Home » Pelajaran » Sosiologi » Jelaskan Dua Syarat Terjadinya Interaksi Sosial, Ini Jawabannya

Jelaskan Dua Syarat Terjadinya Interaksi Sosial, Ini Jawabannya

jelaskan dua syarat terjadinya interaksi sosial ini jawabannya 4252 3

Jelaskan dua syarat terjadinya interaksi sosial – Kondisi terjadinya interaksi sosial yaitu karena dua syarat, yaitu terjadinya kontak sosial dan komunikasi. Tanpa dua hal penting ini, interaksi sosial tidak akan terjadi.

Hal itu juga diungkapkan oleh Soerjono Soekanto, menurutnya, kontak sosial dan komunikasi adalah dua ketentuan yang harus ada sebagai syarat terjadinya interaksi sosial.

Kontak sosial dan komunikasi dalam interaksi sosial

1. Kontak sosial

Kontak sosial merupakan hubungan yang terjadi dari masing-masing pihak. Tak mencakup kontak dalam arti langsung (kontak fisik dan bertatapan langsung) namun bisa juga melalui media, seperti korespondensi, telepon, SMS, dan banyak lagi. Jadi, hubungan fisik bukanlah kondisi mutlak untuk terjadinya kontak sosial. Selama dua pihak bisa saling berhubungan, entah menggunakan media apapun itu, maka itu sudah memenuhi persyaratan terjadinya kontak sosial.

2. Komunikasi

Komunikasi merupakan proses pengiriman pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung atau bisa juga melalui alat atau media tertentu. Sehingga, orang lain bisa memberikan respons dan tanggapan kepada pihak pengirim pesan.

Proses interaksi sosial

Proses interaksi sosial terjadi jika di antara kedua belah pihak yang saling berinteraksi bisa melakukan kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial dan komunikasi merupakan persyaratan penting untuk terjadinya interaksi sosial antara kedua pihak tersebut.

Tanpa dua syarat itu, interaksi sosial tidak akan terjadi. Melalui kontak dan komunikasi seseorang bisa memberikan interpretasi tentang perilaku orang lain, ataupun menyampaikan perasaannya terhadap suatu isu atau hal-hal tertentu.

Agar kontak dan komunikasi bisa terjalin dengan baik, pihak-pihak yang berhubungan harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan budaya di lokasi tersebut. Sebagai contoh, gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh orang-orang tersebut.

Interaksi sosial

Mengutip Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, salah satu karakteristik manusia sebagai makhluk sosial adalah selalu hidup dengan manusia lain. Kehidupan manusia sejak lahir, selama di dunia dan hingga akhir kehidupannya nanti, tentu juga akan melibatkan interaksi sosial.

Melalui asosiasi di masyarakat, membuat manusia terbentuk sebagai makhluk sosial secara alamiah. Manusia disebut makhluk sosial, karena mereka memiliki insting untuk selalu hidup dengan orang lain. Manusia harus berinteraksi dengan sesama anggota masyarakatnya. Entah, membicarakan suatu hal antara satu sama lain, bekerja bersama, dan lainnya. Aktivitas ini dilakukan tentu untuk mencapai tujuan bersama.

Memahami interaksi sosial

Jika ditafsirkan secara luas, Interaksi sosial bisa diartikan sebagai hubungan yang terjadi antara manusia dan manusia lain, baik secara individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial

Dalam interaksi sosial, hubungan yang terjadi harus dilakukan secara timbal balik oleh kedua belah pihak yang berhubungan. Artinya, kedua belah pihak harus saling merespons satu sama lain. Mudahnya, respon tersebut merupakan reaksi, bisa berupa opini ataupun perilaku secara langsung.

Contohnya, saat ditanya maka dia menjawab, jika diminta tolong, dia akan membantu, jika dia diundang untuk bermain, dia ikut bermain. Manusia melakukan interaksi sosial sejatinya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar mereka (pakaian, makanan, dan rumah tinggal). Hal tersebut juga berlanjut dengan kebutuhan lainnya, misalnya seperti kebutuhan pendidikan dan kesehatan, ataupun kebutuhan lainnya.

Nah, itulah jawaban dari penjelasan dua syarat terjadinya interaksi sosial.