempertahankan keberadaan dan kedaulatan negaranya. Tentunya juga untuk memenuhi kebutuhan hidup warga negara di dalamnya. Hubungan internasional ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah kerjasama regional.

Kerjasama regional adalah kerjasama antara?

Kerjasama regional adalah kerjasama yang dilakukan antara negara yang memiliki lokasi berdekatan. Kerjasama ini merupakan bentuk hubungan yang umum dilakukan oleh banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Berikut ini penjelasan lengkap tentang kerjasama regional dan pembahasan lebih lanjutnya.

Kerjasama regional adalah kerjasama yang didirikan sebuah negara dengan negara lainnya yang berada dalam satu wilayah. Hubungan ini penting karena biasanya negara yang memiliki lokasi yang sama, atau dekat, biasanya memiliki karakteristik, tujuan, dan masalah yang sama. Kerjasama ini tentu menguntungkan karena kedua pihak bisa mencari solusi bersama, sehingga hasilnya pun lebih optimal dan saling menguntungkan.

Kerjasama regional tentu melibatkan beberapa perjanjian. Perjanjian ini disebut juga sebagai perjanjian regional. Banyak perjanjian regional yang dilakukan setiap negara dengan negara lainnya. Hal ini lazim dilakukan oleh negara di berbagai penjuru dunia. Masing -masing kerjasama ini memiliki tujuan yang berbeda. Berikut ini beberapa contoh kerjasama regional:

Contoh kerjasama regional

  1. Pembentukan organisasi internasional regional seperti ASEAN, Organisasi Perjanjian Atlantik Utara, Uni Eropa, dan Organisasi Persatuan Afrika
  2. Perlindungan hak asasi manusia di daerah -daerah tertentu, misalnya Konvensi Eropa tentang Hak Asasi Manusia, Protokol terhadap Piagam Afrika tentang Hak-Hak Manusia dan Hak-Hak Perempuan di Afrika
  3. Membentuk area perdagangan atau pasar bebas dengan menghilangkan tarif bea masuk pada barang yang berasal dari sesama negara anggota untuk meningkatkan skala ekspor-impor, misalnya pasar bebas ASEAN

Keberadaan kerjasama regional bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Dijelaskan dalam jika kerjasama regional seperti yang dilakukan antara negara-negara anggota ASEAN terjadi karena faktor kesamaan, yaitu kesamaan potensi alam, geografis dan masalah yang sama dari kebanyakan anggota ASEAN.

Kesimpulannya, kerjasama regional adalah kerjasama antara negara-negara yang biasanya dilakukan dengan negara terdekat, melalui perjanjian tertentu. Salah satu contohnya, yaitu keanggotaan Indonesia di ASEAN.