wapt image 29

Keberadaan Gurun Di Australia Terjadi Karena?

Keberadaan Gurun Di Australia Terjadi Karena?

Keberadaan gurun di Australia terjadi karena Australia terletak di wilayah yang mengalami penurunan massa udara.

Semakin rendah massa udara, semakin banyak udara akan memanas di suatu tempat dan menyebabkan kekeringan. Dalam hal massa udara ini, semakin tinggi massa udara, semakin tinggi pula massa air.

Hal inilah yang menjadi alasan gurun di wiliayah Australia kering, karena memang hal itu disebabkan oleh massa udara yang rendah di sana, karena mereka jauh dari laut, di mana kutub berada di Australia bagian barat dan tengah dan beberapa di selatan.

Sekilas tentang negara Australia

Setelah membahas keberadaan gurun di australia terjadi karena apa, sedikit kita akan membahas mengenai negara Australia.

Australia adalah negara yang terletak di selatan Indonesia. Negara ini meliputi seluruh daratan Australia dan beberapa pulau-pulau negara tetangga.

Luas total negara ini hampir 7,7 kilometer persegi, menjadikannya 7 negara terbesar di dunia. Berikut adalah beberapa informasi singkat tentang negara Australia yang perlu kamu tahu.

  1. Ibu kota Negara: Canberra
  2. Kemerdekaan: Dari Inggris (Federasi, Konstitusi pada tanggal 1 Januari, 1901)
  3. Total luas: 7.692.024 km²
  4. Penduduk (estimasi 2020): 25.674.600
  5. Mata Uang: Dolar Australia (AUD)

Gurun di Australia

Gurun Australia meliputi area seluas 1.371.000 km2, atau 18% dari luas daratan Australia. Namun, sekitar 35% dari benua Australia sedikit yang mengalami hujan.

Gurun di Australia tersebar di seluruh dataran tinggi di sebelah barat dataran rendah di benua Australia.

Berdasarkan standar internasional, Australia termasuk gurun yang menerima tingkat curah hujan yang rendah. Curah hujan tahunan rata-rata di sana kurang dari 100 mm. Pada gurun di Australia, terutama di pedalaman, intensitas hujan tidak signifikan di musim panas.

Bukan berarti gurun tanpa tanaman sama sekali, memang ada tetapi jenis tanaman di sana masih sangat terbatas.
Meskipun daratan Australia begitu besar (hampir empat kali luas daratan Indonesia), tetapi tidak semua kawasan di sana penuh pohon dan tanaman lainnya seperti di Indonesia.

Sebaliknya, sebagian besar benua Australia ditutupi oleh gurun. Lalu mengapa Australia memiliki wilayah gurun yang sangat luas meskipun cukup dekat dengan Indonesia yang sangat subur?

Seperti sebagian besar gurun di negara-negara lain atau wilayah lainnya, keberadaan gurun di australia terjadi karena posisi negara yang terletak di wilayah subtropis (sekitar 30 ° utara / selatan khatulistiwa ).

Sebagaimana yang terjadi, fenomena cuaca di sekitar lintang tersebut menciptakan iklim kering yang menyebabkan padang pasir.

Berikut adalah beberapa fakta tentang gurun Australia

  1. Gurun di Australia merupakan sekitar 18% dari total gurun di benua tersebut, namun sekitar 35% dari Australia menerima sedikit hujan, sehingga diklasifikasikan sebagai gurun.
  2. 70% dari luas wilayah Australia diklasifikasikan sebagai kawasan gersang / kering atau semi-kering, yang berarti bahwa curah hujan kurang dari 500 mm per tahun.
  3. Data di atas membuat Australia sebagai termasuk benua terkering. Untuk informasi, Antartika adalah benua terkering di dunia.
  4. Hanya 3% dari penduduk Australia yang tinggal di lahan kering, 70% sisanya terkonsentrasi di daerah pantai pesisir.

Kini gurun di Australia menjadi populer karena banyak wisatawan mengunjungi untuk mencari sesuatu yang berbeda. Mereka datang untuk menikmati pemandangan menakjubkan yang mungkin tidak ada di negara mereka.

Beberapa gurun di Australia menawarkan pemandangan batu dan ngarai yang indah dan pasir berwarna. Wisatawan juga bisa menemukan berbagai tanaman unik dan hewan di padang pasir.

Australia tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Di benua itu, ada juga beberapa kota dan pantai yang indah dan kerap dikunjungi wisatawan.

Gurun Great Victoria

The Great Desert terletak di Australia Barat dan Australia Selatan. Lebar lebih dari 800 km dan mencakup area seluas 348 750 km2.

Gurun Gibson

Gurun Gibson terletak di Australia Barat. Gurun ini memiliki luas 156.000 km2. Sebagian besar penduduk di daerah ini adalah Penduduk Asli Australia.

Iklim Australia sebagian besar dipengaruhi oleh hawa panas. Kondisi ini terkait dengan El Niño-Southern Oscillation di Australia. Tumbuhan di daerah tersebut juga dipengaruhi pada jenis tanahnya.

area yang luas di sana ditutupi oleh bukit pasir memanjang. Empat puluh persen dari Australia ditutupi oleh bukit-bukit pasir.

Banyak spesies flora dan fauna di daerah gurun Australia yang memiliki karakteristik dengan iklim kering di sana. Sebagian besar tumbuhan di sana adalah tanaman gurun dan tidak adanya hewan herbivora berukuran besar.

Nah itulah penjelasan lebih jauh tentang negara Australia dan penyebab keberadaan gurun di australia terjadi karena apa.

 

Tinggalkan komentar