Home » Pelajaran » AgamaIslam » Jika Mendengar Berita atau Isu Negatif maka Langkah yang Tepat Adalah?

Jika Mendengar Berita atau Isu Negatif maka Langkah yang Tepat Adalah?

  • by
jika mendengar berita atau isu negatif maka langkah yang tepat adalah 4190 2

Jika mendengar berita atau isu negatif maka langkah yang tepat adalah? – Berita yang belum tentu pasti kebenarannya memang harus disikapi dengan bijak. Bisa saja berita tersebut hanya hoax atau fitnah belaka.

Nah, jika mendengar berita atau isu negatif maka langkah yang tepat adalah dengan bertabayyun.

Apa itu tabayyun?

Secara bahasa tabayyun memiliki arti mencari kejelasan atau kebenaran mengenai peristiwa atau berita tentang sesuatu hal hingga jelas dan benar adanya sesuai fakta sesungguhnya.

Hal itu bisa dilakukan dengan mencari informasi dari sumber yang lebih kredibel, menanyakan pada saksi atau mendatangi tempat kejadian perkara agar informasi tersebut bisa divalidasi kebenarannya.

Secara istilah, arti tabayyun adalah meneliti dan menyeleksi suatu berita atau informasi yang datang secara seksama, dengan tidak secara tergesa-gesa baik dalam menerima maupun dalam memutuskan benar atau tidaknya berita tersebut. Sehingga, tidak ada pihak yang terdzolimi dari pemberitaan itu.

Adab tentang tabayyun sendiri telah dilakukan oleh orang-orang terdahulu. Di mana apabila ia menemu seseorang yang datang dan membawa suatu berita, maka diwajibkan baginya untuk memeriksa terlebih dahulu kebenarannya secara teliti. Kelak, diharapkan pemberitaan tersebut tidak membawamu pada musibah. Musibah seperti apa?

Ditakutkan, pemberitaan tersebut justru memuat fitnah yang bisa menimbulkan perselisihan, memecah dan membuat kamu menyesal di kemudian hari.

Selain melakukan kroscek kembali pada berita atau informasi tersebut, sikap waspada dan tidak mudah percaya juga dibutuhkan. Dengan begitu, informasi yang salah dan masih simpang siur kebenarannya tidak mudah tersebar lebih jauh lagi.

Nah, itulah sedikit penjelasannya. Jadi, jika mendengar berita atau isu negatif maka langkah yang tepat adalah tabayyun.