Jelaskan Manfaat dari Perdagangan Internasional

Jelaskan manfaat dari perdagangan internasional? Pada dasarnya, perdagangan internasional adalah kegiatan perdagangan yang dilakukan dua pihak dari negara yang berbeda. Perdagangan ini melibatkan tidak hanya di kalangan negara, individu dan perusahaan yang berdagang dengan pihak dari negara lain juga disebut perdagangan internasional.

Perdagangan internasional dilakukan untuk memenuhi permintaan di negara yang tidak tersedia di dalam negeri, tetapi di negara-negara lain. Sebagai contoh, negara Indonesia membutuhkan produk mesin, tetapi produk ini hanya tersedia di Jepang. Kedua negara akan dapat melakukan perdagangan internasional.

Perdagangan internasional terjadi atas dasar kebutuhan, sehingga tidak hanya sebatas transaksi saja. Kedua belah pihak sama-sama perdagangan akan mendapatkan manfaatnya. Negara yang merupakan pemasok barang akan membuat keuntungan, sementara negara-negara pembelian akan memenuhi kebutuhan mereka.

Jelaskan manfaat dari perdagangan internasional

Beragam pilihan untuk consumer goods

Perdagangan internasional membuat barang-barang di pasar akan bervariasi. Hal ini memberikan konsumen pilihan untuk mendapatkan kualitas barang dan benar-benar berguna.

Pembukaan kesempatan kerja

Perdagangan internasional membantu untuk menghasilkan lebih banyak pekerjaan melalui pengembangan industri baru untuk memenuhi permintaan produk dari berbagai negara. Ini akan membantu negara-negara untuk mengurangi tingkat pengangguran mereka. Dengan ini, masyarakat akan lebih mudah untuk mendapatkannya.

Membuat hubungan baik antara negara

Dengan perdagangan internasiona, manfaat yang akan diperoleh tidak hanya perihal perdagangan saja. hubungan baik akan dibuat oleh negara-negara peserta. Setelah itu, kolaborasi lainnya dapat dilaksanakan oleh kedua negara.

Mendorong efisiensi dalam Produksi

Perdagangan internasional mendorong efisiensi dalam produksi karena berbagai negara akan mencoba untuk meniru metode produksi yang lebih baik untuk mengurangi biaya agar harga tetap kompetitif. Negara-negara yang dapat berproduksi pada biaya serendah mungkin untuk bisa mendapatkan pangsa pasar yang tinggi dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional

Inflasi

Jika tingkat inflasi suatu negara bangkit melawan negara tujuan perdagangan, transaksi diperkirakan menurun, itu dianggap wajar. Konsumen dan perusahaan di negara itu cenderung membeli lebih banyak barang luar negeri (akibat inflasi lokal yang tinggi), sementara ekspor negara itu ke negara-negara lain akan berkurang.

Kebijakan pemerintah

Pemerintah di satu negara dapat memiliki pengaruh besar pada neraca perdagangan untuk kebijakan eksportir, pembatasan impor, atau kurangnya penegakan hukum terhadap pembajakan. Hal itu merupakan efek yang jelas pada perdagangan internasional.

Subsidi untuk eksportir

Menawarkan subsidi pemerintah kepada perusahaan lokal mereka, sehingga perusahaan ini dapat menghasilkan produk dengan biaya lebih rendah daripada pesaing mereka di tingkat internasional. Dengan demikian, permintaan ekspor yang diterima oleh perusahaan-perusahaan ini akan meningkat.

Kebijakan tersebut telah diterapkan di China, maka tidak heran jika produk dari negara-negara ini memiliki harga yang rendah. Perusahaan-perusahaan ada membayar operasi yang lebih rendah dan mampu memberikan produk mereka dengan harga yang lebih rendah, sehingga memungkinkan bagi mereka untuk memenangkan pasar internasional.

Nah, itulah jawaban dari jelaskan manfaat dari perdagangan internasional.

Tinggalkan komentar