Kelebihan dan Kekurangan Google AdWords untuk Pemasaran Online

Kelebihan dan kekurangan Google AdWords, apa saja itu? Apapun jenis usaha yang kamu jalani, cara pemasaran produk yang efektif adalah kunci keberhasilannya. Kegiatan pemasaran yang tepat, juga akan meningkatkan value produk kamu di mata konsumen.

Berbicara pemasaran online, pasti berhubungan pula dengan perkembangan internet saat ini. Dalam pemasaran online, meningkatkan jumlah trafik Adalah poin besarnya. Kenapa? Karena trafik pengunjung yang melimpah, memiliki peluang lebih besar untuk dikonversi menjadi konsumen.

Salah satu cara mendatang trafik dengan cepat yaitu dengan Google AdWord. Sebelum membahas lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan Google AdWords, kita akan membahas pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Google AdWords

Google AdWords adalah layanan advertising yang dikeluarkan oleh Google. Kenapa harus menggunakan Google AdWords? Karena saat ini Google adalah search engine (mesin pencari) dengan pengguna terbesar nomor satu.

Ketika mencari sebuah informasi, pasti yang akann dibuka pertama kali adalah Google, bukan begitu? Tentu besarnya pengguna Google saat ini dapat membantu menjangkau target market yang lebih luas.

Bagaimana cara kerja Google AdWords

Google AdWords akan membantu menempatkan iklan atau keyword tertentu berada ditempat strategis. Pengertian mudahnya terjangkau oleh mata pengunjung.

Ketika pengunjung memasukan keyword tertentu dan kamu pun sudah melakukan setting iklan di Google AdWords, maka iklan produk kamu akan berada di posisi atas, ataupun sebelah kanan halaman Google.

Posisi-posisi tersebut, tentu lebih berpotensi untuk diklik oleh pengunjung, dan secara otomatis, mereka akan dibawa ke situs kamu.

Platform atau jenis Google Adwords

Platform Google AdWords sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Google Search dan Google Display Network.

1. Google Search

Google Search adalah platform dari Google AdWords yang membantu proses advertising iklan melalui mesin pencarian Google. Platform search ini berdasarkan keyword yang dipilih pengiklan itu sendiri.

2. Google Display Network

Google Display Network adalah platform dari Google yang membantu memunculkan iklan pada situs-situs mitra atau jaringan Google, seperti situs yang memasang Google Adsense. Berbeda dengan Google search, platform ini memungkinkan kamu menampilkan iklan text, gambar, flash ataupun video.

Kelebihan Google Adwords

1. Jangkauan Google yang luas

Dari nama besar Google, sudah pasti kelebihan Google Adwords adalah banyaknya jumlah penggunanya. Dengan Google Adwords, produk kamu dapat di iklankan ke semua Google Network, seperti Mesin pencari Google, Youtube dan ribuan blog publisher yang menjadi mitra Google Adsense.

2. Google AdWords sangat fleksibel dan tertarget

Semua orang dapat melihat iklan kamu dan tetap tertarget. Dengan sistem dan tools dari Google, target market kamu dapat dipilih dengan sangat spesifik.

kamu dapat mengiklankan produk agar tampil pada jenis device mobile phone saja, atau hanya di jam-jam tertentu saja, bahkan membidik negara atau kota tertentu saja.

3. Laporan anggara biaya yang trasparan

Kelebihan Google AdWords lainnya, yaitu laporan iklan yang kamu terima akan tercatat dengan baik oleh sistem Google. Sistem tersebut dapat membantu kamu me-monitoring dan memanajemen pengeluaran biaya kamu dengan sangat akurat. Data yang ditampilkan bukan hanya data anggaran saja, namun juga iklan mana saja yang berpotensi.

Kekurangan Google Adwords

Setiap hal, tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga dengan layanan advertising Google AdWords.

Pemahaman yang kurang, membuat biaya dan iklan kamu tidak efektif

Salah satu hal penting dalam Google AdWords adalah pemilihan kata kunci yang tepat. Kurangnya pemahaman pebisnis UKM yang memilih beriklan secara mandiri, tentu dapat menyebabkan kurang efektifnya iklan yang dibuatnya. Imbasnya, tentu saja budget digunakan akan terbuang percuma. Jika kamu memiliki dana yang cukup, sebaiknya kamu gunakan tenaga profesional di bidang ini saja.

Sistem Pembayaran yang sulit

Prosedur pembayaran juga menjadi kekurangan Google AdWords. Saat ini, pembayaran Google AdWords hanya dapat dilakukan melalui kartu kredit. Tentu hal ini menjadi kendala tersendiri bagi beberapa pebisnis UKM yang tidak memiliki kartu kredit, walaupun sekarang sudah ada pembayaran alternatif lainnya.

Dilema memilih keyword saat menggunakan Adwords

Banyak pengusaha UKM yang kurang yakin akan berhasil jika bermain di sektor pemasaran digital saat ini. Hal ini karena banyaknya pemain dan perusahaan besar yang sudah memilih keyword nice market yang kamu bidik. Memang, hal ini dapat menjadi ketakutan tersendiri, namun tidak lantas kamu mengambil kesimpulan kamu akan kalah saing bukan?

Jika memang itu yang kamu rasakan, berpikir kreatif dalam memilih keyword AdWords dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Loh, tapi bagaimana dengan biaya dan para pemain besar tersebut?

Tenang, Google AdWords menggunakan metode Pay Per Click (PPC), yang artinya kamu hanya membayar saat iklan kamu di klik. Untuk pembayarannyapun sudah dapat menggunakan transfer bank.

Sekarang, kita akan membahas bagaimana cara memilik keyword AdWords tanpa harus takut dengan para pemain besar.Memilih Keywords AdWords Call to Action
Sebelum menggunakan Google AdWords, hal pertama yang harus kamu mulai pikirkan adalah memilih keyword seperti apa yang ingin kamu gunakan.

Misalkan, apabila bisnis kamu adalah baju muslim, jangan hanya memilih keyword “baju muslim”. Gunakan frasa yang memiliki call to action, seperti “jual baju muslim murah”.

Memilih keyword berdasarkan spesifikasi wilayah lokasi kamu. Agar mendapatkan hasil yang sesuai keinginan, maka mulailah dengan menentukan kota dan daerah lokasi bisnis kamu beroperasi. Perhatikan! fokuskan terlebih dahulu target market sesuai domisi kamu.

Terkadang, ada konsumen yang lebih memilih penjual dengan lokasi yang sama. Entah karena faktor keamanan, atapun karenaa lebih yakin jika berbelanja langsung ke toko kamu.

Contohnya, kamu mempunyai usaha pakaian dalam, maka kamu dapat memiliki keyword “jual pakaian dalam murah Bogor”.

Memilih Keyword AdWords yang Memiliki Frase Bebas dari Pengiklan Besar
Tahap selanjutnya adalah memastikan keyword AdWords yang kamu pasang memiliki frase yang hampir sama dengan keyword yang kamu bidik.

Loh, bukankah hasilnya berbeda? Memang, hasilnya akan sedikit berbeda, namun hal ini lebih baik dari pada kamu berhadapan dengan para pemain besar bukan?

Contohnya, jika kamu “jual wall sticker“, kamu dapat mengganti frasa kata ini dengan” jual stiker dinding”. Atau, jika kamu menggunakan keyword “jual baju kantor”, coba gunakan “jual pakaian kantor”.

Pastikan juga kamu memasukkan keyword di kalimat judul iklan yang kamu gunakan. Tentu para visitor akan lebih memilih iklan yang menampilkan judul keywords sesuai dengan pencarian mereka.

Untuk itu, pastikan kamu telah mempersiapkan beberapa keywords yang berfrasa mirip dan sejenis.

Tentukan seberapa besar bidding iklan

Setelah menyusun kampanye iklan AdWords kamu, inilah saatnya untuk menentukan seberapa besar budget yang kamu bidding. AdWords sendiri memiliki dua metode bidding, yaitu manual dan otomatis.

Jika kamu menggunakan manual, kamu sendirilah yang akan memiliki kontrol lebihbesar pada budget yang akan kamu keluarkan. Sedangkan otomatis, jumlah budget yang ditawarkan akan direkomendasikan oleh Google, tentunya juga harus mendapat persetujuan dari kamu.

Semakin besar bidding yang kamu berikan, maka semakin besar pula frekuensi iklan kamu ditayangkan.

Hal yang perlu kamu ingat adalah tetap memastikan, mengecek dan memeriksa iklan Google AdWords yang sudah kamu jalankan.

Google AdWords dapat membantu kamu mencari trafik dengan sangat efisiens. Semakin banyak trafik pengunjung yang datang ke website kamu, tentu semakin tinggi peluang kamu dapat mengkonversnya menjadi penjualan.

Bagai dua mata koin, Adwords memiliki kelebihan dan kekurangan. Hanya saja, saat ini mobilitas dan aktifitas manusia sudah berada di era digital. Mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus mengikuti trend pemasaran ini.

Memanfaatkan pemasaran online sebagai strategi pemasaran kamu adalah keputusan yang tepat. Begitu juga memanfaatkan Google AdWords. Semakin tingginya pengguna yang mancari informasi di Google, maka semakin tinggi juga produk kamu dikenal. Bagaimana menurut kamu, adakah kelebihan dan kekurangan Google AdWords lainnya?

Tinggalkan komentar