Jelaskan Arti Penting Perdamaian Dunia bagi Kemajuan sebuah Negara, ini 6 Penjelasannya

jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara – Arti penting dari perdamaian dunia bagi kemajuan suatu negara memiliki peran penting bagi negara itu sendiri. Indonesia juga merasakan pentingnya perdamaian dunia untuk kemajuan negara Indonesia.

Apalagi, perdamaian dunia adalah salah satu motivasi bagi seluruh masyarakat dan bangsa untuk bekerja bersama-sama, baik secara sukarela maupun melalui sistem pemerintah di negaranya demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Nah, jika diminta untuk menJelaskan pentingnya perdamaian dunia untuk kemajuan suatu negara, berikut penjelasannya.

1. Menjadikan perdamaian dunia

Perdamaian dunia adalah konsep keadaan ideal kebahagiaan, kebebasan, dan perdamaian di dalam dan di antara semua orang dan bangsa di dunia. Negara-negara dunia sangat membutuhkan perdamaian untuk kelangsungan hidup negaranya.

Hari Perdamaian Internasional, disebut sebagai hari perdamaian dunia, diperingati setiap 21 September. Hari Perdamaian Internasional ini ditetapkan pada tahun 1981 oleh Majelis Umum PBB.

2. Pembentukan hubungan internasional yang baik

Makna penting dari perdamaian dunia untuk kemajuan suatu negara yang paling penting adalah pembentukan hubungan internasional yang baik antar negara. Melalui hubungan internasional tersebut, suatu negara dapat memenuhi kebutuhan mereka di berbagai bidang.

Hubungan internasional yang baik antar negara dapat mendukung stabilitas yang baik. Tanpa hubungan internasional yang baik, suatu negara akan mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, sosial dan keamanannya.

3. Mendukung pengembangan negara

Pentingnya perdamaian dunia untuk kemajuan suatu negara juga merupakan salah satu persyaratan penting yang harus diimplementasi demi pembangunan negara tersebut.
Tanpa perdamaian dunia, suatu negara tidak akan dapat menerapkan program pengembangannya.

Negara juga akan mengalami kesulitan mewujudkan tujuan utama negaranya. Negara-negara yang ingin berhasil membangun negara mereka, tentu harus berpartisipasi dalam mendukung perdamaian dunia.

4. Membantu menjaga stabilitas politik

Pentingnya perdamaian dunia untuk kemajuan suatu negara juga mempengaruhi kondisi politik. Stabilitas politik akan berdampak pada hubungan negara dan kolaborasi hubungan bilateralnya.

Sebaliknya, negara-negara yang memiliki ketegangan politik, terutama kebijakan luar negeri, akan cenderung memiliki konflik antar negara.

Oleh karena itu, Indonesia dengan jelas menetapkan kebijakan luar negeri bebas-aktif yang merupakan jalan untuk mewujudkan terciptanya perdamaian dunia.

5. Menjaga stabilitas ekonomi

Dengan terjaganya stabilitas yang tercipta dari perdamaian dunia, kegiatan ekonomi dapat dilakukan dengan lebih baik. Dengan begitu, kemajuan ekonomi dapat dicapai negara tersebut.

Setiap negara memiliki sektor ekonomi unggulan. Dengan perdamaian dunia, setiap negara dapat saling mendukung tingkat ekonomi masing-masing. Tanpa perdamaian dunia, suatu negara sulit mewujudkan ekonomi yang stabil.

6. Mendukung keamanan negara

Makna penting dari perdamaian dunia untuk kemajuan suatu negara sangat terkait dengan keamanan negara. Negara tanpa perdamaian akan rentan terhadap perang. Perang itu nyata dan memiliki banyak konsekuensi.

Orang-orang kehilangan harta, keluarga, nyawa, dan semua yang mereka miliki saat itu. Mereka yang selamat, juga harus menjalani hidup dalam ketakutan dan penderitaan karena peperangan yang terjadi. Perasaan sedih dan hancur karena banyak sanak saudara keluarga meninggalkan mereka untuk selamanya. Tanpa kedamaian, negara itu akan terus dihantui oleh perang.

Nah, itulah beberapa jawaban yang menjelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara.