Home » Pelajaran » Kewarganegaraan » Jelaskan Manfaat dari Tata Krama di Tempat Kerja, Berikut 4 Jawabannya

Jelaskan Manfaat dari Tata Krama di Tempat Kerja, Berikut 4 Jawabannya

  • by
Jelaskan Manfaat dari Tata Krama di Tempat Kerja Berikut 4 Jawabannya

Jelaskan manfaat dari tata krama, berikut ini jawabannya. Tata krama adalah perilaku yang diperlukan untuk dimiliki dan dilaksanakan oleh semua orang. Jika dijalankan dengan benar, dengan tata krama atau sopan santun akan mendapatkan berbagai keuntungan tidak hanya di kehidupan sehari-hari, tetapi juga di dunia kerja.

Berikut adalah empat manfaat yang bisa kamu dapat jika kamu menerapkan tata krama, seperti dilansir Karirpad.

1. Mendapatkan pekerjaan impian

Salah satu keuntungan jika kamu memiliki tata krama yang baik adalah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, terutama jika kamu sedang mempersiapkan untuk melakukan wawancara dengan pihak terkait. Terapkan dengan kebiasaan tata krama yang baik dan perilaku yang tepat selama wawancara, apakah itu di kantor, ataupun undangan dan acara-acara lainnya. Hal yang perlu diingat adalah kesan pertama dan tata krama dan perilaku yang baik selama wawancara akan mempengaruhi perusahaan menentukan keputusan calon penerimaan di perusahaan. Jadi, pastikan kamu memiliki perilaku yang baik dan menerapkan etiket yang benar selama wawancara.

2. Dapat mengembangkan karir

Ketika saat promosi jabatan tiba, HR dan bos pasti akan melihat bagaimana sikap dan perilaku kamu sehari-hari di tempat kerja. Jika ternyata kamu memiliki catatan yang baik di kantor tentu saja kamu mendapatkan promosi dengan lebih mudah, tetapi jika kamu sudah tidak menunjukkan sikap yang baik di tempat kerja jangan berharap kamu akan mendapatkan promosi dan karir kedepan. Hal-hal kecil seperti kebiasaan menggunakan smartphone dan bersikap dengan klien atau teman sekantor dapat mempengaruhi penilaian atasan.

3. Meningkatkan jaringan (networking)

Ketika kamu berkenalan dengan orang-orang baru dan bertukar kartu nama, melakukan hal-hal sederhana, diantaranya adalah mengingat dengan baik nama dan perusahaan kenalan baru juga bisa menjadi awal yang baik. Tunjukan juga jka kamu memiliki kepribadian dan tata krama yang baik. Dengan begitu, kenalan baru kamu akan dengan mudah menerima di kamu dan akan merekomendasikan kamu nanti pada kesempatan lain.

4. Meningkatkan penjualan

Memiliki tata krama yang baik dan sikap sopan santun akan sangat berguna bagi mereka yang bekerja sebagai sales atau karyawan penjualan di perusahaan. Tidak hanya jumlah klien yang meningkat, namun kepercayaan pelanggan juga dapat meningkatkan jumlah penjualan.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai jawaban jelaskan manfaat dari tata krama.