Home » Pelajaran » Olahraga & Kesehatan » Kenali Gejala Kekurangan Vitamin B Complex Berikut Ini

Kenali Gejala Kekurangan Vitamin B Complex Berikut Ini

  • by
Kekurangan Vitamin B Complex

Kenali Gejala Kekurangan Vitamin B Complex Berikut Ini – Kekurangan vitamin B complex dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Hal itu dikarenakan, jenis vitamin ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sel dan membuat tubuh kamu selalu berenergi. Lantas, apa saja gejala tubuh yang kekurangan vitamin B complex? Berikut ulasannya.

Gejala Kekurangan Vitamin B Complex

Tubuh kamu terasa lemas dan tidak berenergi? Bisa jadi karena kamu kekurangan vitamin B complex. Untuk memastikannya, kenali gejala kekurangan vitamin B complex berikut ini.

1. Vitamin B1 (thiamin)

Vitamin B1 dibutuhkan untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang akan digunakan oleh tubuh. Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin B1 akan mengalami gejala-gejala seperti badan lemas, gangguan daya ingat, kehilangan nafsu makan, gangguan tidur, penurunan berat badan, hingga akhirnya menderita penyakit beri-beri. Agar tidak mengalami hal tersebut, kamu bisa mendapatkan sumber vitamin B1 dari susu, telur, roti, daging sapi, buah-buahan segar, serta kacang polong.

2. Vitamin B2 (riboflavin)

Selanjutnya ada pula vitamin B2 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan sistem saraf. Seseorang yang kekurangan vitamin B2 akan mengalami gejala-gejala seperti mata merah, kulit bersisik, bibir pecah-pecah, infeksi mulut, dan sensitif terhadap cahaya. Untuk mencegahnya, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B2 dari susu, telur, sayur, dan juga nasi.

3. Vitamin B3 (niacin)

Selanjutnya yaitu vitamin B3 yang berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi serta membantu pencernaan. Kekurangan vitamin B3 ditandai dengan gejala seperti sariawan, kelelahan, muntah, dan juga depresi. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B3 dari sumber makanan seperti ayam, ikan, hati, daging merah, dan juga biji-bijian.

4. Vitamin B5 (asam pantotenat)

Vitamin B5 bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi sayur-sayuran. Gejala kekurangan vitamin B5 ditunjukkan dengan munculnya keluhan sakit kepala, tubuh terasa lelah, rambut rontok, denyut jantung meningkat, serta gangguan pencernaan.

5. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Vitamin B6 dapat berfungsi untuk membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, vitamin ini juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak bayi dalam kandungan. Kekurangan vitamin B6 dapat ditandai dengan munculnya gejala seperti bibir pecah-pecah dan juga anemia. Untuk mencegahnya, kamu bisa mendapatkan sumber vitamin B6 dari ikan salmon, dada ayam, ikan tuna, hati sapi, daging giling, dan juga semangka.

6. Vitamin B7 (biotin)

Vitamin B7 berfungsi untuk mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi yang bisa digunakan oleh tubuh. Kekurangan vitamin B7 ditunjukkan dengan munculnya gejala-gejala seperti rambut rontok, kulit kering, mata kering, cepat merasa lelah, dan juga depresi. Kebutuhan vitamin B7 bisa kamu dapatkan dari ikan salmon, daging dan hati sapi, telur, ubi, serta kacang almond.

7. Vitamin B9 (asam folat)

Vitamin B9 dapat mendorong pertumbuhan sel darah merah dan mengurangi risiko cacat lahir. Kekurangan vitamin B9 ini dapat ditunjukkan dengan timbulnya gejala-gejala seperti sariawan, pertumbuhan tubuh yang buruk, serta lidah membengkak. Sumber vitamin B9 sendiri bisa dapatkan dari daging, biji-bijian, buah bit, brokoli, bayam, dan juga buah-buahan sitrus.

8. Vitamin B12 (cobalamin)

Vitamin B12 dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur sistem saraf. Kekurangan vitamin B12 ditandai dengan timbulnya gejala seperti kesemutan di tangan dan kaki, tubuh terasa sangat lelah dan lesu, mudah marah, dan juga depresi. Untuk mencegahnya, sumber vitamin B12 dapat kamu peroleh dari daging sapi dan produk susu.

Itulah gejala kekurangan vitamin B complex yang harus kamu waspadai. Untuk mencegahnya, konsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin B complex cukup tinggi sebagaimana yang telah disebutkan juga di atas, ya!